hiCoachTeddyRachmat

- 03 Apr 2024

News Image

Strategi.

Apakah itu?

Perusahaan-perusahaan yang pada saat tertentu beroperasi dengan baik ternyata tidak serta merta dapat dikatakan memiliki strategi yang juga baik. Michael E. Porter dari Harvard Business School bahkan mengatakan rata-rata perusahaan besar di Jepang sekalipun tak mempunyai strategi. Mereka hanya saling mencoba meniru dan mengikut satu sama lain.

Periode 1970 hingga awal 1980-an,perusahaan Jepang berjaya di kancah internasional lebih karena keefektifan operasional mereka yang diraih melalui praktel TQM (Total Quality Management) dan kaizen (continuous improvement). Menjelang akhir 1980-an, situasi berubah. Setelah banyak pesaing juga melakukan hal yang sama, perusahaan-perusahaan Jepang berangsur berkurang pamornya.

Lantas, strategi itu apa?

Menurut Porter dalam artikelnya “What is Stretgy” (2006), strategi adalah penentuan posisi (positioning) secara berbeda dari pesaing, yaitu dengan menggarap hal yang sama dengan caraberbeda (performing activities differently) atau menggarap hal yang memang berbeda (perform different activities).

Teddy Rachmat percaya bahwa strategi yang baik akan menciptakan competitive edge, yaitu keunggulan yang memampukan perusahaan memenangkan persaingan dan menekuk lawan-lawan bisnisnya.

Sebuah perusahaan dikatakan memiliki keunggulan kompetitif jika sanggup menghadirkan “perbedaan” yang tidak bisa dilakukan oleh para pesaingnya.

Sumber :

eMicrobook Pembelajaran

TP Rachmat

Bagian 2

Scroll to Top
×