Thung Ju Lan (ed)
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)
DOI: https://doi.org/10.55981/brin.853
Keywords:
Ilmu sosial , Sains dan teknologi, Pseudosains, Kultur
Synopsis
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dari berbagai bidang riset interdisiplin memiliki dampak yang sangat besar. Mulai dari sejarahnya hingga konteks sosial dan budayanya senantiasa relevan dengan masyarakat di seluruh dunia. Salah satu dampak dari perkembangan tersebut adalah munculnya fenomena pseudosains, yakni klaim kebenaran yang seolah didukung oleh bukti saintifik, tetapi nyatanya tidak melalui proses pembuktian menggunakan metodologi ilmiah. Di Indonesia, fenomena ini mulai populer sehingga masyarakat mudah percaya terhadap argumentasi yang tidak berdasar pada bukti ilmiah.
Buku Sains dan Teknologi dalam Konteks Kultur hadir untuk membuka, menginformasikan, dan memberikan wawasan masyarakat mengenai fenomena pseudosains, revolusi ilmu pengetahuan versus klaim kebenaran, analisis struktural sains dan teknologi di Indonesia, berbagai spekulasi ilmiah ke doktrin agama, spekulasi ilmiah versus kebenaran ilmiah, serta dilema sains di bawah otoritas politik. Buku ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber referensi bagi peneliti atau akademisi serta masyarakat luas untuk pembelajaran terkait kultur sains dan teknologi.
References
Achinstein, P., (2018). Scientific speculation: A pragmatic approach (1–67). Oxford Academic. https://doi.org/10.1093/oso/9780190615055.003.0001,
Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia. (2017). Sains, teknologi, dan pendidikan tinggi menuju Indonesia 2045. https://www.ksi-indonesia.org/assets/uploads/original/2020/01/ksi-1580376369.pdf
Akbar, A. (2013). Situs Gunung Padang: Misteri dan arkeologi. Change Publication.
Al-Ghazali, A. H. (2014). Ihya ‘ulumuddin (Purwanto, Penerj.; Vol. 1). Penerbit Marja.
Amir, S. (2012). The technological state in Indonesia: The co-constitution of high techcnology and authoritarian politics. Routledge.
Amir, S. (2013). The Technological State in Indonesia: The co-constitution of high technology and authoritarian politics. Routledge.
Anderson, B. (1999). Indonesian nationalism today and in the future. New Left Review, 235.
Anderson, B. (2008). Exit Suharto: Obituary for a mediocre tyrant. New Left Review, 50(Mar/Apr).
Ardianto, D., & Firman, H. (2017). Apakah teori Bumi datar dapat dipandang sebagai realita? Journal of Science Education and Practice, 1(1), 67–78.
Arif, A. (2016). Pseudosains. Diakses pada 28 Desember, 2018 dari https://www.pressreader.com/indonesia/kompas/20161228/281857233199218
Arkoun, M. (1990). Menuju pendekatan baru Islam. Jurnal Ulumul Qur`an, 7(2).
Ayat Kursi Network. (t.t.-a). Khalid Basalamah terpopuler di Youtube. Diakses pada 19 Mei, 2018, dari https://www.ayat-kursi.com/2016/07/khalid-basalamah-terpopuler-di-youtube.html
Ayat Kursi Network. (t.t.-b). Ustadz Sunnah Terbaik di Indonesia. Diakses pada 19 Mei, 2018, dari https://www.ayat-kursi.com/2017/06/ustadz-sunnah-terbaik-di-indonesia.html
Baber, R. (2017). What is scientific truth? Climacteric, 20(2), 83–84, https://doi.org/10.1080/13697137.2017.1295220
Bachrun, W. M. (2008, 4 Februari). Biografi Syaikh Muhammad Bin Shalih Al-Utsaimin. Ulama Sunnah. https://ulamasunnah.wordpress.com/2008/02/04/biografi-syaikh-muhammad-bin-shalih-al-utsaimin/
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (t.t.). Katastrofe. Dalam KBBI daring. Diakses pada 30 April, 2024, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/katastrofe
Baghi, F. (2012). Alteritas: Pengakuan, hospitalitas, persahabatan (etika politik dan posmodernisme). Ledalero.
Beyer, P. F. (1991). Privatization and the public influence of religion in global society. Dalam M. Featherstone (Ed.), Global culture: Nationalism, globalisation and modernity. Sage Publications.
Bin Baz, A. A. (2018). Bumi bulat. Diakses pada 18 April, 2018, dari https://binbaz.org.sa/fatwas/5966
Budiman, G. (2011, 28 April). Jangan mudah tertipu pseudosains! Kompasiana. https://www.kompasiana.com/gregorybudiman/5500ba65a333115b7451190d/jangan-mudah-tertipu-pseudosains
Budiwati, A. (2013, 7 Mei). Perbedaan sains dan pseudosains. Diakses pada 21 Februari 2018, dari https://falakiyahniza.wordpress.com/2013/05/07/metode-pembelajaran-sains/
Bullock, A. (1988). The Harper dictionary of modern thought. Harper & Raw Publisher.
Burleigh, M. (2001). The Third Reich, A new history. Pan Books.
Burton, R. J. (1997). Inventing the flat Earth: Columbus and modern historians.
Coker, R. (2015, 11 Mei). Membedakan sains and pseudosains (Shemeivera, Penerj.). Indonesian Skeptics Society. https://indonesianskepticsociety.wordpress.com/2015/05/11/membedakan-sains-dan-pseudosains/
Dawson, C. (2002). Practical research methods. How To Books Publisher
Denny, C. (2004, 26 Maret). Suharto, Marcos and Mobutu head corruption table with $50bn scams. The Guardian. https://www.theguardian.com/world/2004/mar/26/indonesia.philippines
detikNews. (2012a, 19 Mei). Arkeolog: Piramid di Situs Gunung Padang luar biasa besar! https://news.detik.com/berita/d-1919778/arkeolog-piramid-di-situs-gunung-padang-luar-biasa-besar
detikNews. (2012b, 23 Mei) Arkeolog: Silahkan digali, tak akan ada makam di‘Piramid’ Gunung Padang. https://news.detik.com/berita/d-1922437/arkeolog-silakan-digali-tak-akan-ada-makam-di-piramid-gunung-padang
detikNews. (2012c, 5 Maret). Situs Gunung Padang lebih tua dari Piramid Mesir & Machu Picchu. https://news.detik.com/berita/d-1857942/situs-gunung-padang-lebih-tua-dari-piramid-mesir-machu-picchu
Djamaluddin, T. [tdjamaluddin]. (2017, 22 Januari). Jawaban atas pertanyaan penggemar dongeng FE – Bumi datar – (Serial #7) Antartika-Kutub Selatan tdjamaluddin.com. https://tdjamaluddin.wordpress.com/2017/01/22/jawaban-atas-pertanyaan-penggemar-dongeng-fe-bumi-datar-serial-7-antartika-kutub-selatan/
Facebook. (t.t). Flat Earth Indonesia [Tangkapan layar hasil pencarian]. Diakses pada 12 Maret, 2018, dari https://web.facebook.com/search/str/flath+earth+indonesia/keywords_groups
Fakta Bumi Datar. (2017, 19 Maret). Kesepakatan ulama dan aqidah Islam bahwa Bumi diam dan Matahari mengelilingi Bumi. https://faktabumidatar.wordpress.com/2017/03/19/kesepakatan-ulama-dan-aqidah-islam-bahwa-bumi-diam-dan-matahari-mengelilingi-bumi/
Ferri, O. (2014, 22 September). Gunung Padang, punden berundak yang ditinggali berulang-ulang. Liputan 6. https://www.liputan6.com/news/read/2108369/gunung-padang-punden-berundak-yang-ditinggali-berulang-ulang
Flat Earth 101. (2017, 3 Mei). YouTube Channel Viewers [Tangkapan layar].
Gonzalez, W. J. (Ed.). (2005) Science, technology and society: A philosophical perspective. Netbiblo. https://core.ac.uk/download/pdf/61909697.pdf
Grehenson. (2008, 9 September). Padi Super Toy termasuk kelompok padi ‘Pari Jawa’ [Liputan]. Universitas Gadjah Mada. https://ugm.ac.id/id/berita/452-tim-peneliti-ugm-padi-super-toy-termasuk-kelompok-padi-pari-jawa/
Guessoum, N. (2018, 12 Februari). Why pseudo-science is spreading like wildfire. Gulf News. https://gulfnews.com/opinion/thinkers/why-pseudo-science-is-spreading-like-wildfire-1.2172498
Gunung Padang dibor, budayawan gugat LIPI. (2012). Diakses pada 5 Mei, 2018, dari http://lipi.go.id/berita/single/Gunung-Padang-Dibor-Budayawan-Gugat-LIPI/7636
Hallpike, C. R. (2011). Memetics: A Darwinian pseudo-science. Diakses pada 6 Agustus, 2018, dari http://hallpike.com/Memetics.%20A%20Darwinian%20pseudo-science.pdf
Hidayat, A. B. (2015, 25 April). Serius, jangan mudah percaya dengan fingerprint test. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/andrianbenny/55546f7fb67e616c14ba55c8/serius-jangan-mudah-percaya-dengan-fingerprint-test
Hodder, I. (1991). Reading the past. Cambridge University Press.
Huai, Y. (1950). The national bourgeoisie in the Chinese Revolution, from “People’s China”, Peking, January 1950. Diakses pada 8 Maret, 2023, dari http://www.commonprogram.science/documents/The%20National%20Bourgeoisie%20in%20the%20Chinese%20Revolution.pdf
Ibn Khaldun (2014). Mukaddimah (M. Irham, M. Supar, & A. Zuhri, Penerj.). Pustaka Al-Kautsar.
Ibnu Sirin. (2017). Apakah Bumi datar? | Ustadz Khalid Basalamah (audio). YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=Urjl_wQ5DOg
Icanologi. (2011, 27 September). Pseudosains. http://icanologi.blogspot.co.id/2011/09/pseudosains.html
Imadha, H. (2013, 18 November). Psikologi: Masih banyak masyarakat Indonesia yang percaya ilmu semu (pseudo science). https://psikologi2009.wordpress.com/2013/11/18/psikologi-masih-banyak-masyarakat-indonesia-yang-percaya-ilmu-semu-pseudo-science/
Jenkins, D. (2009). Soeharto and the Japanese occupation. Indonesia, 88 (October 2009), 5.
Jenkins, D. (2021). Young Soeharto: The making of the soldier, 1921-1945. ISEAS-Yusof Ishak Institute.
Johnson, C. K. (1978). News of the world’s children. Flat Earth News. International Flat Earth Research Society.
Johnson, D. (2007, 4 Februari). Antarctica in 5 minutes. Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=VwADGPfjerI
Kajian Sunnah TV. (2017). Penjelasan Bumi datar di hari kiamat | Ustadz Khalid Basalamah. Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=rh90i4GEt4g
Katadata Media Networks. (2018, 23 Juli). Sembilan kegiatan masyarakat Indonesia ketika mendapat akses internet. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/07/23/9-kegiatan-masyarakat-indonesia-ketika-mendapat-akses-internet
Kauppinen, A. (2018). Epistemic norms and epistemic accountability. Philosophers’ Imprint, 18(8), 1–16. https://quod.lib.umich.edu/cgi/p/pod/dod-idx/epistemic-norms-and-epistemic-accountability.pdf?c=phimp;idno=3521354.0018.008;format=pdf
Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara Republik Indonesia No. II/MPRS/1960 tentang Garis-garis Besar Pola pembangunan Semesta Berencana Tahapan Pertama 1961–1969. (1960).
Kleden, I. (1998). Sikap ilmiah dan kritik kebudayaan. LP3ES.
Kompa, N. A. (2021). Epistemic evaluation and the need for ‘impure’ epistemic standards. Synthese, 199, 4673–4693. https://link.springer.com/article/10.1007/s11229-020-02996-3#:~:text=Epistemic%20standards%2C%20recall%2C%20are%20those,second%2C%20knowledge%2Drelated%20way
Kompas.com. (2010, 20 Januari). SBY bentuk Sistem Inovasi Nasional. https://tekno.kompas.com/read/2010/01/20/20344361/sby.bentuk.sistem.inovasi.nasional
Konspirasi Bumi Datar. (2018). Habib Rizieq Shihab – permasalahan Bumi datar. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=Mzy7m0BvxH8
Kunjungi Situs Gunung Padang, SBY siapkan keppres dan cetak biru penelitian. (2014, 26 Februari). (2014). detiknews. https://news.detik.com/berita/d-2508691/kunjungi-situs-gunung-padang-sby-siapkan-keppres-dan-cetak-biru-penelitian
Krachbilcher, J. (2015). Apa itu pseudosains? Bagaimana agar tidak tertipu? (Shemeivera, Penerj.). Indonesian Skeptics Society. https://indonesianskepticsociety.wordpress.com/2015/04/29/apa-itu-pseudosains-bagaimana-agar-tidak-tertipu/
Kuhn, T. (1970). The structure of scientific revolutions. University of Chicago Press.
Langfordm, J. J. (1971). Galeleo, science, and the church (Edisi revisi). University of Michigan Press.
lesmaterialistes.com. (2014, 29 April). Akram Yari on bureaucratic capitalism. Lesmaterialistes. http://lesmaterialistes.com/english/akram-yari-bureaucratic-capitalism
Liu, H. (1997). Constructing a China metaphor: Sukarno’s perception of the PRC and Indonesia’s political transformation. Journal of Southeast Asian Studies, 28(1).
Lusk, G. & Elliott, K. C. (2022). Non-epistemic values and scientific assessment: An adequacy-for-purpose view. European Journal for Philosophy of Science, 12, 35. https://link.springer.com/article/10.1007/s13194-022-00458-w
Manovich, L. (2003). New media from Borges to HTML. The New Media Reader.
Marcuse, H. (1964). One-dimensional man (105–106). Beacon Press.
McQuail, D. (2010). McQuail’s mass communication theory. SAGE Publications, Ltd.
Mires, E. A. (2014). 8 Pseudosciences loads of people believe in. TheRichest.com. https://www.therichest.com/most-popular/8-pseudosciences-loads-of-people-believe-in/
Ngazis, A. N. (2017, 14 Oktober). Kenapa Bumi Datar begitu populer? VIVA.co.id. https://www.viva.co.id/digital/teknopedia/966658-kenapa-bumi-datar-begitu-populer
Niki WS. (2014, 6 Februari). Pseudosains, ancaman dunia sains. dakwatuna.com. https://www.dakwatuna.com/2014/02/06/45926/pseudosains-ancaman-dunia-sains/#axzz6T7SVYpH5
Nina Herlina Lubis: Gunung Padang dalam lintasan sejarah. (2014). Gatra. Diakses pada 10 Juli 2018, dari http://www.gatra.com/kolom-dan-wawancara/44889-nina-herlina-lubis-gunung-padang-dalam-lintasan-sejarah-1.html
Paul, R., & Elder, L. (2012). Critical thinking: Tools for taking charge your professional and personal life. Pearson Education.
Peraturan Presiden Nomor 148 Tahun 2014 tentang Pengembangan, Pelindungan, Penelitian, Pemanfaatan, dan Pengelolaan Situs Gunung Padang. (2014). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/41665/perpres-no-148-tahun-2014
Perdana, P. P. (2014). Arkeolog: Tim Riset Gunung Padang lakukan pelanggaran undang-undang. Kompas.com. https://sains.kompas.com/read/2014/10/07/21443641/Arkeolog.Tim.Riset.Gunung.Padang.Lakukan.Pelanggaran.Undang-undang
Piliang, Y. A. (2014). Transformasi budaya sains dan teknologi: Membangun daya kreativitas. Jurnal Sosioteknologi, 13(2), 76–83. https://media.neliti.com/media/publications/41611-ID-transformasi-budaya-sains-dan-teknologi-membangun-daya-kreativitas.pdf
Prasetyo, B. (2016, 4 Juli). Misteri Gunung Padang. Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://arkenas.kemdikbud.go.id/contents/read/article/ma04qg_1481791717/misteri-#gsc.tab=0
Prayogo, S. (2017). Mengenal apa itu pseudosains dan contohnya. Diakses pada 23 Februari 2018, dari http://mikirsekolah.blogspot.co.id/2017/09/mengenal-pseudosains-dan-contohnya.html
Purnama, Y. (2012). Biografi Syaikh DR. Shalih bin Fauzan Al Fauzan. Muslim.or.id. Diakses pada 20 April 2018, dari https://muslim.or.id/9338-biografi-syaikh-dr-shalih-bin-fauzan-al-fauzan.html
Purwanto, A. (2012). Nalar ayat-ayat semesta. Mizan Pustaka.
Putra, Y. M. P. (2013, 29 Agustus). SBY: Teknologi bagian dari pengembangan peradaban. Republika. https://news.republika.co.id/berita/msa1cz/sby-teknologi-bagian-dari-pengembangan-peradaban
Qaradhawi, Y. (2002). Fiqih praktis bagi kehidupan modern (A. H. Al-Katani, M. Y. Wijaya, & N. C. Hamzain, Penerj.). Gema Insani Press.
Rahman, F. (1982). Islam and modernity: Transformation of an intellectual tradition. University of Chicago Press.
Ridzky, E. (2014). Sebuah catatan jurnalistik: 153 jejak hingga ke Gunung Padang. Diakses pada 7 Mei, 2018, dari https://www.academia.edu/8773427/Sebuah_Catatan_Jurnalistik_-153_Jejak_Hingga_ke_Gunung_Padang_
Rip, A. (1999). STS in Europe. Science, Technology and Society, 4(1).
Robison, R. (1987). Indonesia: The rise of capital. Allen and Unwin.
Sanjaya, W. (2007). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana Prenada Media Group.
Schindler, S. (2019). Review of books: Peter Achinstein’s’ Speculation: Within and about Science. BJPS Review of Books. Diakses pada 17 Juli 2023, dari https://www.thebsps.org/reviewofbooks/schindleronachinstein/
Shanks, M. (1992). Experiencing the past: On the character of archaeology. Routledge.
Shea, W. (1986). Galileo and the Church. Dalam D. C. Linberg, & Ronald L (Ed.), God and nature. University of California Press.
Sihotang, K. (2017). Berpikir kritis: Sebuah tantangan dalam generasi digital. Respons: Jurnal Etika Sosial, 22(02).
Situs Gunung Padang lebih tua dari Piramid Mesir & Machu Picchu. (2012, 5 Maret). detiknews. https://news.detik.com/berita/d-1857942/situs-gunung-padang-lebih-tua-dari-piramid-mesir–machu-picchu
Situs Gunung Padang, misteri pengubah sejarah dunia. (2018, 7 Desember). CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20181207192748-199-351979/situs-gunung-padang-misteri-pengubah-sejarah-dunia
Soepardi, H. S. (2017, 13 Januari). “Flat Earth” pengungkap bukti ilmiah Bumi datar. Antara. https://www.antaranews.com/berita/606573/flat-earth-pengungkap-bukti-ilmiah-bumi-datar
Sulistyanto, B. (2014). Konflik horisontal warisan budaya, Megalitik Situs Gunung Padang. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Arkeologi, 32(1), 1-76.
Supriyatna, I. (2017, 26 Maret). Ini cara memulihkan perekonomian RI pasca terimbas Krisis 1998. Kompas.com. https://money.kompas.com/read/2017/03/26/193000126/ini.cara.memulihkan.perekonomian.ri.pasca.terimbas.krisis.1998
Suri, N. (2016, 27 Januari). Akhir klinik kanker Warsito, sang doktor yang kontroversial. Liputan 6.com. https://www.liputan6.com/health/read/2422245/akhir-klinik-kanker-warsito-sang-doktor-yang-kontroversial
Susantio, D. (2014, 16 September). Kontroversi mengental di Gunung Padang. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20140916120404-21-3409/kontroversi-mengental-di-gunung-padang
Teguh, I. (2018, 18 April). Gunung Padang bukanlah piramida. Tirto.id. https://tirto.id/gunung-padang-bukanlah-piramida-cHW9
Tempo. (2012, 27 Agustus). Mencari terang di Gunung Padang. https://majalah.tempo.co/read/laporan-utama/140407/mencari-terang-di-gunung-padang
The Locke. (2013). 11 Reasons why people believe in pseudoscience. The Soap Box. http://thesoapboxrantings.blogspot.com/2013/08/11-reasons-why-people-believe-in.html
The many meanings of truth. (t.t.). Understanding Science. Diakses pada 17 Juli, 2023, dari https://undsci.berkeley.edu/the-many-meanings-of-truth/
Tiffany, K. (2017, 9 Oktober). If a scientific conspiracy theory is funny, that doesn’t mean it’s a joke: Why are flat earth truthers having such a huge year online? [Tangkapan layar]. https://www.theverge.com/2017/10/9/16424622/reddit-conspiracy-theories-memes-irony-flat-earth
Tilley, C. (1993). Interpretation and poelitics of the past. Dalam C. Tilley (Ed.), Interpretative Archaeology. Berg Publishers.
Tim Peneliti. (2012). Penelitian arkeologi Situs Gunung Padang, Kabupaten Cianjur [Laporan penelitian arkeologi]. Pusat Arkeologi Nasional.
Tim Terpadu Riset Mandiri & Timnas-TNI. (2014). Resume penelitian Gunung Padang. Diakses pada 4 Juni 2018, dari https://www.academia.edu/8684880/RESUME_-_Penelitian_Gunung_Padang_Oleh_TTRM_Timnas-TNI
Townson, S. (2016, 26 Januari). Why people fall for pseudoscience and how academics can fight back. The Guardian. https://www.theguardian.com/higher-education network/2016/jan/26/why-people-fall-for-pseudoscience-and-how-academics-can-fight-back
United Islam Channel. (2017). Fatwa ulama Saudi tentang Bumi datar. Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=ThC8_jAWG_E
Utama, L. (2017, 11 Desember). Curhat Kelompok Bumi Datar Indonesia jadi bahan olok-olok. VIVA.co.id. https://www.viva.co.id/digital/986414-curhat-kelompok-bumi-datar-indonesia-jadi-bahan-olok-olok
Wibowo, A. S. (2018, 30 April). Mengapa praktik pseudosains ‘laris manis’ di negeri ini? Intipesan. http://www.intipesan.com/mengapa-praktik-pseudosains-laris-manis-di-negeri-ini/
Wijayanto, Z. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika kontekstual berbasis budaya untuk siswa SMP. AdMathEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, 8(2) doi:http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v8i2.12350
Yakin jadi ikon sejarah, Presiden siapkan keppres penuntasan penelitian Gunung Padang. (2014, 26 Februari). BeritaHUKUM.com. https://beritahukum.com/detail_berita.php?judul=Yakin%20Jadi%20Ikon%20Sejarah,%20Presiden%20Siapkan%20Keppres%20Penuntasan%20Penelitian%20Gunung%20Padang
Yoffee, N., & Seratt. (1993). Introduction the sources of archaeology theory. Dalam N. Yoffee, & Seratt (Ed.), Archaeological theory who set the agenda? Cambridge University Press.
Yudiawan, D. (2016, 10 April). Situs Gunung Padang yang penuh kontroversi. Pikiran Rakyat. https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-01253650/situs-gunung-padang-yang-penuh-kontroversi-366342
Yusuf, N. M. (2016). Flat Earth itu pseudosains, apakah itu? Diakses pada 10 Maret, 2018, dari https://berandainovasi.com/flat-earth-itu-pseudosains-apakah-itu/
Zaenudin, A. (2017, 28 Desember). Mengapa para dai bisa amat populer di media sosial? tirto.id. https://tirto.id/mengapa-para-dai-bisa-amat-populer-di-media-sosial-cCox