iCC Edupublishing

- 10 Feb 2024

News Image

Bagaimana AI Digunakan untuk Membuat Manusia Lebih Cerdas


Berita utama tentang kekhawatiran terhadap AI, mulai dari bias informasi hingga plagiarisme akademis, sering kali menyoroti dampak negatifnya, terutama ketika membahas AI generatif dan model bahasa besar seperti GPT-4 OpenAI. Namun demikian, hal ini tidak menghentikan sebagian besar bisnis untuk secara teratur menggunakan AI generatif setidaknya dalam satu fungsi bisnis.


Meskipun AI bukan hal baru, teknologi ini telah melonjak tahun lalu, menciptakan peluang baru untuk menyederhanakan proses, mengotomatiskan tugas, dan berfungsi sebagai landasan peluncuran ide. Selain berfokus pada bagaimana AI dapat membantu mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi, beberapa perusahaan juga mempertimbangkan bagaimana AI dapat membantu meningkatkan kecerdasan manusia.


Contoh penggunaan AI yang dapat meningkatkan kecerdasan manusia antara lain:


1. **Menentukan Relevansi dalam PR:** Dalam dunia yang penuh dengan persaingan untuk mendapatkan perhatian, meninjau siaran pers menjadi tantangan yang semakin sulit. Untuk mengatasi ini, alat PR AI seperti "Snooze or News" dapat membantu mengevaluasi kelayakan berita dari sebuah siaran pers, meningkatkan konten untuk disajikan dengan cara yang menarik dan relevan. Hal ini membantu memastikan bahwa konten yang bernilai mendapatkan perhatian yang layak.


2. **Menambahkan Transparansi pada Pelaporan Data:** AI digunakan untuk membantu memecahkan masalah ketidaktransparan dalam pelaporan data pendidikan. Contohnya adalah Zelma, asisten peneliti bertenaga AI yang membantu membersihkan dan membuat data pendidikan lebih dapat diakses oleh peneliti, memberikan wawasan yang lebih baik tentang kinerja siswa dan tantangan-tantangan yang dihadapi.


3. **Berpikir di Luar Kotak dalam Pendidikan:** AI digunakan untuk membantu menilai esai siswa dalam proses pendidikan. Misalnya, organisasi nirlaba seperti Thinking Nation menggunakan AI untuk membantu menilai esai siswa berdasarkan kriteria tertentu, memberikan pembenaran untuk setiap poin yang diberikan, sehingga memberikan wawasan yang lebih baik kepada pendidik dan siswa tentang keterampilan menulis.


4. **Memecahkan Kekurangan Keterampilan dengan Chatbot AI:** Dalam upaya untuk menutup kesenjangan keterampilan industri, AI digunakan untuk membantu dalam proses pembelajaran. Contohnya adalah BloomTech yang menggunakan chatbot AI sebagai asisten pengajar yang selalu aktif dan sabar, membantu siswa belajar dengan lebih efektif dengan memberikan panduan bermanfaat dan menyesuaikan gaya belajar setiap siswa.


Penggunaan AI dalam berbagai aspek kehidupan dan bisnis menunjukkan bahwa teknologi ini tidak hanya dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas, tetapi juga dapat meningkatkan kecerdasan manusia dalam berbagai bidang. Dengan memanfaatkan kemampuan AI secara bijaksana, kita dapat menciptakan solusi yang inovatif dan memberdayakan untuk memperbaiki dunia tempat kita tinggal.
#AIuntukKecerdasan #InovasiAI2024 #ManfaatAI bagi Manusia


Sumber: https://www.inc.com/melissa-angell/small-business-owners-air-their-succession-struggles-before-congress.html
Judul: Small-Business Owners Air Their Succession Struggles Before Congress
Publish: JAN 25,24

Scroll to Top