Teknologi Pengolahan Air Kotor dan Payau Menjadi Air Bersih dan Layak Minum

Screenshot 2024-05-28 131721

Categories



Published

August 12, 2015

HOW TO CITE

Perdamean Sebayang

Keywords:

Pengolahan Air Kotor, Payau, Air Bersih, air Layak Minum

Synopsis

Air merupakan sumber kehidupan terpenting yang dimiliki bumi. Bila tidak ada air maka hampir dipastikan tidak ada kehidupan di dunia ini. Oleh karena itu, penggunaan air sehemat dan seefisien mungkin sangat diperlukan untuk menyelamatkan sumber-sumber air yang ada dan menghindari pencemaran air dari polutan-polutan yang dapat merusak ekosistem kita. Pencemaran air tentu merusak lingkungan dan sudah tentu membutuhkan biaya pengolahan yang sangat mahal.
Ciri-ciri air bersih yang sehat/higienis adalah tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Selain itu, air tersebut juga harus bebas kontaminan, baik kimiawi maupun mikrobiologi. Kualitas air bersih tertuang pada PERMENKES Republik Indonesia Nomor 416/Menkes/Per/IX/1990.


Pada buku ini diperkenalkan teknologi pengolahan air, khususnya dalam pemanfaatan air kotor, asin, dan payau menjadi air bersih dan air minum berbasis pengolahan air sistem filtrasi dengan media filter granular. Teknologi ini dilengkapi penyaringan secara ultrafiltrasi (UF), reverse osmosis (RO), dan ultra violet (UV) sterilizer.

 Copyeditor :  Kamariah Tambunan Layouter : Rahma Hilma Taslima Cover designer  : Rusli Fazi Registrasi : ISBN 978-979-799-814-1 (01/02/15) Halaman : xxi + 198 hlm. Dimensi : A5 (14,8 x 21 cm)

©2015 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

References

Teknologi Pengolahan Air Kotor dan Payau Menjadi Air Bersih dan Layak Minum

Scroll to Top
×