fbpx

Komunikasi Perusahaan Melalui Tulisan

submission_561_555_coverImage_en_US_t

Categories



Published

December 27, 2022

HOW TO CITE

Kemas Ferri Rahman
PT PLN (Persero)

DOI: https://doi.org/10.55981/brin.561

Keywords:

Kiat menulis, pidato perusahaan, rubrik perusahaan, artikel perusahaan, storyline video, teks poster, buku referensi, buku laporan debottlenecking, surat dan press release program kerja, Komunikasi Tertulis, Perusahaan, Gaya Komunikasi

Synopsis

Kemampuan menulis yang baik bisa menjadi sebuah nilai tambah bagi karyawan perusahaan. Karyawan sering dihadapkan pada tugas membuat berbagai tulisan pendek terkait komunikasi perusahaan, seperti membuat teks pidato, rubrik komunikasi, artikel opini, storyline video, teks poster, dan sebagainya. Buku ini akan memberikan panduan bagi karyawan dalam membuat berbagai format tulisan tersebut. Selain memberikan penjelasan yang singkat dan mudah dipahami, buku ini juga memberikan contoh dari setiap format tulisan yang dibahas. Contoh-contoh yang dipaparkan di dalam buku ini bisa secara langsung berfungsi sebagai pemandu bagi pembaca dalam melakukan praktik menulis.

Author Biography

Kemas Ferri Rahman, PT PLN (Persero)

Kemas Ferri Rahman, S.T., M.T. lahir di Muaradua, Sumatra Selatan pada 14 Mei 1990. Penulis diangkat menjadi Pegawai di PT PLN (Persero) per 1 September 2017 melalui Jalur Penerimaan S2. Penulis memiliki background pendidikan S1 IPB di Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan dan S2 ITB di Jurusan Teknik Lingkungan (tesis mengambil topik evaluasi SMK3/Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan masa studi 1,5 tahun).
Saat menulis buku ini, penulis ditempatkan di Bidang Change Management Communication (CMC) Divisi MPU (Manajemen Perubahan) PLN Pusat (per 1 November 2020), menjadi bagian dari tim yang mengawal Program Transformasi PLN. Sebelumnya, kurang lebih tiga tahun, penulis ditempatkan di Bidang K3 Divisi Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) PLN Pusat.
Hobi menulis yang sampai saat ini ditekuni sebetulnya telah dibekali dengan beragam kosakata dan contoh tulisan khas redaksi sejak penulis masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Ketika duduk di bangku SD, sewaktu belum mengenal internet dan di kota kelahirannya tidak ada toko buku, sumber literasi penulis adalah Koran Sumatera Ekspress dan Sriwijaya Post yang selalu tersedia di rumah hampir setiap hari (karena Ayah penulis berlangganan). Hal ini membuat penulis rutin ikut membaca tulisan dengan bahasa redaksi dan menggunakannya Kembali pada saat ada penugasan menulis mata pelajaran bahasa Indonesia.
Semasa menempuh pendidikan S1, penulis juga pernah memenangkan beberapa sayembara penulisan puisi, antara lain Pemenang ke-3 Sayembara Cipta Puisi Remaja Balai Bahasa Kemendikbud 2010, Pemenang Pertama Lomba Tulis Puisi IPB Art Contest (2011), dan Pemenang ke-2 Lomba Tulis Puisi Peksimida DKI Jakarta 2012.
Bagi penulis pribadi, ditempatkan di Bidang CMC Divisi MPU PLN Pusat tentu menjadi pengalaman tersendiri yang sangat bernilai positif untuk kariernya di PLN. Melalui bidang CMC inilah, penulis mendapatkan banyak informasi dan wawasan terkait implementasi seluruh program breakthrough atau terobosan Transformasi PLN yang mencakup semua proses bisnis yang ada di PLN Group, mulai dari proyek, pembangkitan, transmisi, distribusi, pelayanan pelanggan, hingga beyond kWh.
Di Bidang CMC Divisi MPU ini juga, penulis dapat terus menyalurkan hobi menulis dengan sangat intens. Sebab, salah satu tugas utama penulis yang dijalankan selama di Bidang CMC adalah menulis berbagai produk komunikasi tertulis, seperti BOD speech/message, rubrik, storyline, teks voice over, catatan biweekly meeting, laporan debottlenecking, narasi-narasi lain terkait transformasi, serta melakukan review berbagai produk komunikasi transformasi, seperti video, poster, dan infografis, terutama dari sisi tulisannya. Di tahun 2021, penulis menerbitkan sebuah Buku K3 yang berjudul Pohon Program Kerja K3 (ITB Press).

References

Ahmad. (2021). Pengertian mind mapping: Manfaat, jenis, teori, dan langkah membuatnya. Gramedia. https://www.gramedia.com/best-seller/pengertian-mind-mapping/

Annas, F. B. (2018). “Tips Menulis Artikel “Opini” di media cetak Kompas.” Faris Budiman Annas. https://farisb.com/2018/11/11/tips-menulis-artikel-opini-di-media-cetak-kompas/

Ansoriyah, S., & Purwahida, R. (2018). Menulis populer. Remaja Rosdakarya.

Atthariq, R. (2021). Ciri-ciri poster: Pengertian, jenis, dan fungsi. Gramedia Blog. https://www.gramedia.com/best-seller/ciri-ciri-poster/#Ciri-Ciri_Poster

Azwar. (2018). 4 pilar jurnalistik. Prenadamedia Group.

Buku referensi, beginilah pedoman penulisannya. (2016, 26 Februari). Duniadosen. https://www.duniadosen.com/buku-referensi-m7/

Cara membuat poster menarik dengan mudah. (2018, 27 September). Fastwork. https://fastwork.id/blog/cara-membuat-poster/

Fatihudin, D., & Holisin, I. (2015). Mahir menulis karya ilmiah. Zifatama. http://repository.um-surabaya.ac.id/3363/2/3._Hasil_Plagiasi_Mahir_Menulis_Karya_Ilmiah.pdf

Hariri, R. (2018, 24 September). Storyline, moodboard, storyboard. emang beda ya? Ya iya lah!. Linkedin. https://id.linkedin.com/pulse/storyline-moodboard-storyboard-emang-beda-ya-iya-lah-ridwan-hariri

Ibnu. (2021, 22 April). Newsletter adalah: Pengertian dan alasan kenapa anda harus menggunakannya,” Accurate. https://accurate.id/marketingmanajemen/newsletter-adalah/

Iriantara, Y. (2015). Modul 1 komunikasi bisnis. Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/4767/1/EKMA4159-M1.pdf

Juwito. (2008). Menulis berita dan feature’s. UPN Jatim. http://eprints.upnjatim.ac.id/3071/2/Menulis_berita_dan_features_edit.pdf

Karaksa Media Partner (2021, 16 Juni). Mengenal 5S dalam budaya kerja Jepang. Ohayo Jepang. https://ohayojepang.kompas.com/read/1519/mengenal-5s-dalambudaya-kerja-jepang?page=all

Khakim, N. (t.t.). Proses pembuatan konten video. Kementerian Kelautan dan Perikanan. Diakses pada 11 Desember 2022 dari https://kkp.go.id/an-component/media/upload-gambar-pendukung/DitJaskel/workshop/orientasi%20kehumasan/7%20Videography.pdf

Kurniawan, A. (2022, 29 November). Pengertian artikel adalah – ciri, fungsi, tujuan, jenis. Gurupendidikan.com. https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-artikel/

Mahesa, Y. (2021). Komunikasi bisnis: Pengertian, jenis, contoh, pentingnya. Belajar Ekonomi. https://belajarekonomi.com/komunikasi-bisnis-pengertian-jenis-contoh-pentingnya/

Mas, S. R., & Haris, I. (2020). Komunikasi dalam organisasi: Teori dan aplikasi. UNG Press. https://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/5615/Sitti-Roskina-Mas-Buku-Komunikasi-Dalam-Organisasi-Teori-dan-Aplikasi.pdf

Panduan menulis tech in Asia Indonesia. (t.t.) Tech in Asia. Diakses pada 11 Desember 2022 dari https://id.techinasia.com/panduan-menulis-tech-in-asia-indonesia

Rahman, K. F. (2021). Pohon program kerja K3. ITB Press.

Ratna, Y. (2017). Public speaking training 9-10 Agustus 2017. Telkom PCC Bandung. https://hr.telkomuniversity.ac.id/juhuvec/uploads/2018/05/materi-pelatihan-public-speaking.pdf

Restu. (t.t.). Pengertian, macam, dan contoh press release. Diakses pada 11 Desember 2022 dari https://www.gramedia.com/literasi/press-release/

Riinawati. (2019). Pengantar teori manajemen komunikasi dan organisasi. Pustaka Baru.

Sabat, O. (2021, 17 September). 11 Contoh teks artikel serta langkah-langkah penulisannya. Detikedu. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5728385/11-contoh-teks-artikel-serta-langkah-langkah-penulisannya

Sabila, A. (2015). Kemampuan berpidato dengan metode ekstemporan. Jurnal Pesona, 1(1), 28–41. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Muhammadiyah Pringsewu. https://core.ac.uk/download/pdf/229584059.pdf

Salma. (2022, 4 Februari). 300+ kata baku dan tidak baku yang sering dipakai dan salah. Deepublish. https://penerbitdeepublish.com/kata-baku-dan-tidak-baku/

Satrijono, W. (2018). My leadership wisdom: Sebuah pembelajaran kepemimpinan dari inspirasi perjalanan hidup. PLN Pusdiklat.

Sihabuddin. (2019). Terampil berbicara dan menulis. Araska Publisher.

Soedarso, S. W. (2019). Kapita selekta manajemen. Pustaka Fahima.

Soedarso, S. W. (2018). Manajemen kinerja dan globalisasi. Pustaka Fahima.

Sumartono, & Astuti, H. (2019). Penggunaan poster sebagai media komunikasi kesehatan. Universitas Esa Unggul. https://www.esaunggul.ac.id/wp-content/uploads/2019/03/2.-Penggunaan-Poster-Sebagai-Media-Komunikasi-Kesehatan.pdf

Tim Pengembang Pedoman Bahasa Indonesia. (2016). Pedoman umum ejaan bahasa Indonesia. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/sites/default/files/PUEBI.pdf

Tips praktis menulis buku ajar dan buku referensi dalam 8 pekan (lanjutan). (2020, 12 Februari). Duniadosen.com. https://www.duniadosen.com/tips-praktis-menulis-buku-ajar-dan-buku-referensi-dalam-8-pekan-lanjutan/

Widiawati, A. (2020, 10 Desember). Cara mudah membuat mind mapping, hanya 6 langkah!. Deepublishstore. https://penerbitbukudeepublish.com/cara-membuat-mind-mapping/

Wisnuhardana, A. (2019). Anak muda & medsos. Gramedia Pustaka Utama.

Yudhistira. (2020, 29 September). Huruf kapital pada judul dan nama merek. Narabahasa. https://narabahasa.id/linguistik-umum/ejaan/huruf-kapital-pada-judul-dan-nama-merek

Scroll to Top
×