Pembudayaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan

Screenshot (178)

Categories



Published

May 15, 2023

HOW TO CITE

Ence Oos Mukhamad Anwas

Badan Riset dan Inovasi Nasional

DOI: https://doi.org/10.55981/brin.786

Keywords:

Teknologi Pendidikan, Pembudayaan TIK, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pembelajaran

Synopsis

Realitas generasi masa kini begitu akrab dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Di sisi lain masalah pendidikan sangat kompleks. Peluang dan tantangan membudayakan TIK  untuk pendidikan tersebut menjadi bahan kajian, penelitian, dan pengembangan yang sangat penting. Sebagai kajian akademik, realitas tersebut masih belum banyak dilakukan. Oleh karena itu, Orasi Ilmiah ini ditujukan sebagai upaya mengisi gap tersebut melalui analisis dan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan. Pembudayaan dilakukan melibatkan semua aspek: mulai kebijakan, infrastruktur, konten,dan kesiapan sumber daya manusia. Adapun strategi pembudayaan dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan, melibatkan semua pemangku kepentingan sesuai perannya masing-masing.  

Author Biography

Ence Oos Mukhamad Anwas, Badan Riset dan Inovasi Nasional

Menamatkan Sekolah Dasar Negeri Kramat Jaya tahun 1982, Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bantarujeg tahun 1985, dan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Majalengka tahun 1988 di Majalengka Jawa Barat. Memperoleh gelar Sarjana Teknologi Pendidikan dari IKIP Bandung tahun 1992, gelar Magister Ilmu Komunikasi dari Univeritas Indonesia tahun 2003, dan gelar Doktor Ilmu Penyuluhan Pembangunan, Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat dari IPB University tahun 2009.
Mulai bekerja di Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kemendikbud tahun 1996. Pernah menjabat sebagai Kepala Subbidang Perencanaan dan Produksi Teknologi Pembelajaran Berbasis Radio, Televisi, dan Film, Pustekkom Kemendikbud (2013-2015); Staf Khusus Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (2009-2016); Kepala Bidang Pengembangan Perbukuan, Pusat Perbukuan, Kemendikbud (2019-2020); Koordinator Penyusun­an Buku Teks Utama Kurikulum Merdeka jenjang: PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, dan Pendidikan Khusus, Kemendikbudristek (2019-2021); dan Plt. Kepala Pusat Riset Pendidikan, OR IPSH BRIN (2022).
Jabatan fungsional peneliti diawali sebagai Peneliti Pertama golongan III/a tahun 1999, Peneliti Muda golongan III/c tahun 2005, Peneliti Madya golongan IV/b tahun 2012, dan memperoleh jabatan Peneliti Ahli Utama bidang Teknologi Pendidikan tahun 2013.
Menghasilkan publikasi sebanyak 91 karya tulis ilmiah (KTI), baik yang ditulis sendiri maupun bersama penulis lain, dalam bentuk buku, jurnal, prosiding, dan sejenisnya. Sejumlah 15 KTI ditulis dalam bahasa Inggris.
Ikut serta dalam pembinaan kader ilmiah, di antaranya dosen di Politeknik Kesehatan Wilayah III Jakarta (2007-2011); dosen Pascasarjana Universitas Muhamadiyah Jakarta (2010-2013); Anggota TP2I Kemendikbudristek (2014-2017); Ketua TP2U Pusat Riset Pendidikan BRIN (2022-sekarang); Anggota Majelis Asesor Peneliti Pusat (MAPP) BRIN (2022-sekarang); dan dosen Pascasarjana IPB University (2010-sekarang).
Aktif dalam organisasi profesi ilmiah, yaitu sebagai anggota Ikatan Sarjana Teknologi Pendidikan Indonesia (1999-2016), pengurus Dewan Nasional Indonesia untuk Kesejahteraan Sosial (DNIKS) (2014-2019), pengurus Perhimpunan Ahli ­Penyuluhan Pembangunan Indonesia (2017-sekarang), dan anggota Perhimpunan Periset Indonesia (2022-sekarang).
Menerima tanda penghargaan pada tingkat nasional, antara lain: Satyalencana Karya Satya II (20 Tahun) (tahun 2019) dari Presiden Republik Indonesia.

References

Anwas, E.O.M., Afriansyah, A., Iftitah, K.N., Firdaus, W., Sugiarti, Y. (2022a). Students’ Literacy Skills and Quality of Textbooks in Indonesian Elementary Schools. International Journal of Language Education. 6(3), 233-244. https://doi.org/10.26858/ijole.v6i3.32756

Anwas, E.O.M., Steviano, I., Warsihna, J. (2022b). Web-Based Interactive Electronic Book Model. Proceeding International Symposium on Open, Distance and e-Learning (ISODEL). Published by Center of ICT for Education, ICDI, and UT 2022.

Anwas, E.O.M., Sugiarti, Y., Riadinata, I. (2021). Model Pengembangan Buku Teks Disabilitas Intelektual. Pusat Perbukuan; Kemendikbud. ISBN:978-602-244-796-2

Anwas, E.O.M., Sugiarti, Y., Permatasari, A.D., Warsihna, J., Anas, Z., Alhapip, L., Siswanto, H.W., Rivalina, R. (2020a). Social Media Usage for Enhancing English Language Skill, International Journal of Interactive Mobile Technologies. 14(7). 41-57. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i07.11552

Anwas, E.O.M., Uchrowi, Z., Afriansyah, A., Iftitah, K.N. (2020b). Panduan Pengembangan Buku Teks Sekolah Dasar Kelas Rendah. Puskurbuk. http://buku.kemdikbud.go.id ISBN:978-602-244-293-6

Anwas, E.O.M., Warsihna J., Steviano, I. (2019a). Pengembangan Model Buku Elektronik Interaktif. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Kurikulum, Pembelajaran, dan Perbukuan dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Puskurbuk. http://www.puskurbuk.kemdikbud.go.id

Anwas, E.O.M. & Anas Z. (2019). Pengembangan Model Buku Teks Pelajaran. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Kurikulum, Pembelajaran, dan Perbukuan dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Puskurbuk http://www.puskurbuk.kemdikbud.go.id

Anwas, E.O.M., Warsihna, J., Steviano, I. (2018a). The Use of Internet Content with Interest in Learning English on High Schools Students. The Turkish Online Journal Of Educational Technology. 2018 (2), 832-836. http://www.tojet.net/special/2018_12_3.pdf

Anwas, E.O.M., Warsihna, J., Steviano, I. (2018b). Middle School Student Behavior in the Utilization of Electronic Books. in: Proceeding International Symposium on Open, Distance and e-Learning (ISODEL). doi:https://doi.org/10.32550/pi.v1i1.26

Anwas, E.O.M. (2016). Model Buku Teks Pelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Kwangsan. 4(1), 17-32. doi:10.31800/jtp.kw.v4n1.

Anwas, E.O.M. (2015a). Audio Book: Media Pembelajaran Masyarakat Modern. Jurnal Teknodik 18(1), 54-62. doi:10.32550/teknodik.v18i1.111

Anwas, E.O.M. (2015b). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pesantren Rakyat Sumber Pucung Malang. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 21(3), 207-220. doi:10.24832/jpnk.v21i3.187

Anwas, E.O.M. (2014). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Optimalisasi Perpustakaan. Jurnal Teknodik 17(2), 226-237. doi:10.32550/teknodik.v0i0.81

Anwas, E.O.M. (2013a). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Teknodik. 17(1), 493-504. doi:10.32550/teknodik.v0i0.62

Anwas, E.O.M. (2013b). Kontribusi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Daerah Tertinggal. Jurnal Teknodik. 17(3), 018-028. doi:10.32550/teknodik.v17i3.559

Anwas, E.O.M. (2013c). Pengaruh Pendidikan Formal, Pelatihan, dan Intensitas Pertemuan terhadap Kompetensi Penyuluh Pertanian. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 19(1), 50-62. doi:10.24832/jpnk.v19i1.107

Anwas, E.O.M. (2013d). Pemberdayaan Masyarakat di Era Global Penulis. Penerbit Alfabeta. ISBN: 978-602-7825-42-0

Anwas, E.O.M. (2012a). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Media Massa sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Teknodik. 16(3), 323-337. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.33

Anwas, E.O.M. (2012b). Budaya Literasi Media Televisi. Jurnal Teknodik. 16(4), 422-434. doi:10.32550/teknodik.v0i0.43

Anwas, E.O.M. (2012c). Film Pendidikan: Karya Seni, Representasi, dan Realitas Sosial dalam Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Teknodik. 16(2), 185-189. doi:10.32550/teknodik.v0i0.20

Anwas, E.O.M. (2011a). Pembudayaan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah. Jurnal Teknodik. 15(1), 75-83. doi:10.32550/teknodik.v0i0.90

Anwas, E.O.M. (2011b). Membangun Media Massa Publik dalam Menanamkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 17(6), 680-690. doi:10.24832/jpnk.v17i6.59

Anwas, E.O.M. (2010a). Televisi Mendidik Karakter Bangsa: Harapan dan Tantangan. Jurnal Pendidik dan Kebudayaan. 16(9), 256-266. doi:10.24832/jpnk.v16i9.517

Anwas, E.O.M. (2010b). Media Massa Pembelajaran Masyarakat. Jurnal Teknodik. 14(1) 102-110. doi:10.32550/teknodik.v14i1.455

Anwas, E.O.M. (2009). Pemanfaatan Media dalam Pengembangan Kompetensi Penyuluh Pertanian; Kasus di Kabupaten Karawang dan Garut Provinsi Jawa Barat. (Disertasi tidak diterbitkan) IPB University.

Anwas, E.O.M., Sumardjo, Asngari, P,S, (2009). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penyuluh dalam Pemanfaatan Media. Jurnal Komunikasi Pembangunan. 7(2), 68-81. https://journal.ipb.ac.id/index.php/ jurnalkmp/article/view/5689/4317

Anwas, E.O.M. (2006a). Kebutuhan Diklat Online untuk Tenaga Pendidik. Jurnal Teknodik. 10(2), 21-38. doi:10.32550/teknodik.v10i19.391

Anwas, E.O.M. (2006b). Difusi Inovasi e-Learning di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 12(7), 409-428.

Anwas, E.O.M. (2003). Model Inovasi E-Learning dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Teknodik, Edisi No.12/VII/Oktober/2003, 18-31.

Anwas, E.O.M. (2000). Menjadikan Televisi sebagai Sahabat Buku dalam upaya Meningkatkan Minat baca. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. No. 022 Tahun ke-5, 45-56.

Anwas, E.O.M. (1998). Siaran Radio Pendidikan: Analisis Model Peningkatan Kualifikasi Guru SD. Jurnal Teknodik No.5-IV Nov., 42-46.

Ashby, E. (1972). The Forth Revolution: Instructional Technology in Higher Education. McGraw Hill;

Badan Perencanaan Nasional Republik Indonesia. (2012). Pengembangan Kawasan Khusus dan Tertinggal. http://kawasan.bappenas.go.id/index.php?option=com content&view=category&layou t=blog&id=35&Itemid=65 2012

Badan Pusat Statistik, Republik Indonesia. (2020) Statistik Telekomunikasi Indonesia. https://www.bps.go.id/publication/2021/10/11/ e03aca1e6ae93396ee660328/statistik-telekomunikasi-indonesia-2020.html

Badan Pusat Statistik, Republik Indonesia. (2018). Penggunaan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sektor Pendidikan. https://www.bs.go.id/publication/ 2018/12/24/27971845a9d616341333d103/penggunaan-dan-pemanfaatan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-p2tik-sektor-pendidikan-2018.htm

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Prentice Hall Inc;

Chalim, S. & Anwas, E.O.M. (2018). Peran Orangtua dan Guru dalam Membangun Internet sebagai Sumber Pembelajaran. Jurnal Penyuluhan. Jurnal Penyuluhan, 14(1), 42-51. doi:https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v14i1.19558

Humaidi, L., Vitayala, A., Puspitawati, H., Anwas, E.O.M. (2020) The Improvement of Agricultural Extension Competnce Based on the Social Media Utilization and Role of Extension Institutions. IJPSAT. 18(2), 135-142. http://ijpsat.ijsht-journals.org

Katz, S.K., Elihu, Blumler, J.G., & Gurevitch, M. (1973). Uses and Gratifications Research. The Public Opinion Quarterly.

Maman, U., Nindyantoro, Sukmana, Anwas, E.O.M., Margono, T. (2018). From Single to Dual System: Initiating the Model of Wet Rice Field Management to Optimize Staple Food J Eng Appl Sci. 122-131. doi:10.4108/eai.2-10-2018.2295279

Miarso, Y., Haryono, A., Natakusumah, S., Sadiman, A.S., Suhedi, Suleiman, Z. (1984). Teknologi Komunikasi Pendidikan: Pengertian dan Penerapanya di Indonesia. Penerbit PT Rajawali.

McLachlan, Claire, J. & Arrow, A.W. (2017). Conceptualising Literacy in the Early Childhood Setting in Literacy in the Early Years Refections on International Research and Practice. Springer; doi:https://doi.org/10.1007/978-981-10-2075-9_1

Pertiwi, P.R., Sumardjo, Fatchiya, Anwas, E.O.M. (2021). Correlation between the Characteristics of Extension Workers and the Level of Learning Independence Through E-Learning. 24 (2), 206-214. http://ijpsat.ijsht-journals.org

Pusat Perbukuan, Kemendikbudristek. (2019). Laporan Penilaian Buku Teks dan Nonteks Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rogers, E,M. (2003). Diffusion of Innovations. The Free Press.

Rospina, P., Sumardjo, Fatchiya, A., Anwas, E.O.M. (2022). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kapasitas dan Kemandirian Belajar Penyuluh melalui E-Learning. Jurnal Penyuluhan. 18(01), 144-154. doi:10.25015/18202232739

Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono, A. R. (1986). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya. CV. Rajawali.

Saettler P. (1968). A History of Instructional Technology. Mc Graw Hill.

Suyono, H. (2009). Mengubah Loyang Menjadi Emas: Autobiografi Haryono Suyono. Penerbit Citra Kharisma Bunda;

Unesco. (2009). ICT Transforming Education: A Regional Guide. http://www.unesco.org/new/en/ communication-and-information/ resources/publications-and-communication-materials/publications/ full-list/ict-transforming-education-a-regional-guide/

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2017, tentang Sistem Perbukuan. (2017). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/37640/uu-no-3-tahun-2017

Warsihna. J., Dandan, W., Anwas, E.O.M., Suryaman, M., Kosasih, F.A., Amri, A. R.Z. (2021). The Urgency of Using Audiobook in General Course Learning. Jurnal Kependidikan. 5(2), 137-146. doi:https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.44482

Warsihna, J., Anwas, E.O.M. Anas, Z., Kosasih, F.A.(2020). Post-Disaster Learning Model: Design Of Distance Learning Based On Local Wisdom Perspective. In: 17th International CELDA 2020. 303-310.

Scroll to Top
×