iCC Edupublishing

- 08 Feb 2024

News Image

Saatnya Meninjau Kembali Nilai-Nilai Perusahaan Anda
Setiap budaya besar memerlukan misi, visi, dan nilai-nilai yang menjadi landasan organisasi tersebut. Misi merupakan tujuan utama dan alasan keberadaan organisasi yang tak tergantikan. Visi adalah aspirasi yang dikejar oleh organisasi terhadap dirinya sendiri. Sementara nilai-nilai atau kebajikan adalah prinsip-prinsip yang menjadi panduan dalam cara organisasi beroperasi, menggambarkan bagaimana organisasi menjalankan tugasnya dan prinsip-prinsip yang akan dipegang secara konsisten.
Namun, hal ini tidak bersifat statis. Seiring dengan perubahan lingkungan sekitar, organisasi juga harus mampu berubah. Saat mempertimbangkan "normal baru", saatnya bagi organisasi untuk merefresh kembali misi, visi, dan nilai-nilai mereka. Perubahan dunia akibat pandemi COVID-19 membuat misi, visi, dan nilai-nilai lama mungkin tidak lagi sesuai dengan konteks saat ini. Fokus baru muncul pada aspek-aspek seperti kesehatan (baik fisik maupun mental), fleksibilitas, keragaman, kesetaraan, dan topik lainnya. Pelanggan juga mungkin telah mengalami perubahan signifikan dalam kehidupan atau bisnis mereka, memaksa mereka untuk meninjau kembali kebutuhan atau keinginan mereka terhadap perusahaan Anda. Orang-orang di dalam organisasi Anda juga mungkin lebih fokus pada tujuan tetapi kurang terhubung dengan apa yang dikejar oleh organisasi, baik karena mereka baru saja bergabung (dengan tingkat turnover yang tinggi) atau sedang dalam proses pencarian identitas mereka sendiri.
Bagaimana sebuah perusahaan dapat menyegarkan kembali misi, visi, dan nilai-nilainya?
Langkah awal yang penting adalah melibatkan tim kepemimpinan organisasi, mulai dari CEO hingga lapisan bawah, untuk memahami misi, visi, dan nilai-nilai organisasi serta proses pembentukannya. Namun, pernyataan-pernyataan ini harus dimiliki dan diaktualisasikan oleh seluruh organisasi sebagai sebuah komunitas. Selanjutnya, organisasi perlu menanyakan "apa yang berubah" selama dua tahun terakhir, yang akan memberikan wawasan tentang perubahan fundamental dalam budaya dan fokus organisasi. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, perusahaan dapat merancang proses untuk menyampaikan jawaban tersebut kepada seluruh organisasi dan menanamkannya dalam budaya.
Penting untuk melibatkan karyawan secara komprehensif dalam proses ini, dengan memungkinkan mereka untuk memberikan masukan dan ide-ide mereka. Setelah pernyataan misi, visi, dan nilai-nilai baru dirumuskan, organisasi harus mengomunikasikannya secara konsisten kepada seluruh anggota perusahaan. Selain itu, perlu diakui dan dihargai mereka yang menjalankan tujuan dan nilai-nilai perusahaan dalam kehidupan sehari-hari.
Dengan pendekatan yang bijaksana dan melibatkan seluruh organisasi, perusahaan dapat menciptakan budaya yang terfokus, memberikan energi baru, dan segar untuk menghadapi "normal baru" di masa depan.
#NilaiPerusahaan2024 #MisiVisiBaru #BudayaOrganisasiTerbaru


Sumber: https://hbr.org/2022/03/its-time-to-take-a-fresh-look-at-your-companys-values
Judul: It’s Time to Take a Fresh Look at Your Company’s Values
Publish: March 28, 2022

Scroll to Top