iCoachSuryaR

- 14 Jun 2024

News Image

D. Menjadi Pemimpin (To Be – To Know – To Do)

1. Jadilah seorang professional. Contoh : Setia kepada organisasi, menunjukkan pelayanan diri, mengambil tanggung jawab pribadi.

2. Jadilah orang yang memiliki karakter baik. Contoh : kejujuran, berbicara terus terang, kompetensi, komitmen, integritas, keberanian, penatalayanan, imajinasi.

3. Ketahuilah 4 faktor kepemimpinan yaitu pengikut, pemimpin, komunikasi dan situasi

4. Ketahuilah diri Anda. Contoh : Kekuatan dan kelemahan dari karakter Anda, pengetahuan dan ketrampilan Anda.

5. Ketahuilah sifat alami manusia. Contoh : Kebutuhan dasar, emosi dan bagaimana orang berespon terhadap stress.

6. Ketahuilah pekerjaan Anda. Contoh : Jadilah ahli dibidang Anda dan mampu melatih orang lain untuk mencapai hasil terbaik mereka.

7. Ketahuilah organisasi Anda. Contoh : Dimana Anda mencari bantuan, iklim dan budaya organisasi, dan informal leader yang berpengaruh.

8. Lakukan sesuatu untuk menyediakan arahan seperti Penetapan sasaran, Perencanaan, Penyelesaian Masalah dan Pengambilan Keputusan.

9. Lakukan implementasi kepemimpinan praktis seperti komunikasi,

koordinasi, supervisi dan evaluasi.

10. Lakukan motivasi seperti mendukung secara moral dan semangat dalam organisasi, melatih, membimbing dan konseling (Coaching and Counseling).


Coach Surya Rachmannuh, PLT, CLC. Berpengalaman 30 tahun lebih dalam dunia korporasi di bidang Oil and Gas Pipeline, Air Filter and Radiator manufacturing sebagai Quality Assurance Manager dan telah melatih ribuan profesional di berbagai industri dan departemen di bidang kesehatan dan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) terkemuka di Kalbe Farma Group, Orang Tua Group dan Mayora Group, tbk. Surya adalah seorang Profesional License Trainer dari MWS International dan Certified Leadership Coach dari Cherish Indonesia. Seorang 7 Habits Guru dan 4 Discipline of Execution from Franklin-Covey Leadership Center.




Scroll to Top
×