Orang Rao dari Masa Klasik hingga Kontemporer

Screenshot 2024-02-05 110607

Categories



Published

October 12, 2021

HOW TO CITE

Amran DT.Jorajo

SDN 12 Tanjung Betung

DOI: https://doi.org/10.55981/brin.429

Keywords:

Sejarah, etnis, masyarakat Rao, Sumatera Barat

Synopsis

Buku ini di beri judul Orang Rao dari masa Klasik hingga Kontemporer. adapun tujuan di tulis buku ini adalah sebagai wujud kecintaan terhadap sejarah dan budaya sendiri, dimana sejarah harus menjadi guru kehidupan yang terus di ajarkan kepada anak cucu kemanakan nantinya (generasi masa depan) buku ini terdiri dari 14 bab, dintaranya Bab 1 Pendahuluan, Dalam bab II memuat permasalahan tentang asal-usul orang Rao. Dalam bab III memuat permasalahan tentang Rao di Masa Hindu-Budha. Dalam bab IV memuat materi pembicaraan tentang menguak misteri kerajaan yang ada di Rao. Dalam bab V memuat permasalahan tentang masuknya Agama Islam ke Rao. Dalam bab VI memuat perbicaraan tentang keadaan Negeri Rao di masa perang saudara. Dan dalam bab VII memuat materi pembicaraan tentang keadaan Gerakan Paderi Negeri Rao menetang penjajahan Kolonial Belanda. Dalam BAB VIII membahas tentang Nagari Rao dimasa Pemerintahan Hindia Belanda.Dan Dalam BAB IX membahasa tentang kedaan Nagari Rao di masa Indonesia merdeka. Dalam BAB X membahas Rao dari masa Orde Baru hingga reformasi. Dalam BAB XI membahas Penduduk Rao Kontemporer. Dalam BAB XII, Bab XII Tokoh-Tokoh Rao dan BAB XIV Penutup

Author Biography

Amran DT.Jorajo, SDN 12 Tanjung Betung

Nama Amran Datuk Jorajo, S.Pd, M.Pd, lahir pada tanggal 12 Agustus 1969 di Kampung Muaro Tolang, Jorong IV Beringin Kecamatan Rao Selatan, Kabupaten Pasaman., Propinsi Sumatera Barat. Anak ke 5 dari 7 bersaudara dari pasangan Roestam dan Sampang. Sejak kecil di besarkan oleh kedua orang tua di kampung sampai tamat Madrasah Tsanawiyah setingkat SMP.

Telah menikah pada tahun 1999 dengan Maida Yanti, S.Pd, M.Pd, seorang guru SD, dan telah di karuniai 3 orang putra dan Putri. Anak sulung di beri nama Muhammad Alif ar Rawi, yang lahir di Padang pada tanggal 5 Pebruari 2002, Anak ke dua di beri nama Natatsa Assyifa Amran yang lahir di Pintu Padang pada tanggal 24 Mei 2004. Dan anak sulung di beri nama Muhammad Syah Jihan ar Rawi, lahir di Pintu Padang pada tanggal 1 Januari 2007.

Karena mencintai Adat dan Budaya sendiri, pada tahun 1990, telah di amanahkan oleh Masyarakat kampungnya sebagai Ninik Mamak Tiang Panjang Kampung Muaro Tolang. Sejak itu Amran Datuk Jorajo telah berusaha mempelajari Adat Budaya Nagari Rao serta sejarah peradaban suku bangsanya. Dengan harapan ilmu yang di peroleh dapat dijadikan bekal dalam tugas, untuk membimbing cucu kemanakannya. Usahanya ini terdengar sampai ke negara tetangga Malaysia, sehingga pada tahun 2009 Amran Datuk Jorajo di undang oleh JALINAN ANAK RAO (JARO) Malaysia untuk menyampaikan Makalah yang berjudul Asal-Usul Orang Rao, dalam Seminar Melayu Rao Malaysia. Sebagai hasil dari seminar tersebut, ramailah anak cucu asal orang Rao di Malaysia yang pulang ke kampung leluhurnya.
Untuk menyikapi hal ini sabagi wadah untuk mengeratkan kembali hubungan keluarga Rao di Malaysia dengan sanak saudaranya di Rao, Amran Datuk Jorajo dan kawan-kawan telah mendirikan Yayasan Anak Rao (YARO). Yayasan ini juga mempunyai tujuan lain yaitu untuk mempereratkan hubungan silaturrahmi oarang Rao di kampung halaman dengan perantau Rao di manapun berada.

Dalam kegiatan mempelajari sejarah peradaban orang Rao, pada tahun 2007 Amran Datuk Jorajo berhasil mengungkap keberadaan Candi Koto Rao, tahun 2010 Candi Kampung Petani, 2011 Candi Tanjuang Beriang, dan tahun 2013 bersama Tim Peneliti dari Balai Arkelogi Medan di ungkap Candi Air Tobiang Tarung-Tarung dan Candi Kubu Tanjung di Rambah Langsat Kadap. Atas kecintaannya terhadap peradaban bangsa sendiri, pada tahun 2013 Amran Datuk Jorajo telah mendirikan semacam LSM yaitu Komunitas Pencinta Peninggalan Purbakala dan Budaya (KOM-P3B), dengan tujuan ingin menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk melestariakan dan menelusuri peninggalan perdaban nenek moyangnya terutama benda-benda peninggalan purbakala dan budaya, sebagai mitra kerja dari pemerintah.

Dan sebagai hasil dari kegiatan mempelajari sejarah peradaban orang Rao, Amran Datuk Jorajo, telah mengumpulkan data dan fakta tentang keberadaan orang Rao di pedalaman pulau Sumatera. Data dan fakta tersebut telah di susun semacam tulisan sejenis bunga rampai yang di beri judul Orang Rao Dari Masa Klasik Hingga Kontemporer.

Amran Datuak Jorajo berprofesi sebagai guru. Dan telah mengabdi sebagai pendidik sejak di angkat sebagai pendidik di daerah terpencil dalam program Satuan Bakti Guru Daerah Terpencil (SATBAGUDACIL) pada tahun 1999. Dan ditugaskan pertama kali pada Guru SDN 68 Botung Busuk Kecamatan Mapat Tunggul dari tahun 1999 sampai tahun 2003. Kemudian pada tahun 2003 di pindah tugaskan pada SDN 03 Pintu Padang dalam kecamatan yang sama sampai tahun 2009. Dan kemudian pada tahun 2009, di pindah tugaskan lagi sebagai guru dan Kepala Sekolah pada SDN 03 Muara Tais Tengah Kecamatan Mapat Tunggul sampai sekarang. Sejak di angkat sebagai guru, Amran Datuak Jorajo tetap komitmen dengan tugas yang di embannya di daerah terpencil. Dan belum pernah di tugaskan selain di daerah tersebut hingga sekarang ini.

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, Umar H. Tambusai. Pahlawan Nasional Tuanku Tambusai.Pemerintah Daerah Tingkat II Kabupaten Kampar : 1999.

Amran, Rusli, Sumatera Barat Hingga Plakat Panjang, Sinar Harapan : Jakarta1981.

Asnan, Gusti . Sejarah Pemerintahan di Sumatera Barat dari VOC hingga Reformasi. Citra Pustaka : Yogyakarta, 2006.

………Dunia Maritm Pantai Barat Sumatera.Yayasan Ombak : Jakarta, 2007

Awang, Adnan Hj dkk, Selangor, Sejarah dan Proses Pembangunannya. Jabatan Sejarah Universiti Malaya dan Lembaga Muzium Sultan Alam Syah : Selangor Darul Ehsan, 1992

Badan Perencaan Pembangunan Pasaman, & BPS, Pasaman Dalam Angka (Pasaman In Figure), Badan Pusat Statistik Kabupaten Pasaman, Lubuk Sikaping 2004.

Budiwati, Yulia dkk. Ilmu Budaya Dasar .2003 Materi Kuliah UT, modul.2.19. Universitas Terbuka: Jakarta.

Buletin Arkeologi, Amoghapasa, Edisi 10/XI Desember 2005,

BP3 Batu Sangkar : Batu Sangkar 2005.

Boelhouwer, Letnan. J.C. Kenang-Kenangan di Sumatera Barat

selama tahun-tahun 1831-1834. Lembaga Kajian Paderi : Padang, 2009.

Amran, DT. Jorajo

Basri, Chairul, Apa Yang Saya Ingat, Sinar Harapan. Jakarta 2003.

Capra, Fritjof, The Turning Pint : Titik Balik Peradaban Sains, Masyarakat, Dan Kebangkitan Kebudayaan. Jejak : Yogyakarta,2007.

Cassirer, Ernst. Manusia dan Kebudayaan. PT.Gramedia : Jakarta, 1987

Drakard, Jane Drakard, Sejarah Raja-Raja Barus. .Garmedia Pustaka Utama : Jakarta, 2003

Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Propinsi Sumatera Barat,

Inventaris Benda Cagar Budaya Kabupaten Pasaman, Solok,

Agam, dan Padang Pariaman Propinsi Sumatera Barat.Dinas

Pariwisata Seni dan Budaya Propinsi Sumatera Barat. Padang, 2005

Djojosuroto, Kinayat. Filsafat Bahasa. Pustaka Book Publisher : Lembaga : Payakumbuh, 1954.

Dabbin, Christine, Gejolak Ekonomi Kebangkitan Islam dan Gerakan Padri, Minangkabau 1784-1847. Jakarta: Komunitas Bambu, 2008.

Erwin, Tanah Komunal. Memudarnya Solidaritas Sosial Pada Masyarakat Matrilenial Minangkabau. Andalas University Press : Padang, 2000.

Ensiklopedi Indonesia. Edisi Khusus. Ichtiar Baru Van Hoeve, Jakarta 1992.

Orang Rao Dari Masa Klasik Hingga Kontemporer 501 Gerakan 30 September : Pembrontakan Partai Komunis Indonesia: Latar Belakang, Aksi dan Penumpasannya. Sekretaris Negara Republik Indonesia. Jakarta, 1994

Gopinath ,Aruna. Sejarah Politik Pahang. Dewan Bahasa dan Pustaka : Selangor. 1993

Hedler, Jeffrey . Sengketa Tiada Putus. Freedom Institute. Jakarta, 2010

Hegel , G.W.F, The Philosophy of History. Terj. Cuk Ananta Wijaya, Filsafat Sejarah, cetakan III. Pustaka Pelajar Offset: Yogyakarta, 2007.

Haji Manaf, Saffuan, Sejarah Raub: Pertalianya dengan Rao dan Pagarruyung, Alta.Co Sdn Bhd : Pahang, 2007.

Hasan, H.Ramli dkk, Tuanku Rao dan Rakyat Rao Melawan Penjajah, Suara Muhammadiyah : Yogyakarta, 2009.

Istiawan, Budi . Laporan Hasil Penelitian Prasasti Kubu Sutan Desa Lubuk Layang Kec Rao Kabupaten Pasaman : Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Wilayah Propinsi

Sumatera Barat-Riau. 1992

……Menguak Tabis Dharmasraya; Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Batusangkar Wilayah Kerja Propinsi Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau: 2011:14. Batusangkar

Ismail Zabidi Haji, Biografi Tokoh Rao, Published in Malaysia by Persatuan Karyawan Perak.Lee Sdn Bhd : Ipoh,Perak, 2012.

J. B. Neumann, J.B dalamNota : Betrefende De Onafhankelijke Landschaoen Mapat Toenggoel en Moeara SoengeiLolo IV Koto. Dimaut dalam : Taal, Land-en Bolkkende, Tijdschrif

Amran, DT. Jorajo voor Indische, Bataviaasch Genootschap van Kusten en

Wetenschappen, Deel XXIX, 1884 Onder Redactie Van J.E. Albrecht en D.Greth Wlik, W.Bruining Co.M.Nijhoff : Batavia, S.Hage,1884.

Kim, Kho Kay, Selangor Darul Ehsan Satu Persepsi Sejarah. Muzium Selangor Darul Ehsan. FS Sdn Bhd : Kuala Lumpur.1987

Kondo Marajo, Aboe Naim Sjafnir, Dt, Naskah Tuanku Imam Bonjol, Beranotasi, Lembaga Kajian Gerakan Padri : Padang, 2009.

Koentjaraningrat. Pengantar Ilmu Antropologi. PT.Rineka Cipta : Jakarta., 2000.

Kato, Tsuyosi, Adat Maingakabau dan Merantau Dalam Perspektif Sejarah. Terj: Gusti Asnan dkk. Balai Pustaka. Jakarta 2005

Kahin, Audrey, Dari Pembrontakan ke Integrasi Sumatera Barat dan Politik Indonesia 1926-1998, Yayasan Obor. Jakarta. 2005

………Pergolakan Daerah Pada Awal Kemerdekaan. PT.Pustaka Utami Grafit. Jakarta. 1990

Laporan Tahunan. Penerangan di Bawah Satu Bendera. Sumatera Tengah. Djawatan Penerangan Propinsi Sumatera Tengah.1954

Mansoer, MD dkk, Sedjarah Minangkabau, Bhratara : Djakarta, 1970.

Matroji. IPS, Sejarah Indonesia SLTP Jilid I Kelas I. PT Penerbit Erlangga : Jakarta2005

Orang Rao Dari Masa Klasik Hingga Kontemporer 503

Michel, Munoz Paul, Kerajaan-Kerajaan Awal Kepulauan Indonesia dan Semenanjung Malaysia. Mitra Abadi : Yogyakarta,2009

Majalah Adat dan kebudayaan Minangkabau, Limbago, yayasan Ranah Minang no.4 th 1987. PT.Mutiara Sumber Widya : Jakarta,1987.

Murodi, Sejarah Kebudayaan Islam. Untuk Madrasah Aliyah Kelas III. PT.Karya Toha Putra : Semarang, 2004

Manan, Abdul Imam Maulana Amin, Sejarah Ringkas Aulia Allah Al- Shalihin Syech Burhanuddin Ulakan. Transliterasi Adriyetti Amir. Edisi Khusu, Fakultas Satra Unand :

Padang, 2001

Maalif Fadlan, Lembaga Adat Nagari Talu, Adat Salingka Nagari Talu. Edisi I, Jalan : Merdeka No. 165 Talu Pasaman Barat Sumatera Barat. 2008.

Nur, Muhammad dkk. Dinamika Pelabuhan Air Bangis dalam lintasan sejarah Lokal Pasaman Barat. BKSNTP : Padang,2004

Navis, A.A. Alam Terkembang Jadi Guru. PT.Grafir Pers : Jakarta,1984

Naim Sjafnir, Aboe. Tuanku Imam Bonjol. Serakan Intelektual Islam Minangkabau 1884- 1832), ESA: Padang,2008

Naim, Muchtar. Merantau, Pola Migrasi Minangkabau. Gajah Mada University Press : Yogyakarta, 1984.

Ophuijse, C.A. Van Ophuijse, De Loeboes, Tijdschrif voor Indische, Taal-, Land-en Bolkkende, Uitgegeven Door Het : 504 Amran, DT. Jorajo

Bataviaasch Genootschap van Kusten en Wetenschappen, Deel XXIX, 1884. Onder Redactie Van J.E. Albrecht en D.Greth Wlik, W.Bruining Co.M.Nijhoff : Batavia, S.Hage,1884.

Parlindungan, . Ir. Mangaraja Onggang, Tuanku Rao, Suara Muhammadiyah : Yogyakarta 2009.

Poesponegoro, Marwati Djoened dkkTim Nasional Penulis Sejarah Indonesia, Sejarah Nasional Indonesia Jilid II. PT.Balai Pustaka : Jakarta, 1990.

Radjab, Muhammad, Perang Paderi di Sumatera Barat (1803-1838), P.N. Balai Pustaka : Djakarta, 1954

Reid, Anthony, Menuju Sejarah Sumatera, antara Indonesia dan Dunia, Jakarta : Yayasan Pustaka Obor,2011.

…….Sumatera Tempo Doeleo dari Marco Polo sampai Tan Malaka :. Komunitas Bambu.Jakarta, 1995.

Reclefs, M.C, Sejarah Indonesia Moderen, Terj: Dharmono Harjowijoyo. Gajah Mada Press. Yogyakarta. 2007

Rohana, Siti Rohana, SS dkk. Tuanku Rao Perannya dalam gerakan Perang Paderi, BKSNT :Padang, 2008

Russell, Bertrand, History of Philosophy and its Connection With Polotical anf Social Circumstances from the Earliest Times to the Present Day. Terj. Sigit Jatmiko dkk, Filsafat

Sejarah Barat dan kaitannya dengan kondisi Sosial Politik dari zaman Kuno hingga Sekarang. Cetakan II. Pustaka Pelajat Offset : Yogyakarta, 2004.

Sahur, Ahmad dkk ; Kolonisasi, Migrasi, Perubahan Sosial : . PT.Pustaka Grafika Kita: Jakarta. 1988

Orang Rao Dari Masa Klasik Hingga Kontemporer 505Sanggoeno Diradjo, Dt.Ibrahim, Tambo Alam Minangkabau. Kristal Multimedia :Bukit Tinggi,2009.

Samad, Talib dkk, Rao Disana Sini, Kumpulan makalah seminar Melayu Rao-Malaysia.2009. Printed by Intiprint.Sdn.Bhd : Ipoh, Perak, 2009.

Setianingsih, Rita Margaretha, Berkala Arkeologi Sangkhakala, Nomor 26, Balai Arkeologi Medan : Medan 2009.

Sjarifoedin Tj.A, Amir, Minangkabau dari Dinasti Iskandar Zulkarnain sampai Tuanku Imam Bonjol. PT. Gria Media Prima : Jakarta, 2011.

Sjamsuddin Helius Sjamsuddin, Seri Sejarah Indonesia. Perang Paderi. PT. Sanggabuwana : Bandung. 1976

Soedewo, Ery dkk, Laporan Penelitian Arkeologi. Jejak Peradaban Hindu-Budha di Daerah Aliran Sungai Batang Gadis Kabupaten Mandahiling Natal Propinsi Sumatera Utara.

Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional. Balar Medan : Medan 2010.

………., Berkala Arkeologi Sangkhakala, Vol.15 No.2. Laporan Penelitian Arkeologi di Simangambat. Balar Medan : Medan 2012.

Sugiharta, Sri, Kegiatan Keagamaan di Situs Koto Rao, Laporan kegiatan Ekskavasi candi Koto Rao, Batu Sangkar : BP3 Batu Sangkar, 2008

Syahmunir, Editor ; Alfan Miko, Pemerintahan Nagari dan Tanah Ulayat. Andalas University Press: Padang. 2006

Amran, DT. Jorajo Tim Nasional Penulisan Sejarah Indonesia, Sejarah Nasional

Indonesia Jilid II. Edisi terbaru. 2010.PT.Balai Pustaka :Jakarta, 2010.

Tim Penelitian Arkeologi Klasik, Laporan Penelitian Epigrafi dan Arsitektur di Sumatera Barat. Pusat Penelitian Arkelogi Nasional Departemen Pendidikan dan Kebudayaan :

Jakarta, 1992.

Tim Penulis Balai Arkeologi Medan: Sumatera Utara dalam Catatan Sejarah dan Arkeologi. Oleh Nenggih Susilowati Peranan Sungai Batang Gadis Bagi Mandahiling. 2014:199.

Penerbit Ombak.Yogyakarta.Toynbee, Arnold, Sejarah umat manusia. Uraian Analisis,

Kronologis,Naratif dan Komparatif. Pustaka Pelajar Offset:Yogyakarta, 2004

Undri, Orang Pasaman : Menelusuri Sejarah Masyarakat di Rantau Minangkabau. Lembaga Kajian Gerakan Paderi (1803-1838) : Padang 2009

Wiradnyana, Ketut, Berkala Arkeologi Sangkhakala, Vol.15 No.2 Th.2012, Sebaran Sumatralit sebagai Indikasi Jarak dan ruang Jelajah Pendukung Hoabinhian. Balai Arkeologi

Medan : Medan, 2012.

……….. Berkala Arkeologi Sangkhakala, Vol. XIV No.2 Th.2011, Lesung Batu, Cerminan Pandangan Hidup Masyarakat Batak Toba. Balai Arkeologi Medan : Medan, 2011.

Wolters, O. W. Kemaharajaan Maritim Sri Wijaya dan Perdagangan Dunia. Komunitas Bambu : Jakarta, 2011.

Wibowo,Fred : Kebudayaan Menggugat, Menuntut Perubahan Atas Sikap, Perilaku, serta Sistem Yang Tidak Orang Rao Dari Masa Klasik Hingga Kontemporer 507 Berkebudayaan. PINUS BOOK PUBLISHER. Yogyakarta 2007.

Yogi, A.Rifa’i Yogi. Dalam Sastra Minang (….) hal tahun hilang.Mutiara Sumber Media. Bukittinggi

Yusuf Rawa, Mujahid, Permata Dari Pulau Mutiara. Warathah Haji Yusuf Rawa Sdn Bhd.AngkatanZaim, Yahdi dan Aswan, AMERTA, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Arkeologi, The Impact of Coastal Line Developmentof the Jambi Area during Late Pleistocene-Recent on Decline of the Sriwijaya Kingdom Prosperity Jurnal Penelitian dan Pengembanga Arkeologi, Vol.30 No.2. Pusat Penelitian Dan Pengembangan Arkeologi Nasional

Kementrian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif : Jakarta, 2012.

Zed, Mestika, Menelusuri jejak Melayu Minangkabau. Yayasan Citra Budaya Indonesia. Padang,2002.

………Pemerintahan Darurat Republik Indonesia Sebuah Mata Rantai Sejarah Yang Terlupakan, Dewan Harian Daerah(DHD) Angkatan 45 Sumatera Barat, PT. Pustaka Utami Grfiti: Jakarta. 1997

Zubir, Zaiyardam : Budaya Konflik dan Jaringan Kekerasan ; Pendekatan Penyelesaian Berdasarkan Kearifan Lokal Minangkabau. INSISTP Press.Yogyakarta. 2010

Tambo dan Silsilah Tambo, Tambo Datuk Rajo Nan Bumi Tanjung Betung dan Datuk

Rajo Malintang Lubuk Layang, Tanpa penulis, Tidak di terbitkan dan Tanpa Tahun.

Amran, DT. Jorajo Tambo, Tambo Sejarah Sontang-Cubadak-Simpang Tonang. Tidak

di terbitkan disalin kembali oleh Arwin. Medan1997.

Tambo, Tambo Kerajaan dan Adat Negeri Rokan. Tanpa penulis dan belum pernah diterbitkan, Tanpa Tahun

Bahri, Akmal Dt, Majolelo. Sejarah Rajo Gadumbang Mangkubang Data dan Raji Tulas Sakti Muara Kiawai. Mangkubang Data 17 November 1999. Tidak di terbitkan.

Zein, Muhammad Syech H. Silsilah dan Sejarah ringkas Tuan Syech Said Nurdin bin Abdurauf Al Bagdadi, Ditulis di Rao 1996.Diperoleh dari Syafkan bin Tuan Syech H. Muhammad

Zein Tuan Syech Tampang yang menetap di Maro Tolang. Nur Effendi, Muhammad Tuan Syech Haji, Silsilah Tuan Syech

Haji Muhammad Said Datuk Rajo Mongguyang Sungai Ronyah. Sungai Ronyah wawancara 12 April 2010.

Yusri, Pemegang Silsilah Syech Muhammad Murid gelar Rajo Syahbandarrawi 03 Maret 2011.

Sumber Elektronik

Zainuddin, Muhammad Haji. Sejarah Meolaboh.diakses melalui: www.atjehcyber.net/sejarah diaksese pada tanggal 27 Mei 2012

McKinnon, E. Edwards, The Lost Candis of Rao. Di akses dari. http://Mandaihiling. Org. diaksese pada tanggal 12-04-2012

Pasraman adalah sekolah atau tempat pendidikan agama Hindu di Bali. Dikutip dari

http://pasraman sekolah Hindu. Diakses pada tanggal 21/05/2012.

Orang Rao Dari Masa Klasik Hingga Kontemporer 509 http://asal-usul bangsa Indonesia. Diakses tanggal 20 April 2012.

http://Nusantara Masa Prasejarah. Diakses tanggal 12 April 2012.

http://daftar suku-suku di Indonesia. Diakses tanggal 22/04/2012.

http://suku anak dalam Jambi. Di akses tanggal 22/04/2012.

http://bahasa sebagai Identitas bangsa. Diakses tanggal, 22/05/2012.

http://identitas suatu bangsa. Diakses tanggal, 22/05/2012.

http://Kalarahu. Diakses tanggal 23/05/2012:

http://sejarah Mandahiling.Wikipedia bahasa Indonesi, ensiklopedi bebas, diakses tanggal 14/03/2012

http://Raja Kinayan. Diakses tanggal 12/5/2012

http://sejarah Aceh. Diakses tanggal 12/05/2012

http://paska home.blogspot.com tanggal 12 Mei 2012

http://identitas Nasional Indonesia. Diakses pada tanggal 04 Juni 2012

http://Mandailing di Pasaman Barat”Topan Baday’s Blog. Diakses tanggal 14-03-2012

http://Mahkamah Konstitusi Putuskan Hutan Adat bukan Hutan Negara. Di akses pada tanggal 2 April 2015

Amran, DT. Jorajo http://biograsi Asrul Sani.co id. Diakses pada tanggal 13 April

http://biobses.com/penulis-94-uke_kurniawan_usman.html. Diakses pada tanggal 13 April 2015

http://rokan.org Laporan Ekspdesi Junaidi Syam. Di akses pada tanggal 12 April 2015

http://GUGUAK VIII KORO. RAO PAMASAN html. Diakses

Scroll to Top
×