iCC Edupublishing

- 12 Feb 2024

News Image

Senin, 12 Februari 2024


HIGHLIGHTS

1. Film dokumenter Dirty Vote memang mengundang kontroversi. Pesan dalam film tersebut memaparkan secara sistematis aneka ragam kecurangan dalam pemilu kali ini untuk kepentingan penguasa. Film ini penting sebagai materi pendidikan politik bagi masyarakat.

2. Pernyataan Wapres Ma'ruf Amin bahwa seseorang yang memiliki rasa malu akan takut melakukan tindakan yang tidak sesuai norma, nilai, dan etika, merupakan nilai yang memang masih dianut oleh masyarakat Indonesia. Namun, tetap saja ada orang yang tidak mau tahu dengan nilai tersebut, demi mencapai tujuannya.

3. Ada keluhan soal beras premium langka di pasar ritel. Bapanas menyanggah kelangkaan ini akibat digunakan untuk bansos. Namun, cadangan sejumlah bahan pokok lainnya juga menipis. Ada apa ini?


TRENDING MEDSOS

1. Dirty Vote trending di X, setelah penayangan film dokumenter berjudul Dirty Vote pada Minggu (11/2/2024), melalui kanal Youtube rumah produksi WatchDoc. Film ini merupakan karya sutradara Dandhy Dwi Laksono, yang mengupas soal kecurangan dalam proses Pemilu dan Pilpres 2024. 

2. Gelora trending di X, setelah film dokumenter Dirty Vote mengungkap proses pendaftaran Partai Gelora yang seharusnya tidak lolos verifikasi karena belum memenuhi syarat, namun kemudian diloloskan oleh KPU. 

3. Kata Panik dan Tahan Malu juga ikut trending di X, setelah penayangan perdana film Dirty Vote. Publik ramai mencuitkan closing statement dari Bivitri Susanti dan menanggapi kepanikan jubir paslon 02 yang angkat bicara mengenai film tersebut. 

4. Lebih dari 5.000 pencarian di Google mengenai Almas. Hari ini merupakan sidang mediasi lanjutan dalam gugatan wanprestasi Almas Tsaqibbirru kepada Gibran Rakabuming Raka di Pengadilan Negeri (PN) Kota Solo.

5. Di berbagai platform media sosial beredar poster dan seruan aksi “Gejayan Memanggil Kembali”, yang rencananya digelar siang hari ini di Pertigaan Gejayan, Jalan Colombo, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Bundaran Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi titik kumpul sebelum keberangkatan. Aksi ini disebutkan bakal melawan kecurangan dalam Pemilu 2024 yang didalangi oleh Jokowi. Pihak Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, juga sudah mengeluarkan imbauan supaya warga menyiapkan personel untuk berjaga-jaga di sekitar lokasi aksi.


POLITIK

1. Film dokumenter berjudul Dirty Vote menyulut kontroversi. Film yang disiarkan di Youtube, pada Minggu (11/2/2024), memaparkan secara detail tentang kecurangan yang telah terjadi dan potensial terjadi dalam proses Pemilu 2024. Tokoh utama yang memaparkan kecurangan tersebut adalah tiga orang ahli hukum tata negara, yaitu Bivitri Susanti, Feri Amsari dan Zainal Arifin Mochtar.

Mereka secara bergantian menjelaskan aneka ragam kecurangan yang dominan dilakukan oleh penguasa. Antara lain, penunjukan penjabat kepala daerah yang berada di tangan presiden untuk kepala daerah provinsi, dan menteri dalam negeri untuk kepala daerah kabupaten/kota. Para penjabat itu diduga akan mengikuti arah politik pimpinannya untuk ditularkan ke rakyat melalui aparat birokrasi yang dipimpinnya. 

Kecurangan lain yang dipaparkan, adalah penggunaan bantuan sosial yang sangat masif untuk kepentingan pasangan calon yang didukung penguasa. Selain itu, dipaparkan pula tentang kejanggalan pengambilan putusan di Mahkamah Konstitusi (MK), yang membuka jalan bagi anak Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, bisa memasuki arena Pilpres 2024.

2. Menurut Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Habiburokhman, Dirty Vote merupakan film yang berisi fitnah, tidak ilmiah. Dia menilai, film tersebut sengaja dibuat untuk mendegradasi penyelenggaraan Pemilu 2024. Tuduhan-tuduhan yang disampaikan dalam film itu, kata Habib, tidak berdasar.

Sebaliknya, Deputi Bidang Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis menilai, isi film tersebut bukan hal baru, tapi memang sesuai kondisi yang terjadi sekarang ini. Film tersebut memberikan pendidikan politik yang sangat bagus. Dia tidak sependapat dengan Habiburokhman yang menilai film dokumenter itu berisi fitnah. Sementara Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, kecurangan pemilu yang dibeberkan dalam Dirty Vote sudah terjadi dari hulu ke hilir, yang seakan menguatkan bukti berbagai intimidasi yang dialami kubu Ganjar-Mahfud dan PDIP.

Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, Jusuf Kalla (JK), meminta pihak yang menyebut Dirty Vote sebagai fitnah agar menunjukkan data tandingan, sebab semua informasi yang disampaikan dalam film tersebut berdasarkan data. Menurut JK, film besutan sutradara Dandhy Dwi Laksono itu, cuma menangkap 25% dugaan kecurangan selama proses Pemilu 2024. Ia menyebut masih banyak kecurangan yang belum diungkap, misalnya kecurangan yang terjadi di desa-desa.

3. Gubernur DIY yang juga Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, hari ini mengakui bahwa ia diminta oleh Presiden Jokowi untuk menjembatani pertemuan dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Pengakuan Sri Sultan tersebut merupakan konfirmasi atas kabar yang disampaikan pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie, beberapa waktu lalu. Connie menjelaskan, ia menemui Sri Sultan setelah Jokowi menemui Sri Sultan pada Minggu, 28/1/2024). Connie mengungkap, Sri Sultan bercerita bahwa Jokowi ingin Sri Sultan menjadi penengah pertemuan Jokowi dengan Megawati. Menurut Sri Sultan, ia menyanggupi permintaan Jokowi tersebut namun ia dalam posisi pasif atau menunggu permintaan selanjutnya dari Jokowi.

4. Terjadi saling silang pendapat antara pengamat militer, Connie Rahakundini Bakrie dengan Ketua TKN Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani. Dalam sebuah perbincangan publik yang diunggah di Youtube, Connie mengaku mendapat informasi dari Rosan Roeslani bahwa apabila paslon Prabowo-Gibran menang Pilpres 2024, Prabowo kelak hanya menjabat selama 2 tahun dan sisa masa jabatannya akan digantikan Gibran. Rosan mengakui pernah bertemu dengan Connie pada November 2023. Namun ia membantah pernyataan Connie tersebut. Rosan menyebut, dalam pertemuan itu Connie justru minta dijadikan wakil menteri luar negeri atau wakil menteri pertahanan.

5. KPU melarang pihak ketiga mengumumkan hasil hitung cepat (quick count) atau exit poll hasil pemungutan suara di luar negeri secara prematur. Ketua KPU Hasyim Asy'ari hari ini mengatakan, prakiraan hasil hitung cepat baru boleh diumumkan, paling cepat dua jam setelah pencoblosan di wilayah Indonesia bagian barat selesai. Hal ini bertujuan agar hasil tersebut tidak memengaruhi pemilih yang belum menggunakan hak pilihnya. Pelaksana hitung cepat hasil pemilu, wajib mendaftarkan diri kepada KPU paling lambat 30 hari sebelum hari pemungutan suara.

6. Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyinggung masalah rasa malu dan etika, ketika berpidato dalam acara perayaan Hari Raya Tahun Baru Imlek 2575 yang digelar oleh Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin), Senin (12/2/2024). Ma'ruf awalnya menyebutkan bahwa tema "Malu bila Tidak Tahu Malu, Menjadikan Orang Tidak Menanggung Malu" dalam perayaan Imlek tahun ini, punya makna mendalam. Menurut Ma'ruf, seseorang yang memiliki rasa malu akan takut melakukan tindakan yang tidak sesuai norma, nilai, dan etika. Dengan demikian, ia tidak akan melakukan perbuatan yang menyakiti sesamanya.

7. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, melakukan penelusuran terhadap tindakan putra bungsu Presiden Jokowi yang juga Ketum PSI, Kaesang Pangarep, di media sosial pada masa tenang, Minggu (11/2/2024). Melalui akun resminya di Instagram, Kaesang mengunggah foto kegiatan kampanye partai berlambang bunga mawar itu di sejumlah wilayah. Unggahan yang di dalamnya termasuk foto simulasi mencoblos Prabowo-Gibran di surat suara Pilpres 2024 itu juga disertai ajakan memilih PSI secara implisit. Humas Bawaslu RI, Lolly Suhenty mengatakan, pihaknya akan segera melakukan penelusuran unggahan itu sesuai aturan di masa tenang.


HUKUM

1. Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat menggelar sidang perdana dugaan korupsi mantan Dirut Pertamina, Galaila Karen Agustiawan. Jaksa KPK mendakwa Karen merugikan negara USD 113 juta. Karen didakwa atas kasus dugaan korupsi, terkait pembelian gas alam cair (LNG) dengan melakukan kontrak perjanjian dengan perusahaan Corpus Christi Liquefaction LLC. Selain didakwa merugikan negara, Karen juga didakwa memperkaya diri sendiri Rp 1 miliar lebih. Berdasarkan hasil pemeriksaan investigasi BPK RI, Karen memberikan persetujuan pengembangan LNG di Amerika Serikat tanpa didukung dasar justifikasi analisis secara ekonomis serta analisis risiko.

2. Pengadilan Negeri Solo, menggelar sidang lanjutan gugatan wanprestasi yang dilayangkan Almas Tsaqibbirru, kepada Gibran Rakabuming Raka. Almas hadir pada sidang mediasi kedua ini, sementara Gibran diwakili tim kuasa hukumnya. Ditemui sebelum sidang, Almas mengatakan, alasan utama mengajukan gugatan adalah untuk menindaklanjuti pernyataannya, bahwa tidak ada ucapan terima kasih sama sekali dari Gibran. Padahal berkat gugatan Almas ke MK, Gibran bisa mencalonkan diri sebagai wakil presiden di 2024. Sementara, Gibran saat ditemui di Kecamatan Pucangsawit seusai meninjau proyek rehab rumah tak layak huni (RTLH) mengatakan, sudah ada yang mewakili di sidang itu.


EKONOMI

1. Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi, membantah kelangkaan dan kenaikan harga beras karena program bansos beras. Belakangan ini pasokan beras ke ritel seret. Menurut Arief, kelangkaan disebabkan pasokan beras memang sedang menipis. Bahkan pada Februari 2024 ini, beras defisit sampai 2,4 juta ton. Kondisi baru normal pada Maret, kata dia. Untuk itu, yang dilakukan saat ini adalah percepatan impor yang sudah ditugaskan kepada Bulog. Diketahui, Bulog tahun ini mendapatkan penugasan impor beras kembali sebanyak 2 juta ton. Presiden, kata Arief, sudah memerintahkan untuk mengguyur pasar dengan 200 ribu ton stok beras Bulog.

Kemarin Ketua Umum Aprindo, Roy N Mandey mengatakan, ritel kesulitan mendapat pasokan beras premium 5 kg. Peritel enggan menyimpan dan menjual rugi beras premium, karena harganya naik sangat signifikan, biasanya Rp13.150 per kg, kini sudah menjadi Rp 16.000-Rp 17.000 per kg. Oleh karena itu, Aprindo meminta relaksasi harga eceran tertinggi beras premium di tingkat produsen. Sebagai informasi, waktu menyalurkan bansos beras di Bantul (30/1/2024), Jokowi mengatakan, yang diberikan bukan beras medium melainkan premium.

Sekretaris Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi), Reynaldi Sarijowan mengatakan, harga beras medium dan premium di pasar tradisional melonjak tertinggi sejak 2006, karena langka. Beras medium menyentuh Rp 13.500 per kg. Sedangkan beras premium Rp 18.500 per kg. Ia mengatakan, butuh sinkronisasi data antara beras yang disebarkan di masyarakat untuk bansos dan yang disebarkan untuk pedagang pasar. Berdasarkan panel harga Bapanas hari ini, harga beras premium rata-rata Rp 15.860 per kg, padahal HET-nya berkisar Rp 12.900-14.800 per kg. Beras medium Rp 13.860 kg, sementara HET-nya Rp 10.900-11.800 per kg.

2. Selain beras, cadangan sejumlah bahan pokok juga mengkhawatirkan. Deputi III Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Bapanas, Andriko Noto Susanto mengatakan, Bapanas terus melakukan penambahan cadangan pangan pemerintah (CPP). Posisi stok CPP beberapa bahan pangan angkanya nol sampai 1% dari total kebutuhan nasional per bulan. 

Misalnya, kedelai hanya 0,58 ton sementara kebutuhan sebulan 215.434 ton. Daging ayam hanya ada 0,19 ton dari total kebutuhan 292.167 ton. Minyak goreng 5.396,42 kiloliter, kebutuhan 603.195 kiloliter per bulan. Telur ayam hanya 4,89 ton, sementara kebutuhan 490.041 ton per bulan. Bahkan stok bawang putih cuma ada 0,76 ton padahal kebutuhan mencapai 54.982 ton per bulan, dan cabai sama sekali tak ada stok.

Scroll to Top