iCoachSuryaR

- 14 Jun 2024

News Image

III. KONSEP KEPEMIMPINAN

Pemimpin itu dibentuk, tidak dilahirkan. Jika Anda mempunyai hasrat dan keinginan untuk berkuasa, Anda dapat menjadi pemimpin yang efektif. Pemimpin yang baik membangun dirinya melalui sebuah proses yang tiada henti dari pembelajaran diri sendiri (Self Development), pendidikan, pelatihan dan pengalaman. Agar menjadi pemimpin yang baik, penjelasan berikut ini akan membantu Anda melalui sebuah proses Pengembangan Kepemimpinan anda.

 

Untuk menginspirasi anggota Tim Anda kepada tingkat tertinggi dalam kerja kelompok, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui yaitu proses MENJADI, TAHU dan LAKUKAN. Ini tidak datang begitu saja secara alami tetapi harus dicapai melalui pembelajaran dan kerja keras yang terus menerus. Pemimpin baik secara terus menerus bekerja dan belajar untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan mereka, mereka tidak berhenti pada suatu pencapaian tertentu saja.

Sebelum kita mulai, marilah kita mendefinisikan apakah kepemimpinan atau leadership itu. Kepemimpinan adalah sebuah proses dimana seseorang memengaruhi orang lain untuk menyelesaikan sebuah tujuan dan mengarahkan organisasi agar lebih bersatu padu, kompak dengan anggota kelompoknya dan anggota kelompok lainnya.

Pemimpin membawa proses ini dengan mengaplikasikan atribut kepemimpinan mereka seperti

· Kepercayaan

· Nilai-nilai

· Kode Etik

· Karakter

· Pengetahuan dan

· Ketrampilan.

Walaupun posisi Anda sebagai manajer, supervisor, kepala unit dan sebagainya, memberikan kewenangan untuk menyelesaikan tugas-tugas dan tujuan yang khusus didalam organisasi, kekuasaan ini tidak membuat Anda langsung menjadi seorang pemimpin tetapi menjadi seorang atasan saja (Lead by position). Kepemimpinan berbeda dengan cara bagaimana pengikutnya MAU mencapai sasaran yang lebih tinggi lebih daripada menjadi seorang atasan yang dikelilingi orang banyak saja.

Menurut teori kepemimpinan Bass ada 3 cara dasar bagaimana seseorang menjadi seorang pemimpin. Kedua cara yang pertama dari pengembangan kepemimpinan ini hanya efektif untuk sedikit orang saja.

Teori ini adalah :

1. Beberapa ciri yang merupakan sifat bawaan pada tipe kepribadian tertentu (Dominan), akan memimpin orang secara alami dalam peran kepemimpinan. Ini adalah sebuah Teori Sifat Bawaan.

2. Sebuah krisis atau kejadian penting dapat menyebabkan seseorang bangkit pada kesempatan tertentu yang membawa sebuah kualitas kepemimpinan yang luar biasa dalam diri seseorang yang biasa-biasa saja sebelumnya. Ini disebut Teori Kejadian Luar Biasa.

3. Orang tersebut memilih untuk menjadi pemimpin. Seseorang dapat mempelajari kemampuan kepemimpinan. Ini disebut Teori Transformasi Kepemimpinan. Dan teori ini yang banyak diterima oleh banyak orang, yang juga menjadi bahasan kita.


Ketika seseorang memutuskan bahwa dia menghargai Anda sebagai seorang pemimpin, dia tidak berpikir tentang atribut Anda yang sebenarnya, dia mengobservasi pada apa yang Anda lakukan sehingga dia dapat mengetahui siapa Anda yang sebenarnya. Dia menggunakan observasi untuk memberitahu bahwa Anda adalah seorang yang pantas untuk dihargai dan dipercaya sebagai seorang pemimpin atau sebuah pribadi yang melayani, tidak sekedar menggunakan wewenang sebagai alat pembenaran diri dan mendapatkan promosi saja. Pemimpin yang memenuhi keinginannya sendiri tidak akan efektif karena pengikutnya hanya mematuhinya saja, tidak mengikutinya. Mereka sukses dalam berbagai area karena mereka menciptakan image yang baik pada senior / atasan mereka saja atas biaya/ongkos dari bawahan-bawahannya.

Dasar dari kepemimpinan yang efektif adalah penghargaan atas karakter dan pelayanan Anda pada organisasi. Dalam pengamatan bawahan Anda, kepemimpinan Anda adalah segala hal yang Anda lakukan yang memengaruhi sasaran perusahaan dan juga kepentingan anggota tim juga. Pemimpin yang dikagumi mengonsentrasikan dengan cara siapakah mereka dengan menonjolkan kepercayaan dan karakter mereka, apa yang mereka ketahui tentang pekerjaan, tugas dan nilai-nilai kemanusiaan, dan apa yang mereka lakukan seperti Memberikan Arah Tujuan, Implementasi dan Motivasi.

 

Apakah yang membuat seseorang ingin mengikuti seorang pemimpin?

 

Orang-orang ingin ikut pada orang-orang yang mereka hargai dan memiliki petunjuk yang jelas. Untuk mendapatkan penghargaan, para pemimpin harus etis. Sebuah petunjuk hanya dapat dicapai melalui sebuah visi yang jelas atas masa depan.


Coach Surya Rachmannuh, PLT, CLC. Berpengalaman 30 tahun lebih dalam dunia korporasi di bidang Oil and Gas Pipeline, Air Filter and Radiator manufacturing sebagai Quality Assurance Manager dan telah melatih ribuan profesional di berbagai industri dan departemen di bidang kesehatan dan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) terkemuka di Kalbe Farma Group, Orang Tua Group dan Mayora Group, tbk. Surya adalah seorang Profesional License Trainer dari MWS International dan Certified Leadership Coach dari Cherish Indonesia. Seorang 7 Habits Guru dan 4 Discipline of Execution from Franklin-Covey Leadership Center.

Scroll to Top
×