iCoachSuryaR

- 13 Jun 2024

News Image

2B. Taktik

 

Strategi adalah pandangan kedepan. Strategi menyediakan petunjuk untuk bertumbuh. Dengan strategi, Anda dalam sebuah kenyataan mengambil gap kinerja masa depan dan bagaimana anda akan mengatasi gap tersebut.

 

Taktik adalah kurang lebih berorientasi pada masa sekarang. Sehingga ketika Anda membicarakan rencana taktik, Anda secara mendasar berbicara atas gap kinerja sekarang dan bagaimana anda akan mengatasi mereka pada saat ini juga (problem solving and decision making).

 

Apa yang telah Anda lakukan hari ini mengembangkan (atau paling tidak memastikan rencana Anda tidak gugur) adalah penggunaan tingkat ketrampilan dari anggota tim Anda dibandingkan dengan kompetitor secara menyeluruh. - Tom Peters.

 

Ketika Tom menulis kata mengembangkan, dia sedang berbicara tentang rencana strategi yang akan mengembangkan pekerja untuk menemukan tantangan masa depan. Ketika dia melihat memastikan tidak menurunnya rencana, dia sedang berbicara taktik yang sekarang ini dengan cara menantang pekerja melampaui pencapaian kinerja standar yang telah ditetapkan perusahaan.

 

Untuk bertumbuh terus (sustainable growth), Anda harus mampu menentukan apa halangan sekarang yang sedang Anda hadapi. Oleh karena itu, perencanaan taktik adalah tentang bagaimana menyiapkan kestabilan kinerja dengan adanya perubahan kinerja terus menerus (kaizen) yang akan memengaruhi dan meningkatkan pertumbuhan organisasi.

 

Strategi secara normal terlihat sebagai rata-rata 3-5 tahun ke depan (dengan jarak maksimal 10 tahun). Taktik biasanya paling jauh adalah untuk mengamankan tujuan yang diatur oleh strategi. Oleh karena itu, taktik fokus pada kebutuhan dan ketrampilan. Kata taktik berasal dari Yunani ”taktika” yaitu semua persoalan yang berdasarkan pada hal yang telah disepakati. Dengan kata lain, strategi dapat mempunyai akar dari dalam kantor dari seorang Jendral atau pemimpin.


Coach Surya Rachmannuh, PLT, CLC. Berpengalaman 30 tahun lebih dalam dunia korporasi di bidang Oil and Gas Pipeline, Air Filter and Radiator manufacturing sebagai Quality Assurance Manager dan telah melatih ribuan profesional di berbagai industri dan departemen di bidang kesehatan dan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) terkemuka di Kalbe Farma Group, Orang Tua Group dan Mayora Group, tbk. Surya adalah seorang Profesional License Trainer dari MWS International dan Certified Leadership Coach dari Cherish Indonesia. Seorang 7 Habits Guru dan 4 Discipline of Execution from Franklin-Covey Leadership.

Scroll to Top
×