Agus E. Nugroho, Latif Adam, Bahtiar Rifai, Rita Pawestri, Tuti Ermawati, Yeni Septia, Chitra Indah Yuliana
Keywords:
UMKM, Indonesia, Kredit Usaha Rakyat
Synopsis
Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan program pemerintah yang telah dilaksanakan sejak tahun 2007. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan akses usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang secara operasional layak (feasible), tetapi belum bankable terhadap kredit perbankan. Selain itu, program tersebut juga bertujuan memperluas kesempatan kerja dalam rangka penanggulangan kemiskinan. Dalam perjalanannya, penyaluran kredit program KUR kepada UMKM tidaklah mudah. Salah satunya adanya kekhawatiran pihak perbankan bahwa UMKM tidak dapat melunasi kredit. Lalu bagaimana langkah pemerintah sebagai otoritas pembuat kebijakan dalam menyikapi permasalahan itu? Tentunya ini berkaitan dengan pihak perbankan sebagai penyalur program tersebut. Meski demikian, Program KUR ini merupakan wujud nyata upaya Pemerintah Indonesia dalam mendorong pengembangan UMKM melalui aksesibilitas terhadap kredit skala kecil. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai pelaksanaan program KUR, Anda dapat menemukannya di dalam bunga rampai ini.
References
Charitonenko, S., & Afwan, I. (2003). Commercialization of micro – nance: Indonesia. Manila: ADB.
Christen, R. P. (2001). Commercialization and mission drift: e transfor- mation of micro nance in Latin America. Washington, D.C.: Con- sultative Group to Assist the Poorest (CGAP), Occasional Paper 5.
Fernando, J. L. (Ed.). (2006). Micro nance perils and prospects. London and New York: Routledge.
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. (2011). Perkembangan KUR tahun 2010. Jakarta.
Kementerian Koordinasi Kesejahteraan Rakyat. (2010). Program pengem- bangan keuangan mikro di Indonesia. Jakarta.
Martowijoyo, S. (2007). Indonesian micro nance at the crossroads, caught between popular and populist policies. Maryland, USA: CGAP and IRIS Center, the University of Maryland.
Nugroho, A. E. (Ed.). (2011). Program PNPM mandiri perdesaan dan reproduksi modal sosial. Jakarta: LIPI Press.
Nugroho, A. E. (2011) Micro nance development in Indonesia: Market segmentation, sosial capital and welfare-outreach to the poor in rural Java. Saarbrucken: Lambert Academic Publishing.
Robinson, M. S. (2002). Micro nance revolution: Lesson from Indonesia, Volume 2, Washington, D.C.: e World Bank.
Zeller, M., & Meyer, R. L. (Eds.). (2002). e triangle of micro nance: Financial sustainability, outreach and impact. Baltimore: e Johns Hopkins University Press.