iCoachSuryaR

- 13 Jun 2024

News Image

2C. Perintah dan Kendali

 

Ada empat fungsi dasar yang digunakan pada keseluruhan organisasi untuk mencapai visi, misi dan sasaran mereka yaitu Perintah, Kendali, Kepemimpinan dan Manajemen.

 

1. Perintah: Membentuk dan mengimpartasi visi

 

· Visi yang baik bentuknya

· Sasaran dan tujuan yang jelas untuk mencapai visi

· Kualitas, komunikasi tingkat rendah pada keseluruhan organisasi

· Keterlibatan untuk memastikan hasil-hasil

 

 

2. Kepemimpinan: Mencapai Visi melalui orang

 

· Standar bawaan

· Pengembangan

· Integritas

 

 

3. Manajemen: Implementasi proses untuk mencapai hasil

 

· Perencanaan

· Pengorganisasian

· Penetapan Anggaran atau Budgeting

 

 

4. Kendali: Memastikan pemakaian sumber daya secara optimal

 

· Rutin, komunikasi tingkat tinggi

· Koordinasi di antara kegiatan-kegiatan

· Perlu struktur untuk mengurangi ketidakpastian (rentang kendali)

 

 

Manajemen dan Pengendalian fokus pada efisiensi, yang menetapkan betapa baiknya proses diselesaikan, sedangkan Perintah dan Kepemimpinan, fokus pada efektivitas, seperti mencapai sasaran dan misi. Oleh karena itu, Perintah dan Kepemimpinan memutuskan apa yang selayaknya dikerjakan oleh organisasi sedangkan Manajemen dan Pengendalian memastikan bahwa sumber daya yang digunakan untuk mencapai hasil, digunakan secara efisien yaitu mengurangi adanya barang sisa (waste) atau kegiatan yang tidak diperlukan.


Kerangka kerja dari Perintah dan Pengendalian

 

1. Penciptaan. Menciptakan sebuah visi atau tugas untuk mencapai hasil yang diinginkan

 

2. Perencanaan. Bagaimana anda mencapai hasil itu

 

3. Implementasi. Menetapkan rencana kedalam tindakan

 

4. Follow up. Memastikan bahwa hal itu berjalan sebagaimana mestinya

 

Yang berhubungan erat dengan Perintah dan Pengendalian adalah OODA.


Kerangka kerja dari Manajemen dan Pengendalian

 

1. Observasi. Melihat apa yang sedang terjadi

 

2. Perbandingan. Apa yang sebenarnya terjadi pada apa yang diharapkan terjadi

 

3. Memutuskan. Melakukan perbandingan menunjukkan bahwa tujuan telah dicapai, menentukan kebutuhan perubahan yang dibutuhkan

 

4. Follow up. Memastikan perubahan telah dilakukan sebagaimana mestinya





Coach Surya Rachmannuh, PLT, CLC. Berpengalaman 30 tahun lebih dalam dunia korporasi di bidang Oil and Gas Pipeline, Air Filter and Radiator manufacturing sebagai Quality Assurance Manager dan telah melatih ribuan profesional di berbagai industri dan departemen di bidang kesehatan dan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) terkemuka di Kalbe Farma Group, Orang Tua Group dan Mayora Group, tbk. Surya adalah seorang Profesional License Trainer dari MWS International dan Certified Leadership Coach dari Cherish Indonesia. Seorang 7 Habits Guru dan 4 Discipline of Execution from Franklin-Covey Leadership.

Scroll to Top
×