Modul Pelatihan Pembuatan Abon Ikan Lele untuk UKM

Screenshot 2024-03-26 112036

Categories



Published

December 1, 2015

HOW TO CITE

Mukhamad Angwar, Ervika Rahayu N.H.

Keywords:

Modul Pelatihan, Makanan, UKM

Synopsis

Apakah Anda sedang menggeluti bisnis makanan abon, yaitu makanan yang terbuat dari serat daging hewan? Atau Anda ingin membuat abon dari daging ikan namun kurang mengetahui cara pembuatannya? Tak perlu khawatir, buku berjudul Modul Pelatihan Pembuatan Abon Ikan Lele untuk UKM yang berada di tangan Anda ini akan membantu Anda menemukan jawabannya. Modul ini cocok bagi Anda yang sedang menggeluti usaha pembuatan abon dari bahan baku daging ikan segar, khususnya ikan lele. Dengan membaca modul ini, Anda diharapkan dapat lebih memahami teknik pembuatan abon ikan lele sebelum mempraktikkannya. Tak hanya itu, modul yang merupakan hasil Litbang UPT Balai Pengembangan Proses dan Teknologi Kimia LIPI ini juga mengulas cara menentukan harga jual abon ikan lele dengan memperhitungkan beban biaya operasional. Lengkap, bukan? Jadi, tunggu apa lagi? Segera baca buku ini dan dapatkan wawasan baru tentang pembuatan abon ikan lele yang higienis dan efisien.   

References

Winarno, F.G., S. Fardiaz, dan D. Fardiaz. 1980. Pengantar Teknologi Pangan. Jakarta: Gramedia.

Dwiko, B. 2003. “Pengetahuan Bahan Olahan ternak, SNI dan HACCP.” Makalah disajikan pada acara Pertemuan Pengusaha Kecil dan Menengah Produk Hasil Ternak dan Petugas Inventarisasi Usaha dan Pengolahan Hasil Ternak se-Jawa Tengah. Ungaran, 26–27 Mei 2003.

Leksono, T., dan Syahrul. 2001. “Studi Mutu dan Penerimaan Konsumen terhadap Abon Ikan.” Jurnal Natura Indonesia 14(2): 299–312.

Lisdiana, F. 1997. Membuat Abon Ikan. Yogyakarta: Kanisius.

Prihartono, R.E. 2000. Mengatasi Permasalahan Budidaya Lele. Jakarta: Pene- bar Swadaya.

Scroll to Top
×