Budhi Gustiandi
Badan Riset dan Inovasi Nasional
DOI: https://doi.org/10.55981/brin.656
Keywords:
Bahasa Pemrogram, Komputer, Python
Synopsis
Salah satu permasalahan yang ditemui oleh para pemrogram pemula dalam mempelajari sebuah bahasa pemrograman baru adalah aspek teknis yang harus mereka persiapkan. Sebut saja, misalnya, aplikasi-aplikasi apa saja yang harus mereka pasang atau instal di komputer untuk menunjang pembelajaran mereka dan jargon-jargon apa saja yang harus mereka ketahui dalam memahami alur pembelajaran pada sebuah buku. Terkadang hal-hal “kecil” seperti inilah yang membuat para pembaca menjadi tidak betah dan menyerah dalam mempelajari sebuah bahasa pemrograman. Tentu saja hal-hal tersebut tidak akan Anda temui di dalam buku ini.
Anda akan dipandu untuk mempelajari bahasa pemrograman Python dengan pendekatan penjelasan istilah dan implementasi melalui analogi-analogi di dunia nyata. Tantangan-tantangan kecil disajikan di setiap langkahnya untuk memastikan Anda memahami setiap konsep yang diberikan dan siap untuk menerapkannya dalam proyek-proyek yang akan Anda bangun seiring Anda belajar. Mampukah Anda menguasai dasar-dasar dari bahasa pemrograman Python tanpa ada pengalaman membuat sebuah program sebelumnya? Dengan buku ini, Anda pasti bisa!
Author Biography
Budhi Gustiandi, Badan Riset dan Inovasi Nasional
Budhi Gustiandi setelah menyelesaikan jenjang pendidikan S1 di Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB), melanjutkan pendidikan S-2 di The University of Melbourne, Australia. Penulis mengambil program Master of Information Systems. Kembali ke tanah air, penulis bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), yang kemudian bergabung di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Hampir semua kegiatan yang penulis lakukan di institusi berkaitan dengan pemrograman, terutama yang berkaitan dengan proses akuisisi dan pengolahan data satelit pengindraan jauh yang diterima di Indonesia. Tidak kurang dari 50 publikasi di bidang pemrograman dan implementasinya di bidang pengindraan jauh telah penulis hasilkan, baik sendiri maupun bersama-sama tim, di lingkup nasional dan internasional.
References
divotomezove. (2021, 25 September). Sampah plastik, sampah, mendaur ulang. Pixabay. https://pixabay.com/id/illustrations/sampah-plastik-sampah-mendaur-ulang-6644673/.
Enterprise, J. (2016). Trik cepat menguasai pemrograman Python: Membantu Anda mempelajari pemrograman Python secara cepat dan mudah. Elex Media Komputindo.
Enterprise, J. (2017). Otodidak pemrograman Python: Referensi paling pas untuk menguasai Python. Elex Media Komputindo.
Enterprise, J. (2019). Python untuk programmer pemula: Buku bergizi untuk programmer pemula yang ingin mempelajari Python. Elex Media Komputindo.
fawaz-qureshi. 2023, 6 Juli. Kaca, jus, buah mangga. Pixabay. https://pixabay.com/id/illustrations/kaca-jus-buah-mangga-jusmangga-8108589/
Huda, A., & Ardi, N. (2020). Dasar-dasar pemrograman berbasis Python. UNP Press.
JUD. (2016). Pemrograman Python untuk pemula: Mengupas langkah demi langkah mengenal, menguasai & menggunakan pemrograman Python bagi para pemula. CV Jubilee Solusi Enterprise.
Mastrodomenico, R. (2022). The Python book. John Wiley and Sons Ltd.
mojzagrebinfo. 2014, 30 Juli. Tape, nature, apel. Pixabay. https://pixabay.com/id/photos/tape-apel-gelas-air-biru-diet-403590/
OpenClipart-Vectors. 2013, 13 Juli. Mangkuk anjing, baki, mangkuk. Pixabay. https://pixabay.com/id/vectors/mangkuk-anjing-bakimangkuk-merah-162044/
Penelope883. 2022, 10 Juni. Kopi, coffecup, cangkir. Pixabay. https://pixabay.com/id/photos/kopi-cangkir-minumpembakaran-7250123/
PDPics. (2014, 15 Juli). Dictionary, words, grammar image. Pixabay. https://pixabay.com/photos/dictionary-words-grammarabc-390055/
Python. (2023). Browse the docs online or download a copy of your own. https://www.python.org/doc/
Ragabz. 2021, 15 Januari. Kue, susu, chocolate chip cookie. Pixabay. https://pixabay.com/id/photos/kue-susu-chocolate-chipcookie- 5893040/
Rangkuti, Y. M., Al Idrus, S. I., & Tarigan, D. D. (2021). Pengantar pemrograman Python: Dilengkapi 200++ tutorial based on
Pycharm (R. R. Rerung (ed.)). Media Sains Indonesia.
Rastati, R. (2022). Metaverse, membangun kehidupan dalam dunia virtual: Menjanjikan tapi juga potensial bermasalah.
The Conversation. https://theconversation.com/metaversemembangun-kehidupan-dalam-dunia-virtual-menjanjikan-tapijuga-potensial-bermasalah-174547
Supardi, Y., & Dede. (2020). Semua bisa menjadi programmer Python: Case study. Elex Media Komputindo.