Pendidikan Moderasi Beragama: Membangun Harmoni, Memajukan Negeri

Screenshot 2024-02-05 092834

Categories



Published

November 8, 2021

HOW TO CITE

Muhamad Murtadlo

Kementerian Agama Republik Indonesia

DOI: https://doi.org/10.55981/brin.454

Keywords:

Pendidikan Moderasi Beragama, Karakter Moderat

Synopsis

Fenomena intoleransi atau ketiadaan tenggang rasa (KKBI) dalam beragama belakangan ini semakin menguat. Beberapa lembaga pendidikan diindikasikan menjadi tempat persemaian paham intoleran. Perilaku intoleransi pada peserta didik mengambil berbagai bentuk seperti mahasiswa setuju dengan negara berdasar agama tertentu, mahasiswa terpapar paham radikal. Aktivis ROHIS di berbagai lembaga pendidikan jenjang menengah bersimpati dan mendukung model gerakan ISIS di Suriah. Remaja usia di atas 17 tahun di Jabodetabek setuju  terhadap gerakan keagamaan radikal. Menghadapi fenomena intoleransi kehidupan beragama, mulai tahun 2016 Kementerian Agama menggulirkan wacana moderasi beragama.  Dunia pendidikan menjadi tumpuan harapan besar untuk penguatan kembali nilai-nilai moderasi beragama. Pendidikan moderasi beragama diharapkan  menjawab sasaran revolusi mental yang menghendaki lahirnya karakter diri peserta didik yang berintegritas, memiliki etos kerja dan berjiwa gotong royong; serta terwujudnya budaya bangsa yang bermartabat, modern, maju, makmur, dan sejahtera. 

Author Biography

Muhamad Murtadlo, Kementerian Agama Republik Indonesia

Menamatkan Pendidikan dasar di MI Nurul Huda Sleman tahun 1984, Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Sleman tahun 1987, Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) Yogyakarta tahun 1990. Memperoleh gelar Sarjana bidang Tafsir Hadits dari IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 1997, gelar Master bidang Filsafat Agama dari IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2001, dan gelar Doktor bidang Antropologi dari Universitas Indonesia tahun 2012. Menghasilkan publikasi sebanyak 65 karya tulis ilmiah (KTI) yang ditulis sendiri atau bersama penulis lain dalam bentuk buku, bagian dari buku, jurnal, dan prosiding. Sebanyak 9 KTI ditulis dalam bahasa Inggris.

References

Murtadlo M. Reproduksi paham keagamaan dan respon terhadap tuduhan radikal (Studi kasus Pesantren Ngruki pasca bom Bali 2002). Harmoni 2017; 16(1): 73–89.

Murtadlo M. Cakrawala pendidikan Islam di Indonesia. Romli C, editor. PT Pesagimandiri Perkasa; 2019.

Murtadlo M. Dinamika sejarah madrasah di Asia Tenggara. Romli RC, editor. Jakarta: PT Pesagimandiri Perkasa; 2018.

Murtadlo M, Alia N, Basri HH. Indeks karakter siswa jenjang pendidikan menengah 2020. Jakarta: Litbangdiklat Press; 2021.

Murtadlo M. Gagasan teknokratik pembangunan keagamaan. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI; 2019.

Syaifudin LH, Sila MA. Moderasi beragama (Edisi pertama). Jakarta: Kementerian Agama; 2019.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik RI. Revolusi mental; 2015.

Wogemen JP. Christian perspective on politics. Wensminster: John Knox Press; 2000.

Wahid M, Rumadi. Fiqh madzhab negara: Kritik atas politik hukum Islam di Indonesia. Yogyakarta: LKiS; 2001.

Tim Penyusun Buku Proceeding Kongres Pancasila. Pancasila dalam berbagai perspektif (Cetakan I). Jakarta Pusat: Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi; 2009.

Mahfud M. Konstitusi dan hukum dalam kontroversi isu. Jakarta: Rajawali Pers; 2009.

Mahfud M. Membangun politik hukum menegakkan konstitusi. Jakarta: Pustaka LP3ES; 2006.

Bellah RN. Civil religion in America. Journal of the American Academy of Arts and Sciences 1967; 96(1): 1–21.

Murtadlo M. Agama sipil: Sebuah jalan tengah? Antara negara sekuler dengan negara agama. J. Dialog 2005; 28.

Madjid N. Islam, doktrin dan peradaban. Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina; 1992.

Wahid A. Pergulatan negara, agama dan kebudayaan. Jakarta: Desantara; 2001.

Maarif AS. Islam dalam bingkai keindonesiaan dan kemanusiaan. Bandung: Mizan; 2009.

Murtadlo M. Madrasah dalam konteks globalisasi pendidikan. Universitas Indonesia; 2012.

Murtadlo M. Madrasah: Globalization and identity. Edukasi: 2009; 7(3): 15–28.

Murtadlo M. Penafsiran Hasbi tentang negara dalam Al Qur’an: Studi terhadap tafsir Al Qur’anul Madjied An-Nur. IAIN Sunan Kalijaga; 1997.

Murtadlo M. Peran lembaga pendidikan dalam mewujudkan moderasi beragama di Jawa Timur: Kasus Pesantren Nurul Huda Sencaki Surabaya. 2021.

Murtadlo M. Pendidikan multikultural di Madrasah Pembangunan Ciputat Tangerang. Edukasi 2014; 12(2): 196–209.

Murtadlo M. Pesantren dan globalisasi. Edukasi 2006; 4(3): 137–41.

Najib A. Patterns of Islamic education moderation in Indonesian history. Didaktika Religia 2018; 6(1): 107–124.

Kementerian Agama. Moderasi beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama; 2019.

Murtadlo M, Basri HH. Meneruskan tradisi ulama jawi. Republika; 2019, 9 Oktober.

Murtadlo M. Islam dan pendidikan madrasah di Filipina. Edukasi 2018; 13(1): 45–60.

Murtadlo M. Wawasan moderasi beragama di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN). Jakarta; 2021.

Murtadlo M. Hubungan Mesir-Indonesia dalam modernisasi pendidikan Islam. Al-Qalam 2018; 24(2): 297–306.

Murtadlo M. Belajar moderasi beragama dan modernisasi pendidikan di negeri piramida, Egypt. Dalam: Murtadlo M, editor. Islam dan fiaspora Indonesia. Jakarta: LDK Press; 2021. 151–170.

Murtadlo M. Layanan pendidikan bagi warga negara Indonesia di Arab Saudi. Edukasi 2018; 16(1): 94–109.

Pratama P. Toleransi beragama muncul di tengah sekularisme Kanada. Antaranews. 2010.

Murtadlo M. Wisata religi di Bali: Geliat usaha pengembangan pariwisata Islam. Dialog 2015; 38(1): 13–28.

Murtadlo M. Pesantren Ar Risalah: Menyulap kampung santri menjadi desa wisata. Dalam: Ichsan AS, editor. Top 10 ekosantri: Pionir kemandirian pesantren. Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan; 2017. 1–16.

Hilmy M. Whither Indonesia’s Islamic moderatism?: A reexamination on the moderate vision of Muhammadiyah and NU. J Indonesia Islam 2013; 7(1): 24–48.

Goodlad J. A place called school. New York: McGraw-Hill Book Company; 1984.

Green TF. Citizenship or certification. Dalam: Wax ML, Diamond S, Gearing FO, editor. Anthropological perspectives on education. New York: Basic Books Inc. Publisher; 1971.

Lickona T. Character matters: Persoalan karakter, bagaimana membantu anak mengembangkan penilaian yang baik, integritas dan kebajikan penting lainnya. Jakarta: PT Bumi Aksara; 2015.

Hanum F, Basri HH, Murtadlo M. Indeks integritas siswa SMA dan MA. Jakarta: Litbangdiklat Press; 2019.

Azizah LN, Murtadlo M. Pendidikan karakter kemandirian di Pesantren Roudhatul Muttaqien Kalasan Sleman. Dalam: Murtadlo M, editor. Pendidikan karakter di pesantren. Jakarta: Baroena Daya; 2017. 31–56.

Murtadlo M. Pergumulan pemikiran mahasiswa Islam (1990–1998). Tangerang Selatan: Lembaga Kajian Dialektika; 2021.

Murtadlo M. Menghadirkan guru agama berwawasan kebangsaan di daerah perbatasan. Dalam: Pendidikan guru Indonesia: Praktek dan kebijakan. Jakarta: FTIK Press; 2017. 169–73.

Murtadlo M. Layanan dan kerukunan agama di perbatasan negara: Studi kasus di Distrik Sota Merauke. Harmoni 2014; 13(3): 99–112.

Murtadlo M, Mas’ud AR, Prasojo Z. Islam dan diaspora Indonesia. Jakarta: Litbang Diklat Pers; 2021.

Murtadlo M. Solih akrom: Paradigma pengembangan pendidikan Di Pesantren Kajen, Margoyoso Pati. Dalam: Nahidz NAA, editor. Tradisi keilmuan pesantren. Jakarta: Pustaka Cendekiamuda; 2015: 223–250.

Murtadlo M. Pengembangan pendidikan agama berkearifan lokal di Tanah Ulayat Baduy Lebak Banten. Edukasi 2017; 15(1): 73–89.

Murtadlo M. Indeks karakter siswa menurun: Refleksi pembelajaran masa pandemi. 2021

Murtadlo M. Islam Jawa: Keluar dari kemelut santri versus abangan. Yogyakarta: Lappera; 2002.

Murtadlo M. Budaya dan identitas Tionghoa muslim di Kalimantan Barat. Jurnal Lektur Keagamaan 2013; 11(2): 281–308.

Murtadlo M. Seni budaya keagamaan Yogyakarta. Yusuf CF, editor. Jakarta: Pustaka Cendekiamuda; 2017.

Murtadlo M. Pendidikan keagamaan di daerah wisata Raja Ampat. Dalam: Zada K, editor. Pendidikan keagamaan Islam di daerah tertinggal. Jakarta: CV Baroena Daya; 2017. 197–222.

Gerakan antropolog untuk Indonesia yang bhineka dan inklusif (AUI). Tiga hal penyebab intoleransi di Indonesia. 2017.

Murtadlo M. Menakar moderasi beragama pada perguruan tinggi. 2019.

Murtadlo M. Madrasah dan globalisasi pendidikan. Romli C, editor. Jakarta: PT Pesagimandiri Perkasa; 2019.

Haryani E. Pendidikan moderasi beragama untuk generasi milenia: Studi lasus ‘lone wolf’ pada anak di Medan. Edukasi 2020; 18(2): 145–58.

Murtadlo M. Implementation of learning online in pesantren in the facing of pandemic Covid 19. Dalam: Proceedings of the 2nd International Conference on Religion and Education. Jakarta, Indonesia 2020: EAI.

Murtadlo M. KH Muhammad Achmad Sahal Mahfudz: Menatap modernitas dengan tradisi Pesantren Salaf. Dalam Pemikir Pendidikan Islam: Biografi sosial intelektual. Jakarta: PT Pena Cita Satria; 2007. 257–86.

Murtadlo M. Pendidikan agama di sekolah untuk semua agama. Dalam: Qowaid, Zada K, editor. Dinamika layanan pendidikan agama di sekolah. Serang: eLKaBaya; 2018. 1–26.

Murtadlo M, Khozin W. Model-model pendidikan karakter di madrasah. Jakarta: CV Barona Daya; 2017.

Murtadlo M, Mantu R, Basri H, Faiqoh, An Nahidz NA, Basri HH, Ta’rif, Munawiiroh. Pesantren & reproduksi ulama. Jakarta: Pustaka Cendekiamuda; 2015.

Murtadlo M. Pendidikan karakter di pesantren. Jakarta: CV Barona Daya; 2017.

Murtadlo M. Keluarga dan lembaga pendidikan agama dan keagamaan dalam menangkal radikalisme. Jakarta; 2017.

Murtadlo M. Pembelajaran daring pada masa pandemi Covid 19 di lingkungan pesantren. Dalam: Manajemen pendidikan: strategi peningkatan pembelajaran di era new normal. Tulungagung: Akademia Pustaka; 2020: 259–286.

Murtadlo M, Khozin W. Model-model pendidikan karakter di madrasah. Jakarta: CV Baroena Daya; 2017.

Murtadlo M. Seminari dan pengembangan moderasi beragama: Kajian terhadap seminari Al Kitab Asia Tenggara (SAAT) Malang. Jakarta; 2019.

Murtadlo M. Masjid Kraton Sambas dalam konstelasi pembaharuan Islam di Kalimantan Barat. Jurnal Lektur Keagamaan. 2014; 12(1): 207–234

Murtadlo M. Pendidikan vokasi berbasis masjid: Ternak sapi jamaah Masjid Baiturahman Klidon, Sukoharjo, Ngaglik, Sleman. 2019.

Haryani E, Adam S, Murtadlo M. Wawasan kebangsaan pada layanan pendidikan keagamaan umat Konghucu di lembaga Litang Cibinong. SMaRT 2020; 6(2):17–33.

Murtadlo M. Menangkal pemahaman radikalisme agama di sekolah. Dalam Murtadlo M, editor. Cakrawala pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT Pesagimandiri Perkasa; 2019. 276–84.

Murtadlo M. Menimbang pendekatan teknokratis dalam penelitian dan pengembangan pembangunan keagamaan untuk memperkuat daya saing bangsa. osf.io. 2021.

Scroll to Top
×