iCoachSuryaR

- 14 Jun 2024

News Image

3B. Prinsip-prinsip Kepemimpinan

 

Prinsip-prinsip kepemimpinan akan membantu Anda untuk menjadi, tahu dan bagaimana cara melakukannya. Dengan mengikuti 10 Prinsip Kepemimpinan, Anda diharapkan dapat mengembangkan kepemimpinan Anda secara maksimal.

 

Pengenalan dan Peningkatan Diri secara berkesinambungan (kaizen)

 

Untuk mengenali diri anda sendiri, Anda harus mengerti Atribut Anda sendiri untuk menjadi, tahu dan bagaimana cara melakukannya. Mencari peningkatan diri yang terus menerus akan memperkuat atribut-atribut diri anda. Ini dapat dicapai dengan cara belajar mandiri, refleksi dan interaksi dengan orang lain.

 

1. Ahli secara teknis – Sebagai pemimpin, Anda perlu mengetahui pekerjaan Anda dan memiliki kemampuan solid atas tugas-tugas yang ditangani oleh bawahan Anda.

2. Mencari tanggung jawab dan bertanggung jawab atas tindakan Anda – Mencari cara untuk membimbing organisasi Anda kepada pencapaian-pencapaian yang baru. Ketika sesuatu halangan terjadi, kita harus mengatasiya dengan cepat atau ditunda untuk sementara waktu – jangan pernah menyalahkan orang lain. Analisa situasinya, ambil tindakan perbaikan dan bergeraklah kepada tantangan berikutnya. 

3. Buatlah keputusan tepat pada waktunya – gunakan teknik penyelesaian masalah, pengambilan keputusan dan penanggulangan potensi masalah (problem solving and decision making).

4. Jadilah seorang teladan – Jadilah sebuah model kepemimpinan bagi bawahan-bawahan Anda. Kita harus menjadi contoh perubahan pada apa yang ingin orang lain lihat dan lakukan mengenai perubahan itu – Mahatma Gandhi

5. Kenalilah orang dan carilah kelebihan mereka – Mengetahui rahasia hubungan antar manusia dan kepentingan yang mendalam bagaimana Anda memperlakukan orang lain terutama anggota Tim Anda. 

6. Jagalah bahwa anggota Tim Anda tetap mendapatkan informasi yang cukup – Mengetahui bagaimana cara berkomunikasi yang baik tidak hanya kepada anggota Tim Anda saja, tetapi juga bermanfaat bagi atasan dan personal kunci lainnya yang ada di dalam organisasi.

7. Bangunlah sebuah kepekaan atas tanggung jawab yang dipikul oleh Tim Anda – Bantu Tim Anda untuk mengembangkan karakter baik yang akan membantu Tim Anda mengejar tanggung jawab pribadi mereka sebagai seorang profesional yang baik.

8. Pastikan bahwa semua penugasan telah dimengerti, disupervisi dan diselesaikan sesuai dengan batas waktunya – Komunikasi adalah kunci penting untuk mencapai tanggung jawab ini.

9. Berlatihlah sebagai sebuah kelompok – Walaupun banyak yang menyebut dirinya pemimpin, baik untuk organisasi, departemen, seksi dan sebagainya. Namun sebagai sebuah kelompok, terkadang mereka itu bukanlah sebuah kelompok. Mereka hanyalah sekumpulan orang yang melakukan tugas atau pekerjaan mereka saja (Working together not always call a team work)

10. Gunakan kapasitas penuh Anda bagi organisasi Anda – Dengan membangun sebuah semangat kerjasama kelompok, Anda mampu membawa organisasi, departemen, seksi Anda kepada kapasitas maksimal yang dapat mereka capai


Coach Surya Rachmannuh, PLT, CLC. Berpengalaman 30 tahun lebih dalam dunia korporasi di bidang Oil and Gas Pipeline, Air Filter and Radiator manufacturing sebagai Quality Assurance Manager dan telah melatih ribuan profesional di berbagai industri dan departemen di bidang kesehatan dan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) terkemuka di Kalbe Farma Group, Orang Tua Group dan Mayora Group, tbk. Surya adalah seorang Profesional License Trainer dari MWS International dan Certified Leadership Coach dari Cherish Indonesia. Seorang 7 Habits Guru dan 4 Discipline of Execution from Franklin-Covey Leadership Center.

Scroll to Top
×