Paradigma Ilmu Pengetahuan dan Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora di Indonesia

Screenshot 2024-02-23 134802

Categories



Published

July 3, 2017

HOW TO CITE

Ignas Kleden (ed)

Taufik Abdullah (ed)

DOI: https://doi.org/10.14203/press.108

Keywords:

Paradigma, Humaniora, Ilmu Sosial

Synopsis

Buku ini diterbitkan sebagai kontribusi terhadap pemahaman perkembangan ilmu dan penelitian bidang sosial dan humaniora. Mengacu pada judulnya Paradigma Ilmu Pengetahuan dan Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora di Indonesia, buku ini dimulai dengan pembahasan pemahaman tentang konsep paradigma yang diperkenalkan Thomas S. Kuhn serta tanggapan ilmuwan sosial dan humaniora Indonesia. Buku ini tidak hanya menyuguhkan tinjauan pemahaman dan pembahasan terhadap konsep paradigma itu sendiri, tetapi juga pendalaman pemahaman tentang format, pendekatan, metodologi/metode penelitian ilmu-ilmu sosial dan humaniora serta kontribusinya terhadap perkembangan teori dan kehidupan masyarakat di Indonesia. Dari bahasan tentang konsep paradigma serta penelitian-penelitian yang dilakukan, tiga hal yang menjadi tantangan dalam penelitian ilmu-ilmu sosial dan humaniora di Indonesia adalah: apakah dibutuhkan adanya paradigma dalam penelitian ilmu-ilmu sosial dan humaniora di Indonesia?; langkah-langkah apa yang harus diambil untuk memungkinkan lahirnya paradigma dalam ilmu-ilmu sosial dan humaniora di Indonesia?; dan adakah kecenderungan yang dapat diidentifikasi sebagai pola menuju paradigma tersebut? 
Semoga buku ini dapat memperkaya dan menjadi referensi pelengkap tentang paradigma ilmu pengetahuan dan penelitian ilmu sosial serta humaniora di Indonesia. Selamat membaca!

References

Hatta, M. (1950). Indonesia Menggugat. Pidato pembelaan Bung Karno di muka Hakim Kolonial. Jakarta: Masco. atau (Hatta, M. (1931). Indonesie klaagt aan! Pleitrede voor den landraad te Bandoeng op December 1930 gehouden door Ir. Soekarno. Amsterdam: De Arbeiderspers.

Hatta, M. (1986). Alam Pikiran Yunani. Jakarta: PT Tintamas Indonesia.

Hatta, M. (1958). Beberapa Pasal Ekonomi. Jakarta: Bali pustaka.

Natsir, M. Islam dan Politik. Panji Islam.

Sjahrir, Sutan. 1990. Indonesische Overpeinzingen. (Renungan Indonesia). Penerj. H.B. Jassin. Jakarta: Djambatan & Dian Rakyat.

Soekarno. (1963/1965). Nasionalisme, Islam, dan Marxisme. Djakarta: Jajasan Pembaruan.

Soekarno, “Nasionalisme, Islamisme dan Marxisme” dalam Sukarno, Dibawah Bendera Revolusi (Djakarta: Panitya Penerbit Dibawah Bendera Revolusi, 1964), hlm. 3.

Tjokroaminoto, H.O.S. (2010). Islam dan Sosialisme. Bandung: Sega Arsy.

Scroll to Top
×