Philipus Tule
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
DOI: https://doi.org/10.14203/press.253
Keywords:
Identitas, Muslim Pribumi, Agama dan Kebudayaan
Synopsis
Pada tataran kajian akademik, masyarakat Muslim Nusa Tenggara Timur (NTT) agak diabaikan karena studi dan publikasi tentang mereka masih sangat langka. Pada hal mereka sudah menetap di wilayah itu sejak abad ke-16 ketika para saudagar dan misionaris Portugis serta Belanda tiba disana. Para perintis Islam di NTT itu telah tiba disana pada kurun waktu yang sama ketika berbagai komunitas Muslim lainnya tumbuh dan berkembang di pantai Utara Jawa, Sulawesi Selatan, Kalimantan dan di tempat-tempat lain. Selama berabad-abad mereka dapat bertahan hidup bersama mayoritas Kristen serentak bekerja sama dengan mereka dalam mengemban dan mengembangkan budaya nasional dan budaya lokal. Dalam Bunga Rampai ini disajikan pembahasan tentang beberapa kelompok Muslim di NTT dengan fokus pada wacana identitas beserta perjuangan kaum Muslim pribumi dalam mengungkapkan dan mempertahankan identitas atau jati diri mereka, baik sebagai Muslim maupun sebagai penduduk pribumi yang terkait pada budaya lokal tertentu.
References
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, Taufiq, “Adat and Islam: An Examination of
Conflict in Mlnanqkabau” Indonesia, vol.1, 1966.
Abu-Lughod, Lila, “Zones of Theory in the Anthropology of the Arab World’~ dalam Annual Review of Anthropology 18, 1989.
Appadurai, Arjun, “Theory in Anthropology: Centre and Periphery” dalam Comparative Studies in Society and History, 13, 1986.
Barnes, R.H., “Kedang” dalam Weeks Richard V., (ed.), Muslim Peoples: A World Ethnographic Survey, Vol.1, Greenwood Press, Westport, Connecticut, 1984.
———-, “Lamaholot” dalam Weeks Richard V., (ed.), Muslim
Peoples:A World Ethnographic Survey, Vol.1, 1984.
———-,’1Lamakera, Solor: Ethnohistory of a Muslim Whaling
Village of Eastern Indonesia’: dalam Anthropos, 90,
1995.
———-, “Lamakera, Solor: Ethnographic Notes on a Muslim Whaling Village of Eastern Indonesia’: dalam Anthropos, 91, 1996.
Bentley, Carter, G., “Ethnicity and Practice’: Comparative
Studies in Society and History, 29, no. 1, 1987. Biro Pusat Statistlk, Prop. NTT, 1991 dan 2013.
Brill, E.J., First Encyclopedia of Islam, 1913-1936. Edited by
Houtsma, cs. Vol. II., Leiden: E.J. Brill, 1987.
Buis, P.S., “Het Mohammedanisme op Flores’: dalam De
Katholieke Mission, no. 50. 1925.
——–, “Het Mohammedanisme op Flores’: dalam De
Katho/ieke Mission, no. 51, vol. 3, 1926.
Clamagirand, B., “La Maison Ende (Timor Portuqais)” dalam
Asiedu Sudest Monde lnsulindien. 6, 1975.
——–, “Laporan Pertanggung-jawaban Pelaksanaan Tugas Pokok” Kanwil Depag Prop. NTT, pada Rapat Kerja Pejabat Departemen Agama Pusat dan Daerah tgl 4 s/d 7 Maret 1996 di Jakarta, 1995/1996.
De Josselin de Jong, J.P.B., “The Malay Archipelago as a Field of Ethnological Study’: dalam de Josselin de Jong, P.E. (ed.), Structural Anthropology in the Netherlands. Netherlands: Foris Publications of Holland, 1935/1977.
Dietrich Stefan, Kolonialismus und Mission auf Flores (ca.
7900-1942. Hohenschaftlam: Klaus Renner Verlag. Dot, I, 1989.
Doko, I. H., Perjuangan Kemerdekaan Indonesia di Nusa
Tenggara Timur, Jakarta: Balai Pustaka, 1981.
Duran Khalid, “In Quest of Muslim Identity’: dalam Wei• hsun Fu, Ch., & Spiegler, G.E. (eds.), Religious Issues and Interventions Dialogues, Westport: Greenwood Press, 1981.
Eerde, van, J.C. Prof., De Vo/ken van Nederlandsch lndie in Monographieen, Vol. 1, Amsterdam: Uitgevers – Maatschappij Elsevier, 1920.
Eickelman, D.F., Morrocan Islam. Austin: University of Texas
Press, 1976.
Erikson, Erik, H., “The Problem of Ego tdentlty; in Stein, M.R., Vidich, A.J., & White Manning, D. (eds.). Identity and Anxiety: Survival of the Person in Mass Society,
Glencoe: The Free Press, 1960.
Evans-Pritchard, E.E., The Sanusi of Cyrenaica. Oxford: Oxford Univ. Press, 1949.
Forth Gregory, Space and Place in Eastern Indonesia.
Canterbury: University of Kent, 1991.
————–, “Keo Kin Terms’: dalam Anthropos, 89, 1994a.
————-, “Considerations of Keo as an Ethnographic
Category’: dalam OCEANIA, vol. 64, no. 4, 1994b.
————, “Two Terminologies from Eastern Keo’: dalam
Sociologus, vol. 45, nr. 2, 1995.
Fox James, J., “Melayo-Polynesian-Speaking Peoples (Eastern Indonesia)’: dalam Weeks Richard V., {ed.), Muslim Peoples: A World Ethnographic Survey, Vol.11,
1984.
Geertz, C.,’ The Religion of Java. Chicago: The University of
Chicago Press, 1960.
Gellner, E., Saints of the Atlas. London: the University of
Chicago Press, 1969.
Gilsenan, M., Saint and Sufi in Modern Egypt: An Essay in the
Sociology of Religion. Oxford: Clarendon, 1973.
Gore, A.K., Sejarah Perkembangan Agama Islam di Ka bupaten
Kupanq, FGK Undana, Kupang, 1977.
Hain, Robert, C., “Ende:The Structure of Endenese Society.
A Handbook for ethnographic fieldwork’: Oxford: Merton College, 1978.
HAMKA, Sejarah Islam di Sumatera, Medan: Pustaka
Nasional, 1950.
–•–, Islam. dan Adat Minangkabau, Jakarta: Pustaka
Panjimas,1984.
Howell, Signe. “The Lio House: building, category, idea, value” dalam Carsten and Hugh-Jones (eds.), About the House: Levi-Strauss and’ Beyond. Cambridge: University Press, 1995.
Kementerian Agama, Prop. NIT, “Data Penduduk Menu rut Golongan Agama Per Kabupaten Provinsi Nusa Tenggara TimurTahun 2013′: Kupang, 2013.
Keyes, Charles, F (ed), “The Dialectics of Ethnic Change” dalam Keyes Ch.F. (ed), Ethnic Change. Seattle: University of Washington Press, 1981.
Leirissa, R.Z. Cs., Sejarah Sosial Di Daerah Nusa Tenggara
Timur, Jakarta: Balai Pustaka, 1983/1984.
Levi-Strauss, C., The Way of the Masks, London: The University of Washington Press [teks asli dalam bahasa Prancis terbit tahun 1975 berjudul La Voie des Masques], 1983.
Lewis E.D., People of the Source: The social and ceremonial order of Tana Wai Brama on Flores. Leiden: Foris Publications Holland, 1988.
–, “The Relations of the Social Order, Agricultural Practice, and Environment in Tana ‘Ai, Flores” dalam Fox James J., (ed.), The Heritage of Traditional Agriculture among the Western Austronesians, Canberra: Department of Anthropology, 1992.
Mahyudin Aliuddin, Ors. MA, Surat-Surat Dan Catalan Harian Dari Kerajaan Bima, Jakarta: Departemen Pendidikan & Kebudayaan, 1983.
Manca Lalu, Sumbawa Pada Masa Lalu, Surabaya: Rinta,
1984.
Molnar, A.K., “The Grandchildren of the Ga’e Ancestors: the Hoga Sara of Ngada in west-central Flores’: Tesis PhD pada Australian National University, Canberra,
1994.
Muskens, M.P. Sejarah Gereia Katolik Indonesia, vol. 1,
Jakarta: Dokpen KWI, 197 4a
—–, Sejarah Gereja Katolik Indonesia, vol. 3b, Jakarta:
_ Dokpen KWI, 1974b.
—, Partner In Nation Building The Catholic Churd» In
Indonesia, Aachen: Missio Aktuell Verlag, 1979.
Nakagawa Satoshi, “Endenese” dalam Weeks Richard V.,
(ed.)., Muslim Peoples: A World Ethnographic Survey,
veu. 1984, him. 251-253.
——, The Social Organization of the Endenese of Central Hores’; Tesis PhD pada Australian National University, Canberra, 1989.
Noer Delia, The Modernist Muslim Movement in Indonesia
1900-1942, Singapore: Oxford University Press,
1973.
Nordholt Schulte, H.G., The Political System of the Atoni of
Timor, The Hague: Martinus Nijhoff, 1971.
Orin, Bao, Sareng P., Nusa Nipa, Ende, Flores: Nusa lndah,
1969.
Pelras, Christian, “Religion, Tradition and the Dynamics of lslamization in South-Sulawesi’; dalam “Islam En Indonesia I’~ Archipel 29, Paris: l’lnstitut National des Langues et Civilisations Orientales, 1985.
Rahim, Abd., & Borahima Ridwan (eds.), Sejarah Kerajaan Ta/lo (Suatu Transkripsi Lontara). Ujung Pandang: Lembaga Sejarah & Anthropologi, 1974.
Soekarno,. “Surat-Surat Islam dari Ende” (1934/1935), dalam
Di bawah Bendera Revolusi Jakarta: Antara, 1964.
Suchtelen, van, Jhr. B.C.C.M.M., “Endeh (Flores)’:
Mededeelingen van Het Bureau Voor De
Bestuurszaken der Buitengewesten, Bewerki Door
Het Encyclopaedisch Bureau, Aft. XXVI, Weltevreden,
1921.
Tenien Mark & Tasuku Sato, I Remember Flores, Toronto:
Ambassador Books Ltd, 1957.
Tule Philipus dan W. Djulei (ed). Agama-Agama Kerabat
Dalam Semesta. Ende: Penerbit Nusa lndah, 1994.
Tule Philipus, SVD (ed), Allah Akbar Allah Akrab: Pembinaan Kerukunan Antarumat Beragama Yang Berbasis Konteks NTT. Ledalero: Penerbit Ledalero, 2003.
—–, Longing for the House of God, Dwelling in the house of the Ancestors: local Belief, Christianity and Islam Among the Keo of Central Flores. Fribourg, Switzerland: Academic Press, 2004.
Visser, B.J.J., Onder Portugeesch-Spaansche V/ag: De Katholieke Missie van lndonesie 15 7 1-1605, Amsterdam: N.V. De R.K. Boek Centrale, 1925.
Waterson, Roxana, The Living House: An Anthropology of Architecture in South-East Asia, Singapore: Oxford University Press, 1991.
Weber, M., “Ethnographische Notizen Ober Flores und Celebes” lntemationa/es Archiv fiir Ethnographic 111 • Supplement, 1890.
Williams, Robin, Strangers Next Door, Englewood Cliffs, N.J.:
Prentice Hall, 1964.
Wouden, F.A.E. van, “Locale Groepen en Dubbele Afstamming in Kodi, West Sumba” Bijdragen todde Taal-, Land- en Volkenkunde, 111. [Artikel ini
diterbitkan kembali dalam bahasan lnggris tahun
1977, berjudul “Local Groups and Double Descent in Kadi, West Sumba” in Josselin de Jong, P.E., Structural Anthropology in the Netherlands, 1956, him. 184-222]..
———–, Types of Social Structure in Eastern Indonesia,
Penerj. R. Needham. The Hague: Martinus Nijhoff,
1968.
Zein, el-, Abdul Hamid, “Beyond Ideology and Theology: The Search for the Anthropology of Islam’: dalam Annual Review of Anthropology, vol. 6, 1977.