Indonesia Emas Berkelanjutan 2045: Kumpulan Pemikiran Pelajar Indonesia Sedunia Seri 5 Pendidikan

Screenshot (245)

Categories

, ,

Published

August 3, 2021

HOW TO CITE

Afifah Muharikah (ed)

Griffith University

Athifah Utami (ed)

Instituto Politécnico de Lisboa

Randi Proska Sandra (ed)

National Central University

DOI: https://doi.org/10.14203/press.374

Keywords:

Indonesia, Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Pendidikan

Synopsis

LIPI Press berkolaborasi dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia menerbitkan rangkaian buku seri Indonesia Emas Berkelanjutan 2045: Kumpulan Pemikiran Pelajar Indonesia Sedunia. Rangkaian bunga rampai ini terdiri dari 12 buku dengan sejumlah topik yang mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) untuk mencapai tujuan Indonesia Emas 2045. Buku ini merupakan seri kelima dari rangkaian tersebut. Seri Pendidikan mendukung poin ke-4 SDGs, yakni “memastikan kualitas pendidikan yang inklusif dan merata, serta mendukung kesempatan belajar sepanjang hayat bagi semua”. Bunga rampai ini terbagi menjadi empat subtema, yaitu pendidikan menengah dan dasar, pendidikan literasi dan numerasi, pendidikan vokasi/kejuruan, dan pendidikan anak usia dini (PAUD) dan inklusif. Keempat subtema tersebut merupakan bagian dari bidang pendidikan yang penting untuk diperhatikan dalam penyusunan dan perumusan arah kebijakan di masa mendatang untuk tercapainya tujuan Indonesia Emas 2045.

Buku ini diharapkan dapat menjadi bacaan yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia, khususnya para pemangku kepentingan di bidang pendidikan dan para pengajar di semua jenjang pendidikan. Temukan beragam sudut pandang terkait upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia dari para penulis yang merupakan aktor pendidikan yang berperan sebagai para pelajar Indonesia di luar negeri. Selamat membaca!

Chapters

SEKILAS PANDANG TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN NOMOR 4

Afifah Muharikah

PENDIDIKAN ANAK PADA KONDISI DARURAT: ADAPTASI KURIKULUM PADA MASA PANDEMI COVID-19

Junjun Muhamad Ramdani

TANTANGAN INTEGRASI DAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PENGUATAN KARAKTER DI KEBIJAKAN PENDIDIKAN MERDEKA BELAJAR

Nur Laili Maftukhah, Aulia Ariani

PENGEMBANGAN PROFESI GURU DI DAERAH 3T: TANTANGAN DAN UPAYA

Siti Fadlilah, Naufal Rizkulloh, Sahirul Alim

MENEROPONG MASA DEPAN PENDIDIKAN 3

TSunarto Natsir

KOMPARASI DAN ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NEGARA-NEGARA PERAIH PERINGKAT PISA TERTINGGI

Muhammad Aswin Rangkuti

MENGGAGAS REVOLUSI LITERASI DAN NUMERASI

Kevin Mandira Limanta

PROGRAM PENDIDIKAN DAN INTERVENSI PENGAJARAN DALAM USAHA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI ANTAR JENJANG PENDIDIKAN DI INDONESIA

Rania Chairunnisa Qisti, Fatimah Azzahra Syaukah, M. Rinaldy Usni Pratama

PROGRAM PENDIDIKAN DAN INTERVENSI PENGAJARAN DALAM USAHA MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI ANTARJENJANG DI INDONESIA

Sary Matualesy

EVALUASI DIGITALISASI PENDIDIKAN DAN KESIAPANNYA DALAM MENDORONG AKSELERASI KOMPETENSI BERBASIS TIK

Randi Proska Sandra

KIBLAT LOKAL SEBAGAI ARAH ACUAN PELATIHAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER

Diah Febri Utami

PROGRAM PENDIDIKAN VOKASI UNTUK KESIAPAN KERJA DI INDONESIA: KESELARASAN KURIKULUM PENGAJARAN DENGAN KEBUTUHAN INDUSTRI

Nur Musyafak

PERLUASAN DAN PEMERATAAN AKSESIBILITAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD): BENARKAH SUDAH MENJADI PRIORITAS?

Athifah Utami

PERAN KELUARGA, KOMUNITAS, DAN PEMERINTAH DALAM KESIAPAN PENDIDIKAN ANAK PRASEKOLAH

Anita Mediana, Amelya Dwi Astuti

PARADIGMA PENDIDIKAN INKLUSI BERDASARKAN RISET BEREPUTASI TINGGI TAHUN 2010–2020: REKOMENDASI ARAH KEBIJAKAN INFRASTRUKTUR PENDIDIKAN INKLUSI DI INDONESIA

Darmawansah, Muhammad Altalarik Anugrah, Nizam Alfarisy

PERAN CIVITAS ACADEMICA DALAM PENINGKATAN AKSES PENDIDIKAN BAGI MAHASISWA PENYANDANG DISABILITAS DI PERGURUAN TINGGI

Afifah Muharikah

MENEROPONG ARAH KEMAJUAN PENDIDIKAN INDONESIA 2045: SIAPKAH KITA BERGERAK MAJU?

Afifah Muharikah, Athifah Utami , Randi Proska Sandra

Author Biographies

Afifah Muharikah, Griffith University

Afifah Muharikah merupakan mahasiswi S-3 di Griffith University, Australia, di bawah sponsor Australian Awards Indonesia di bidang komunikasi bahasa kedua individu dengan spektrum autis. Ia merupakan anggota PPI Australia dan PPI Kawasan Asiania yang juga menjabat Ketua Komisi Pendidikan PPI Dunia. Ia merupakan relawan pengajar di Balai Bahasa dan Budaya Queensland yang aktif mengirim relawan pengajar untuk mengajar bahasa Indonesia di sekolah publik Australia dan kepala sekolah sebuah taman pendidikan Al-Qur’an untuk anak-anak di bawah naungan Indonesian Islamic Brisbane Society di Queensland. Di Tanah Air, ia merupakan dosen di Politeknik Negeri Jakarta). Ia dapat dihubungi di muharikah.afifah@gmail.com.

Athifah Utami , Instituto Politécnico de Lisboa

Athifah Utami merupakan mahasiswi joint-master di Eropa yang sebelumnya berprofesi sebagai guru di sekolah swasta di Jakarta dan Palembang. Mengajar mata pelajaran english as a second language (ESL), social study, dan science. Selain mengajar, ia aktif melakukan riset yang berfokus pada area pendidikan inklusif, media belajar, integrasi teknologi di kelas, dan pembelajaran bahasa Inggris. Beberapa hasil risetnya telah dipaparkan dalam konferensi nasional dan internasional serta dipublikasikan di jurnal nasional dan terbit dalam salah satu bab buku yang berjudul International Perspectives on Modern Developments in Early Childhood Education. Selama menjalani program magister, beliau juga aktif ikut serta dalam kegiatan magang untuk pengajaran kelas musik dan bahasa Inggris di bawah program Trinity College London Music of School dan sedang tergabung dalam tim riset IN2 Play di Instituto Politécnico de Lisboa, Portugal. Ia dapat dihubungi di athifah.utami@outlook.com

Randi Proska Sandra, National Central University

Randi Proska Sandra merupakan mahasiswa program master di Graduate Institute of Network Learning and Technology, National Central University, Republic of China (R.O.C)/Taiwan. Randi saat ini sedang menjalankan studi tentang perubahan metakognisi peserta didik dalam pembelajaran daring di tingkat perguruan tinggi dengan melibatkan integrasi teknologi natural language processing (NLP). Penulis adalah Wakil Ketua 1 Komisi Pendidikan PPI Dunia. Selain itu, ia diamanahi menjadi Koordinator Media dan Komunikasi, Forum Mahasiswa Muslim Indonesia di Taiwan (Formmit). Di Indonesia, Randi juga diamanahi menjadi anggota Divisi Pengembangan Alumni Yayasan Forum Indonesia Muda dan sebagai pendiri Meetscholar Foundation (meetscholar.com) sebuah organisasi not-for-profit yang bertujuan untuk pengembangan pemuda di bidang pendidikan dan sosial. Ia dapat dihubungi di randiproska@gmail.com

Junjun Muhamad Ramdani, University of New South Wales

Junjun Muhamad Ramdani merupakan dosen pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Ia memperoleh gelar sarjana dalam bidang pendidikan bahasa Inggris dari Universitas Siliwangi (2010) dan magister pendidikan dalam bidang yang sama dari Universitas Sebelas Maret (2013). Saat ini, ia adalah kandidat PhD di School of Education, University of New South Wales, Australia. Ia juga menjabat wakil divisi bidang akademik dan kajian di PPI Australia. Beberapa hasil penelitiannya telah diterbitkan pada jurnal-jurnal internasional bereputasi, antara lain Journal of Education for Teaching (Routledge), Language Education and Acquisition Research Network, dan Indonesian Journal of Applied Linguistics.

Nur Laili Maftukhah

Nur Laili Maftukhah adalah seorang mahasiswi S-1 di Jurusan Syari’ah Islamiyah Fakultas Dirasat Islamiyah Universitas Al Azhar Kairo, Mesir. Dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia, perempuan asal Semarang ini tergabung dalam Komisi Pendidikan di bidang Divisi Penelitian dan Kajian (Ditlitka). Laili Maftukhah dapat dihubungi melalui e-mail maftukhahlaili96@gmail.com

Siti Fadlilah, Kao Yuan University

Siti Fadlilah merupakan mahasiswi aktif yang sedang menempuh pendidikan S-1 di Taiwan. Ia cukup aktif dalam berbagai kegiatan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Kaohsiung dan Taiwan. Selain itu, ia menjadi pelopor Perkumpulan Mahasiswa Indonesia di kampusnya, yakni Kao Yuan University. Selain aktif di organisasi, ia gemar traveling ke berbagai tempat menarik di Taiwan. Beliau dapat dihubungi di sitifadlilah70@gmail.com

Sunarto Natsir, Anadolu University

Sunarto Natsir adalah seorang mahasiswa S-2 Jurusan Management Pendidikan di Anadolu University, Turki. Selain aktif sebagai mahasiswa, dia aktif dalam kegiatan organisasi dan kegiatan sosial kemanusiaan. Ketertarikannya di bidang pendidikan, khususnya daerah 3T, dimulai pada saat dia menjadi pengajar di SMP Negeri 7 Budong-budong, Mamuju Tengah. Sekolah ini termasuk sekolah terpencil. Sementara itu, dia sering menulis tentang artikel pendidikan dan mengirimkannya ke berbagai media massa di Sulawesi Barat. Pada 2019, dia menulis buku Menguak Rahasia Pendidikan di Jepang berdasarkan pada pengalaman studi bandingnya di beberapa sekolah yang ada di Jepang. Ia dapat dihubungi di Sunarto.ind@gmail.com

Muhammad Aswin Rangkuti, University of Copenhagen

Muhammad Aswin Rangkuti merupakan pengajar di Jurusan Fisika Universitas Negeri Medan, Indonesia. Ia sedang menempuh jenjang pendidikan doktor di University of Copenhagen, Denmark, di bidang didactics of physics. Beberapa publikasinya berfokus pada analisis dan strategi dalam memecahkan kesulitan belajar fisika. Tema penelitian ini juga dilaksanakan penulis saat ini di jenjang doktoral dengan menyelidiki kesulitan belajar siswa pada materi gelombang. Penulis, bersama beberapa peneliti, kini sedang mengembangkan riset pengembangan bahan ajar fisika antardisiplin berbasis science, technology, engineering, and mathematics (STEM) untuk pembelajar biologi dan kimia.

Kevin Mandira Limanta, University of New South Wales

Kevin Mandira Limanta merupakan mahasiswa S3 tahun terakhir bidang matematika murni di School of Mathematics and Statistics, UNSW Sydney. Penulis tergabung sebagai bagian dari Komite Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) UNSW, Komite UNSW ASEAN Society, dan merupakan anggota PPI Australia. Penulis kerap menuangkan pikirannya di laman pribadi penulis di www.kevinlimanta.com. Dia dapat dihubungi di k.limanta@hotmail.com.

Rania Chairunnisa Qisti, Universiti Putra Malaysia

Rania Chairunnisa Qisti adalah mahasiswi Jurusan Komunikasi di Universiti Putra Malaysia. Dia memiliki berbagai pengalaman organisasi sejak masanya sebagai Wakil Sekretaris Jenderal pada 2020–2021 di Persatuan Pelajar Indonesia Malaysia (PPIM), anggota Direktorat Penelitian dan Kajian di Komisi Pendidikan Persatuan Pelajar Indonesia Dunia tahun 2020–2021 (PPI Dunia), serta Dewan Penasihat di Persatuan Pelajar Indonesia Malaysia tahun 2021–2022 (PPIM). Ia secara rutin menangani kegiatan sosial dan akademik di organisasi, juga memiliki keterampilan mengajar dan pendampingan. Hal ini terlihat dari masanya sebagai mentor Tahfidz di Yordania, juga masanya sebagai guru paruh waktu di Sekolah Dasar Bening Indonesia. Dia juga secara teratur diundang sebagai pembicara dan pembawa acara untuk berbagai webinar.

Sary Matualesy, University of South Wales

Sary Matualesy, seorang psikolog klinis anak yang menyelesaikan pendidikan master di Jurusan Behaviour Analysis and Therapy di University of South Wales, United Kingdom untuk menjadi seorang BCBA (Board Certified Behavior Analyst) pada 2018, kemudian dilanjutkan dengan praktikum selama 1,5 tahun di universitas yang sama. Keahlian dan minatnya dalam implementasi ABA di bidang intervensi anak berkebutuhan khusus telah menyatukannya dengan delapan orang kolega behaviour analyst untuk membangun sebuah komunitas yang bernama Agents of Behaviour Change (ABC). Bersama dengan tim ABC, ia membuat gerakan menyebarluaskan pemahaman pendekatan intervensi ABA yang berbasis bukti. Salah satu kegiatan ABC adalah bekerjasama dengan Universitas Indonesia mengembangkan pendidikan applied behaviour analysis pada program master dan membangun pusat intervensi autisme untuk anak usia dini. Ia dapat dihubungi di sary.matualesy@gmail.com

Diah Febri Utami, Vienna University

Diah Febri Utami merupakan mahasiswa Filsafat dan Cognitive Science, Vienna University, Austria, dengan fokus Philosophy of Mind dan Philosophy of Technology. Utami menjadi salah satu pemakalah pada Simposium Nasional Filsafat Nusantara yang digagas Fakultas Filsafat, UGM, pada November 2020 dengan materi seputar direct perception terhadap antropomorfisasi robot yang dapat menimbulkan erosi-persepsi. Karya terbaru adalah Filsafat Manusia Waria di Yogyakarta serta Mozaik Filsafat; di situ Utami menulis relasi antara sains dan magi. Saat ini Utami terlibat dalam penelitian The Intelligence of Motor Control yang berfokus pada independensi representasi motorik sebuah aksi terhadap intensi serta mempersiapkan tesis terbarunya dengan tema “body: machines-evolution and technology”. Ia dapat dihubungi di utamid90@univie.ac.at.

Nur Musyafak, Central China Normal University

Nur Musyafak adalah wakil ketua umum PPI Tiongkok. Sekarang ia sedang menempuh pendidikan doktor Jurusan Linguistic and Applied linguistic di Central China Normal University, Wuhan. Sebelumnya, ia mengenyam pendidikan strata satu di Huaqiao University, Xiamen, dan master di Universitas Nurul Jadid Probolinggo. Beberapa tahun terakhir, ia telah memublikasikan tulisan dengan judul: “Chinese Learning Anxiety on Foreign Students”, “Chinese Pesantren and China’s Acceptance to Islam A study on Counseling Spirit in Chinese Pesantren Hu Dengzhou Jingtang Jiaoyu”, “习经院职业学校的合作扩展与汉语课程的设置:以新光(Nurul Jadid)习经院职业高中为例”, dan sebagainya. Ia dapat dihubungi di nurmusyafak29@gmail.com

Anita Mediana, University of Glasgow

Anita Mediana merupakan mahasiswa S-2 Jurusan TESOL (Teaching English to Speakers of Other Languages) di University of Glasgow, UK. Penulis terlibat sebagai pengurus dalam divisi Development, PPI Greater Glasgow, UK. Penulis merupakan salah satu moderator Webinar Studi dan Beasiswa 100 Jam yang diselenggarakan PPI Dunia pada 2020. Ia merupakan salah satu penulis dalam buku Aku dan Indonesiaku yang diselenggarakan PPI TV pada 2020. Di awal 2021, ia juga salah satu penulis sebuah buku dengan judul 8/21: Sebuah Catatan Perjalanan seleksi beasiswa pendidikan Indonesia LPDP dari Hulu ke Hilir. Penulis dapat dihubungi melalui alamat surel anitamediana96@gmail.com

Darmawansah, Institute of Digital Learning and Education, Taiwan Tech

Darmawansah adalah seorang guru yang memiliki pengalaman mengajar di beberapa institusi pendidikan sejak 2010. Pengalaman terakhirnya adalah sebagai wakil kepala sekolah di sebuah SMA swasta di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Selain sebagai guru, ia aktif sebagai sekretaris di MGMP Bahasa Inggris dan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Samarinda. Pada 2018, beliau melanjutkan pendidikan ke jenjang pascasarjana (S-2) di Universitas Negeri Yogyakarta dan National Central University, Taiwan (dual degree program) dengan beasiswa penuh dari Kemendikbud Republik Indonesia. Hasil penelitiannya tentang online learning, dan gamification sudah dipublikasikan diberbagai jurnal ilmiah. Saat ini menjadi mahasiswa PhD di Graduate Institute of Digital Learning and Education, Taiwan Tech, dengan fokus penelitian tentang AI, robot, dan visual argumentasi dalam pembelajaran STEM dan bahasa asing. Ia dapat dihubungi di darmawansahlavoe@gmail.com

Aulia Ariani, University of Glasgow

Aulia Ariani adalah pembelajar sepanjang hayat. Saat ini, ia sedang menempuh pendidikan S-2 Pendidikan Dewasa dengan fokus Isu-isu Kritis, Kebijakan, dan Kurikulum di University of Glasgow, University of Malta, dan Tallinn University. Sebelumnya, ia banyak berkutat pada dunia pendidikan di komunitas, terutama komunitas pinggiran sungai dan pesisir pantai. Aulia dapat dihubungi melalui e-mailauliaarianira@gmail.com

Amelya Dwi Astuti, University of Glasgow

Amelya Dwi Astuti merupakan mahasiswa program International Master in Adult Education for Social Change (IMAESC) di University of Glasgow (UK), Maynooth University (Irlandia), Tallinn University (Estonia), dan Open University of Cyprus (Cyprus). Kepala bidang Aksi Sosial PPI Dunia 2020–2021 ini telah beberapa tahun berkecimpung di dunia pendidikan dan sosial, di antaranya sebagai salah satu perintis program Serambi Inspirasi, sebuah program pendidikan untuk anak-anak pemulung di Bantar Gebang dari Dompet Dhuafa Volunteer Jabodetabek karena ia percaya bahwa lingkungan berperan penting untuk tumbuh kembang anak. Penulis dapat dihubungi melalui alamat surel amelya.dwia@gmail.com.

Naufal Rizkulloh, Mangalore University

Naufal Rizkulloh merupakan mahasiswa lulusan Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu universitas di Kota Bogor. Saat ini ia sedang menyelesaikan studi magister di Mangalore University, India. Selama masa perkuliahan, ia aktif dalam organisasi kemahasiswaan. Hal ini terlihat dari masanya sebagai Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Sekretaris Umum Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris Se-Indonesia Wilayah Jabar-Banten, Pengurus Cabang PMII Kota Bogor 2019–2021, Kepala Dewan Pengawas PPI India 2019–2020, Kepala Departemen Pendidikan dan Kajian PCINU India 2020–2021, serta sebagai Manajer Community Relations Radio PPI Dunia 2020–2021. Selain itu, ia ikut serta membangun pendidikan yang ada di Indonesia dengan menjadi Co-Founder @Scholarship4us, menjadi pembicara seminar, diskusi taman, advokasi guru, dan pengajar anak-anak daerah pedalaman Kabupaten Bogor. Ia dapat dihubungi di noval.rizky13@gmail.com.

Fatimah Azzahra Syaukah, King Abdulaziz University

Fatimah Azzahra Syaukah merupakan mahasiswi S-1 Jurusan Syari’ah dan Studi Islam di King Abdulaziz University. Pada 2020, ia telah menyelesaikan pendidikan diploma bahasa Arab di Arabic Language Institute for Speakers of Other Language di kampus yang sama dan menyelesaikan rangkaian pelatihan duta besar dengan predikat Excellent yang diselenggarakan oleh King Abdulaziz University, Umm Al-Qura University, dan The Isaad Waqf Centre Foundation. Ia merupakan guru paruh waktu di SDIT Wahdah Islamiyah 01, Tahfidz Ulul ‘Ilmi, dan Markaz Tahfidz Al-Aqsha. Ia juga aktif berkontribusi dalam berbagai kegiatan sosial dan akademik sejak masanya sebagai anggota Komisi Pendidikan PPI Dunia 2020–2021, Dewan Penasihat Aliansi Keputrian Timur Tengah dan Afrika (PPI AKTA) 2020–2021, dan Divisi Media Raidah PPMI Arab Saudi tahun 2019–2021

M. Rinaldy Usni Pratama, Philadelphia University

M. Rinaldy Usni Pratama adalah mahasiswa magister Jurusan Bahasa dan Sastra Arab di Universitas Philadelphia, Yordania. Pada 2020, merupakan tahun pertamanya bergabung di organisasi di tingkat Internasional menjadi anggota Direktorat Penelitian dan Kajian di Komisi Pendidikan Persatuan Pelajar Indonesia Dunia tahun 2021–2022 (PPI Dunia).

Sahirul Alim, International University of Africa

Sahirul Alim merupakan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di International University of Africa, Sudan. Selain aktif di kegiatan perkuliahan, ia aktif di berbagai kegiatan kampus yang sering ia adakan bersama mahasiswa Indonesia lainnya. Selain aktif di kampus, ia aktif di organisasi kemahasiswaan di wilayahnya. Hal ini dapat dilihat pada partisipasinya menjadi Kordinator Biro Kajian dan Pengembangan Keilmuan PPI Sudan 2020–2021, Sekretaris KMB Sudan 2020–2021, dan Ketua MPA Sudan 2021–2022. Ia dapat dihubungi di sahirulalim37@gmail.com

Muhammad Altalarik Anugrah, Management and Science University

Muhammad Altalarik Anugrah alias Alta merupakan mahasiswa di salah satu kampus yang berada di negeri jiran, beliau mendapatkan full beasiswa dari sekolah asalnya, yaitu Assalam Islamic Boarding School, pada 2019. Semasa sekolah, ia mendapat amanah untuk menjadi bagian informasi di salah satu organisasi yang bernama OPPMA (Organisasi Pelajar Pondok Modern Assalam) dan menjadi siswa terbaik dalam praktik mengajar pada 2018. Tidak langsung melanjutkan studinya di jenjang perguruan tinggi, melainkan ia mengajar selama kurang-lebih satu setengah tahun sebagai guru bahasa Arab dan Inggris di sekolahnya. Dari situlah saudara mulai mengembangkan bahasa Inggrisnya dan akhirnya ia bisa melanjutkan studinya di salah satu kampus ternama di Malaysia, yaitu Management and Science University (MSU). Ia dapat dihubungi di altalarikanugrah@gmail.com

Nizam Alfarisy, University of Africa

Nizam Alfarisy adalah seorang mahasiswa asal Bengkulu yang sekarang sedang menempuh pendidikan S-1 di International University of Africa, Sudan, melalui jalur beasiswa kementerian Agama Republik Indonesia. Selain sebagai mahasiswa, ia aktif di berbagai organisasi, seperti BEM IUA, PPI Sudan, dan Komisi Pendidikan PPI Dunia. Ia juga terlibat sebagai pengurus di sebuah platform pendidikan online. Pemuda berdarah Minang ini juga pernah mewakili Indonesia dalam perlombaan debat bahasa Arab tingkat internasional di Malaysia pada 2018. Aktif dan mencintai dunia pendidikan, sosial kemanusiaan, dan pernah terjun dalam mengajar anak-anak di pedesaan. Ia dapat dihubungi di nizamalfarisy20@gmail.com

References

Aditomo, A., & Felicia, N. (2018). Ketimpangan mutu dan akses pendidikan di Indonesia: Potret berdasarkan survei PISA 2015. Kilas Pendidikan Edisi 17. https://doi.org/10.31227/osf.io/k76g3

Agustin, I. (2019). Permasalahan dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi di SDN se-Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. ELSE (Elementary School Education Journal). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2). https://doi.org/10.30651/else.v3i2.3104

Ahtee, M., Lavonen, J., & Pehkonen, E. (2008). Reasons behind the Finnish success in science and mathematics in PISA tests. Problems of Education in the 21st Century, 6, 18.

Aini, N. (2017, Februari 17). Perjuangan siswa SD ke sekolah melewati sungai deras dan tepi tebing. Republika. https://republika.co.id/berita/okrzal382/perjuangan-siswa-sd-ke-sekolah-lewati-sungai-deras-dan-tepi-tebing

Aldabas, R. (2020). Special education teachers’ perceptions of their preparedness to teach students with severe disabilities in inclusive classrooms: A Saudi Arabian perspective. SAGE Open. https://doi.org/10.1177/2158244020950657

Alhaddad, I. (2016). Perkembangan pembelajaran matematika masa kini. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1).

Allwright, D. (2003). Exploratory practice: Rethinking practitioner research in language teaching. Language Teaching Research, 7(2), 113–141. https://doi.org/10.1191/1362168803lr118oa

Allwright, D., & Hanks, J. (2009). The developing language learner: An introduction to exploratory practice. UK: Palgrave McMillan.

Almerico, G. M. (2014). Building character through literacy with children’s literature. Research in Higher Education Journal, 26.

Ambarinie, N. K. M. (2019, Juni 14). Menurut Bappenas, ini kelemahan pendidikan vokasi di Indonesia. Kompas. https://money.kompas.com/read/2019/06/14/123000226/menurut-bappenas-ini-kelemahan-pendidikan-vokasi-di-indonesia?page=all

Andere, E. (2015). Are teachers crucial for academic achievement? Finland educational success in a comparative perspective. Education Policy Analysis Archives, 23(39), n39.

Andin, S. N. (2018). Panduan praktis pelibatan tripusat pendidikan dalam penguatan pendidikan karakter (PPK) untuk kepala sekolah. Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan. Jakarta.

Arici, F., Yildirim, P., Caliklar, S., & Yilmaz, R. M. (2019). Research trends in the use of augmented reality in science education: Content and bibliometric mapping analysis. Computers and Education Volume 142. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103647

Australian Institute for Teaching and School Leadership (AITSL) 2015, Accreditation of initial teacher education programs in Australia, AITSL, Melbourne. https://www.aitsl.edu.au/tools-resources/resource/accreditation-of-initial-teacher-education-programs-in-australia—standards-and-procedures

Awaliyah, G. (2018, Agustus 16). SMK diimbau segera tutup jurusan yang tidak laku. Republika. https://republika.co.id/berita/pdjjfj430/smk-dimbau-segera-tutup-%20jurusan-yang-tidak-laku

Badan Pusat Statistik. (2018). Hasil pendataan potensi desa (Podes) 2018. Jakarta.

Badan Pusat Statistik. (2020). Angka partisipasi kasar (APK) anak yang mengikuti pendidikan anak usia dini (PAUD) menurut provinsi 2018–2020. https://www.bps.go.id/indicator/28/1439/1/angka-partisipasi-kasar-apk-anak-yang-mengikuti-pendidikan-anak-usia-dini-paud-menurut-provinsi.html.

Badan Pusat Statistik. (2020). Jumlah murid sekolah di Indonesia. https://www.bps.go.id/indikator/.

Badan Pusat Statistik. (2020). Persentase penduduk buta huruf (persen), 2018–2020. https://www.bps.go.id/indicator/28/102/1/persentase-penduduk-buta-huruf.html.

Baehr J. (2017). The varieties of character and some implications for character education. Journal of youth and adolescence, 46(6), 1153–1161. https://doi.org/10.1007/s10964-017-0654-z

Bank Dunia. (2019). GDP per capita (current US$). https://data.worldbank.org/indicator/NY.GDP.PCAP.CD.

Bank Dunia. (2020). Human capital index data catalog. https://datacatalog.worldbank.org/dataset/human-capital-index.

Banu, A. (2020, Desember 21). Mendikbud: Pusat kurikulum vokasi akan fokus pada kebutuhan industri. Jawa Pos. https://www.jawapos.com/nasional/pendidikan/21/12/2020/mendikbud-pusat-kurikulum-vokasi-akan-fokus-pada-kebutuhan-industri/

Bappenas (2020). Narasi rencana pembangunan jangka menengah nasional 2020–2024, pub. l. nomor 18 tahun 2020, 313. https://www.bappenas.go.id/id/data-dan…dan…/rpjmn-2015-2019/.

Bappenas. (2020). Metadata indikator pilar pembangunan sosial pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) (Edisi II). http://sdgs.bappenas.go.id/wp-content/uploads/2020/10/Metadata-Pilar-Sosial-Edisi-II.pdf.

Bappenas. (2020). Visi Indonesia 2045. https://www.bappenas.go.id/files/Visi%20Indonesia%202045/Dokumen%20lengkap%202045_final.pdf

Bappenas. (n.y). Roadmap of TPB Indonesia towards 2030. Diakses pada 7 Juli 2021 dari http://sdgs.bappenas.go.id/dokumen; https://drive.google.com/file/d/1lWrJBgl8tx19FADqpOEjg2EXRqn7BGrJ/view

Bell, S. (2010). Project-based learning for the 21st century: Skills for the future. The clearing house, 83(2), 39–43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415

Ben-Peretz, M. (1990). The teacher-curriculum encounter: Freeing teachers from the tyranny of texts. State University of New York Press.

Berkowitz, M. W. (2011). What works in values education. International Journal Of Educational Research, 50(3), 153–158. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2011.07.003

Billett, S. (2011). Vocational education. Springer Science and Business Media.

Black-Hawkins, K. (2012). Developing inclusive classroom practices: What guidance do commercially published texts offer teachers? European Journal of Special Needs Education. 27:4, 499-516 https://doi.org/10.1080/08856257.2012.720412

Bolourian, Y., Zeedyk, S. M., & Blacher, J. (2018). Autism and the university experience: narratives from students with neurodevelopmental disorders. Journal of Autism and Developmental Disorders, 48(10), 3330–3343. https://doi.org/10.1007/s10803-018-3599-5

Bosher, S., & Smalkoski, K. (2002). From needs analysis to curriculum development: Designing a course in health-care communication for immigrant students in the USA. English for specific purposes, 21(1), 59–79. https://doi.org/10.1016/S0889-4906(01)00002-3

BPS. (2018). Statistik penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (P2TIK) sektor pendidikan 2018. https://www.bps.go.id/publication/2018/12/24/27971845a9d616341333d103/penggunaan-dan-pemanfaatan-teknologi-informasi-dan-komunikasi–p2tik–sektor-pendidikan-2018.html.

BPS. (2020). Proporsi remaja dan dewasa usia 15–59 tahun dengan keterampilan teknologi informasi dan komputer (TIK) menurut daerah tempat tinggal. https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data/0000/data/1449/sdgs_4/1.

BPS. (2020). Statistik Pendidikan 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/publication/2020/11/27/347c85541c34e7dae54395a3/statistik-pendidikan-2020.html

Brodjonegoro, S. S. (2020, Agustus 13). Pendidikan Indonesia 2045. Kompas, 6. https://www.kompas.id/baca/opini/2020/08/13/pendidikan-indonesia-2045

Canals, L., & Al-Rawashdeh, A. (2019). Teacher training and teachers’ attitudes towards educational technology in the deployment of online English language courses in Jordan. Computer Assisted Language Learning, 32(7), 639–664. https://doi.org/10.1080/09588221.2018.1531033

Chan, V. (2016). Special needs: scholastic disability accommodations from K-12 and transitions to higher education. Current Psychiatry Reports, 18(2), 1–7. https://doi.org/10.1007/s11920-015-0645-2

Chiwandire, D., & Vincent, L. (2019). Funding and inclusion in higher education institutions for students with disabilities. African Journal of Disability, 8, e1–e12. https://doi.org/10.4102/ajod.v8i0.336

Chu, S. K. W., Tse, S. K., & Chow, K. (2011). Using collaborative teaching and inquiry project-based learning to help primary school students develop information literacy and information skills. Library & Information Science Research, 33(2), 132–143. https://doi.org/10.1016/j.lisr.2010.07.017

CNN Indonesia. (2020). Corona buktikan pendidikan Indonesia tak siap hadapi abad 21. CNN. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200416074143-20-494007/corona-buktikan-pendidikan-indonesia-tak-siap-hadapi-abad-21.

Coeckelbergh, M. (2020). AI ethics. MIT Press.

Collins, M. E., & Mowbray, C. T. (2005). Higher education and psychiatric disabilities: National survey of campus disability services. American journal of orthopsychiatry, 75(2), 304–315. https://doi.org/10.1037/0002-9432.75.2.304

Cooper, J. O., Heron, T. E., & Heward, W. L. (2014). Applied behavior analysis (2nd edition). Pearson.

Dalkilic, M., & Vadeboncoeur, J. A. (2016). Re-framing inclusive education through the capability approach: An elaboration of the model of relational inclusion. Global Education Review, 3(3), 122–137.

Dapodik. (2021). Data pokok pendidikan: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. https://dapo.kemdikbud.go.id/

Datuk, A. (2020). Sistem zonasi sebagai solusi bagi orang tua untuk mendapatkan pendidikan anak yang bermutu di kota Kupang. Attractive: Innovative Education Journal, 2(2), 20–33.

Denhart, H. (2008). Deconstructing barriers: Perceptions of students labeled with learning disabilities in higher education. Journal of Learning Disabilities, 41(6), 483–497. https://doi.org/10.1177/0022219408321151

Dewi, N. (2017). Meningkatkan kualitas guru untuk pendidikan yang lebih baik. Pendidikan Universitas Ganesha (March), 11.

Dewia, E. R., & Alam, A. A. (2020). Transformation model for character education of students. Cypriot Journal of Educational Sciences, 15(5), 1228–1237. https://doi.org/10.18844/cjes.v15i5.5155

Diaz-Vega, M., Moreno-Rodriguez, R., & Lopez-Bastias, J. L. (2020). Educational inclusion through the universal design for learning: Alternatives to teacher training. Education Sciences, 10(11), 303. https://doi.org/10.3390/educsci10110303

Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. Paper presented at the PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 1, 170–176.

Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas. (2018). Petunjuk teknis bantuan penyelenggaraan koordinasi penuntasan pendidikan anak usia dini pra sekolah dasar tahun 2018. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas. (2020). Rencana strategis Direktorat PAUD 2020–2024. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas. (2021). Satu desa satu PAUD. Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas.

Direktorat Pembinaan PAUD. (2015). Petunjuk teknis penyelenggaraan PAUD holistik integratif di satuan PAUD. Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Non-Formal dan Informal, Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Petunjuk teknis penyelenggaraan POS PAUD. http://paud.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/03/Juknis-Penyelenggaraan-POS-PAUD.pdf

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Layanan perlindungan dan kesejahteraan. https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/upload/download-center/Perlindungan%20dan%20Kesejahteraan_1554107372.pdf

Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus. (n.d.). Bantuan operasional penyelenggaraan (BOP) program pendidikan keaksaraan. https://sibopaksara.kemdikbud.go.id/tentang-kami

Direktorat Pendidikan Pembinaan Anak Usia Dini. (2019). Laporan kinerja. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.

Disdikbud Aceh Besar. (2020, Desember 23). Disdikbud sosialisasi perbup Aceh Besar tentang PAUD HI. Diambil kembali dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Besar: https://disdikbudacehbesar.org/2020/12/23/disdikbud-sosialisasi-perbup-aceh-besar-tentang-paud-hi

Ditjen GTK Kemendikbud. (2016). Buku 1: Pembinaan dan pengembangan profesi guru, pedoman pengelolaan pengembangan keprofesian berkelanjutan guna mendukung pengembangan profesi. https://disdik.sumbarprov.go.id/wp-content/uploads/2017/07/Buku-1-Pedoman-Pengelolaan-PKB-Bagi-Guru-Pembelajar-2016.pdf

Ditjen GTK Kemendikbud. (2019, Agustus 16). Mengenal konsep pelatihan 5 in, 3 on. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/mengenal-konsep-pelatihan-5-in-3-on

Ditjen GTK Kemendikbud. (2019, Mei 29). MGMP reborn! https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/mgmp-reborn

Djatmiko, W. I., Siswanto, B. T., Sudira, P., Hamidah, & Widarto. (2013). Modul pendidikan teknologi dan kejuruan. Fakultas Teknik UNY. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131629061/pendidikan/bahan-ajar-pendidikan-teknologi-kejuruan-2013.pdf

Downer, J., & Pianta, R. (2006) Academic and cognitive functioning in first grade: Associations with earlier home and childcare predictors and with concurrent home and classroom experiences. School Psychology Review, 35, 11–30.

Ebrahimi, S. S., & Jiar, Y. K. (2018). The use of technology at Malaysian public high schools. Merit Research Journals, 6(3), 54–60. https://www.researchgate.net/publication/324279780_The_Use_of_Technology_at_Malaysian_Public_High_Schools

EFA Global Monitoring Report (2002). Education for All: Is the World on Track? UNESCO.

Embas, R. (2019, Maret 20). Jangan jadikan calistung syarat masuk SD. Diambil kembali dari Kemendikbud Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan: http://bppauddikmas-sulsel.id/paud/jangan-jadikan-calistung-syarat-masuk-sd

Farrell, T. (2013). Reflective practice in ESL teacher development groups: From practices to principles. UK: Palgrave Macmillan.

Farrell, T. S. C. (2012). Reflecting on reflective practice: (Re) visiting Dewey and Schön. TESOL Journal, 3(1), 7–16. https://doi-org/10.1002/tesj.10

Fathurrohman. (2020, April 23). Arah pendidikan Indonesia belum jelas. Fajar Indonesia Network. https://fin.co.id/2020/04/23/arah-pendidikan-indonesia-belum-jelas/

Feriani, E. (2017). Interaksi sosial dosen dengan mahasiswa difabel di perguruan tinggi inklusif. INKLUSI: Journal of Disability Studies 4(2), 217–240. https://doi.org/10.14421/ijds.040204

Fitzpatrick M. A., Marshall L. J., Leutwiler T. J., & Krcmar M. (1996). The effect of family communication environments on children’s social behavior during middle childhood. Sagepub, 23(4). https://doi.org/10.1177/009365096023004003

Fraillon, J., Ainley, J., Schulz, W., Friedman, T., & Duckworth, D. (2020). Preparing for life in a digital world: IEA International Computer and Information Literacy Study 2018 International Report. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-38781-5

Francis, G. L., Duke, J., Brigham, F. J., & Demetro, K. (2018). Student perceptions of college-readiness, college services and supports, and family involvement in college: An exploratory study. Journal of Autism and Developmental Disorders, 48(10), 3573–3585. https://doi.org/10.1007/s10803-018-3622-x

Friere, P. (1970). Pedagogy of the oppressed. UK: Penguin Publisher.

Furr, R. M., & Bacharach, V. R. (2014). Psychometrics: An introduction (2nd ed.). SAGE Publications, Inc.

Gabrillin, A. (2016, Januari 31). Hasilkan 671 pengajar muda dalam 5 tahun, Indonesia mengajar gelar syukuran. Kompas. https://nasional.kompas.com/read/2016/01/31/13090031/Hasilkan.671.Pengajar.Muda.dalam.5.Tahun.Indonesia.Mengajar.Gelar.Syukuran.

Gigante, J., & Gilmore, L. (2020). Australian preservice teachers’ attitudes and perceived efficacy for teaching in inclusive classrooms. International Journal of Inclusive Education, 24(14), 1568-1577.. https://doi.org/10.1080/13603116.2018.1545875

Gist, C., & Bulla, A. J. (2020). A systematic review of frequency building and precision teaching with school-aged children. Journal of Behavioral Education, 1–28. https://doi.org/10.1007/s10864-020-09404-3

Green, S. (2016). Two for one: Using QAR to increase reading comprehension and improve test scores. The Reading Teacher, 70(1), 103–109. https://www.jstor.org/stable/44001410.

Grek, S. (2009). Governing by numbers: The PISA ‘effect’in Europe. Journal of education policy, 24(1), 23–37.

Grey, S., & Morris, P. (2018). PISA: Multiple ‘truths’ and mediatised global governance. Comparative Education, 54(2), 109–131.

Griffin, P., & Care, E. (2015). Assessment and teaching of 21st century skills: Method and approach. Dalam Educational Assessment in an Information Age. Springer. https://doi.org/10.1007/978-94-017-9395-7_1

Griful-Freixenet, J., Struyven, K., Vantieghem, W., & Gheyssens, E. (2020). Exploring the interrelationship between Universal Design for Learning (UDL) and Differentiated Instruction (DI): A systematic review. Educational Research Review, 29. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.100306

Guhn, M. & Goelman, H. (2011). Bioecological theory, early child development and the validation of the population-level early development instrument. Soc Indic Res 103, 193. https://doi.org/10.1007/s11205-011-9842-5

Habiby, W. N., Arum, N., Nuraini, M., Zonna, F., & Dwinita. (2017). Manajemen adaptasi pembelajaran kurikulum 2013 ke kurikulum 2006 (ktsp) pada siswa kelas 1 SDN pendidikan dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(207), 180–189.

Haney, M., & Cavallaro, C. C. (1996). Using ecological assessment in daily program planning for children with disabilities in typical preschool settings. Topics in Early Childhood Special Education, 16(1), 66–81. https://doi.org/10.1177/027112149601600107

Hanks, J. (2017). Exploratory practice in language teaching: Puzzling about principles and practices. New York: Springer.

Hargreaves, A. (1994). Changing teachers, changing times: teachers’ work and culture in the postmodern Age. New York: Cassell.

Hariyadi, D. (2017, Juli 19). Kasus bullying mahasiswa difabel, Gunadarma bakal disomasi. Tempo.Co. https://nasional.tempo.co/read/892515/kasus-bullying-mahasiswa-difabel-gunadarma-bakal-disomasi

Hastuti, P. (2020). Kurikulum fleksibel: Jalan keluar pembelajaran di masa COVID 19. Dalam Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., … & Warella, S. Y. (Eds.), Belajar mandiri: Pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19 (pp. 85–90). Medan: Yayasan Kita Menulis.

Heider, G. (2016). Process of curriculum development in Pakistan. International Journal of New Trends in Arts, Sports & Science Education, 5(2).

Herbert, J. T., Hong, B. S. S., Byun, S.-Y., Welsh, W., Kurz, C. A., & Atkinson, H. A. (2014). Persistence and graduation of college students seeking disability support services. The Journal of Rehabilitation, 80(1), 22–32.

Hiar, H. (2020, Maret 15). Perjuangan pelajar kepulauan sula bertaruh nyawa setiap berangkat sekolah. Liputan6. https://www.liputan6.com/regional/read/4201579/perjuangan-pelajar-kepulauan-sula-bertaruh-nyawa-setiap-berangkat-sekolah.

Hirsh-Pasek, K., & Burchinal, M. (2006). Putting language learning in context: How change at home and in school affects language growth across time. Merrill Palmer Quarterly, 52, 499–485.

Hoshizora.org. (2006). Visi dan misi. https://www.hoshizora.org/about-us/

Hoven, J., & Garelick, B. (2007). Singapore math: Simple or complex? Educational Leadership, 65(3), 28.

Hsu, Y. C., Ho, H. N. J., Tsai, C. C., Hwang, G. J., Chu, H. C., Wang, C. Y., & Chen, N. S. (2012). Research trends in technology-based learning from 2000 to 2009: A content analysis of publications in selected journals. Educational Technology and Society, 15(2), 354-370.

Humas Prov. Kalimantan Timur. (2014, Desember 30). Kaltim komit tingkatkan kualitas pendidikan. https://kaltimprov.go.id/berita/wujudkan-satu-desa-satu-paud

International Labour Organization (2016). Rural teachers in Africa: A report for ILO. Centre For International Teacher Education. https://www.ilo.org/wcmsp5/groups/public/—ed_dialogue/—sector/documents/publication/wcms_543617.pdf

Jeynes, W. (2012). A meta-analysis of the efficacy of different types of parental involvement programs for urban students. Urban Education, 47, 706–742. https://doi.org/10.1177/0042085912445643.

Jiang, H., Justice, L., Purtell, K. M., Lin, T. J, & Logan, J. (2021). Prevalence and prediction of kindergarten-transition difficulties. Early Childhood Research Quarterly, 55, 15–23.

Johnson, K. R., & Layng, T. J. (1992). Breaking the structuralist barrier: Literacy and numeracy with fluency. American Psychologist, 47(11), 1475–1490. https://doi.org/10.1037/0003-066x.47.11.1475

Johnson, K., & Street, E. M. (2013). Response to intervention and precision teaching: Creating synergy in the classroom (1st ed.). The Guilford Press.

Jordan, G. E., Snow, C. E., & Porche, M. V. (2000). Project EASE: The effect of a family literacy project on kindergarten students’ early literacy skills. Reading Research Quarterly, 35(4), 524–546. https://www.jstor.org/stable/748097.

Jordan, N. C., Glutting, J., & Ramineni, C. (2010). The importance of number sense to mathematics achievement in first and third grades. Learning and Individual Differences, 20(2), 82–88. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2009.07.004

JPNN. (2019, Desember 3). Jumlah guru 3,36 juta, mayoritas non-PNS termasuk honorer. JPNN. https://www.jpnn.com/news/jumlah-guru-336-juta-mayoritas-non-pns-termasuk-honorer

Junaidi, A. (2020, Agustus 26). Sekolah perlu terapkan kurikulum mandiri saat pandemi – bukan “kurikulum darurat” anjuran Mendikbud Nadiem. The Conversation. https://theconversation.com/sekolah-perlu-terapkan-kurikulum-mandiri-saat-pandemi-bukan-kurikulum-darurat-anjuran-mendikbud-nadiem-144742

Kadir, S. A. S. (2002). Experience and efforts in literacy programmes: brief country report. Sekitar Perpustakaan, Bil. 35, 26–29.

Kaliwardana, B. (2019). Program sarjana mendidik di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (SM-3T). Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://www.academia.edu/40791363/Keterbatasan_Pendidikan_Daerah_Tertinggal

Kamillia, R. (2020). Analisis peran united national educational, scientific, and cultural organization (UNESCO) terhadap kebijakan pendidikan inklusif untuk anak berkebutuhan khusus di Indonesia (Skripsi, Universitas Pertamina). https://library.universitaspertamina.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/

Katz, J., Sokal, L., & Wu, A. (2019). Academic achievement of diverse K-12 students in inclusive three-block model classrooms. International Journal of Inclusive Education, 1–19. https://doi.org/10.1080/13603116.2019.1613450

Kemen PPPA. (2019). Press Release: Indonesia Bebas Kekerasan 2030. https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/1756/indonesia-bebas-kekerasan-2030

Kemendikbud (2017, November 25). Kemendikbud siapkan lima program afirmasi untuk pemenuhan guru di daerah. Kemendikbud Blog. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/11/kemendikbud-siapkan-lima-program-afirmasi-untuk-pemenuhan-guru-di-daerah

Kemendikbud. (2016). Analisis sebaran guru Dikdasmen di wilayah 3 T (terluar, terdepan, dan tertinggal) tinjauan sekolah menengah pertama. Bidang Pendayagunaan dan Pelayanan Data Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. http://publikasi.data.kemdikbud.go.id/uploadDir/isi_D106C225-660A-4208-96A3-7DDD6FDED443_.pdf

Kemendikbud. (2019). PISA 2018: Akses meluas, saatnya tingkatkan kualitas. Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbud. http://repositori.kemdikbud.go.id/16739/1/Infografis%20PISA%202018%20-%20Indonesia.pdf

Kemendikbud. (2019a). Mendikbud tetapkan empat pokok kebijakan pendidikan “merdeka belajar”. Kemendikbud Blog. Jakarta. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/mendikbud-tetapkan-empat-pokok-kebijakan-pendidikan-merdeka-belajar

Kemendikbud. (2019b). Merdeka belajar kunci dalam pembelajaran guru dan murid. Kemendikbud Blog. Jakarta. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/merdeka-belajar-kunci-dalam-pembelajaran-guru-dan-murid

Kemendikbud. (2021). Data Pokok Pendidikan: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta. https://dapo.kemdikbud.go.id/

Kemendikbud. (2021). Kebijakan penguatan pendidikan karakter. Jakarta. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?page_id=132

Kemendiknas. (2010). Bahan pelatihan: Penguatan metodologi pembelajaran berdasarkan nilai-nilai budaya untuk membentuk daya saing dan karakter bangsa pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Pusat Kurikulum, Balitbang, Kemdiknas.

KemenPPPA. (2020, April 11). Mendengar suara anak Indonesia tentang Covid-19 melalui survei aadc-19. Publikasi dan Media KemenPPPA. https://kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/2638/mendengar-suara-anak-indonesia-tentang-covid-19-melalui-survei-aadc-19

Kemendikbud (2020, September 28). 1.020 Sahabat Rumah Belajar Berbagi Kemampuan TIK di Level 4. Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemendikbud. https://pusdatin.kemdikbud.go.id/1-020-sahabat-rumah-belajar-berbagi-kemampuan-tik-di-level-4-pembatik/

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dan UNICEF Indonesia. (2020). Pengembangan anak usia dini yang holistik dan integratif (PAUD HI) program Kupang, Nusa Tenggara Timur, Indonesia: dari kebijakan ke praktik sebuah pendekatan yang berhasil. Kemendikbud dan UNICEF.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Peta jalan generasi emas Indonesia 2045. Jakarta. https://paska.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2018/08/170822-V.2-Generasi-Emas-2045-.pdf

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Pedoman pelaksanaan program asesmen keselarasan kurikulum dengan IDUKA. Jakarta. https://assets.mitrasdudi.id/program/32/1597823865.pdf

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Rencana strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2015–2019. http://paud.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2017/11/RenstraKemdikbud2015-2019.pdf

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 36 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/36%20TAHUN%202018.pdf

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Pemerintah terus berkomitmen dalam pengentasan buta aksara. (2020). Kemendikbud Blog. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/09/pemerintah-terus-berkomitmen-dalam-mengentaskan-buta-aksara.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Rencana strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020–2024. Jakarta.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. (2017). Panduan layanan mahasiswa disabilitas di perguruan tinggi. https://fdokumen.com/document/panduan-layanan-mahasiswa-disabilitas-di-perguruan-khusus-dan-layanan-khusus-di.html

Keputusan Menteri No 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. (2020). https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/b132c61a5ba32c6

Kessler, R. C., Berglund, P. A., Foster, C. L., Saunders, W. B., Stang, P. E., & Walters, E. E. (1997). Social consequences of psychiatric disorders, II: Teenage parenthood. The American Journal of Psychiatry, 154(10), 1405–1411. https://doi.org/10.1176/ajp.154.10.1405

Khuriyana, E., & Priyono, P. (2020). Akselerasi peningkatan kualitas pendidikan daerah tertinggal melalui model pembelajaran higher order thinking skill (HOTS) di era industri 4.0 (studi kasus implementasi pilot project di Kabupaten Halmahera Barat). PANCANAKA Jurnal Kependudukan, Keluarga, dan Sumber Daya Manusia, 1(1), 55–64. https://doi.org/10.37269/pancanaka.v1i1.9

Kominfo. (2020). Status literasi digital Indonesia 2020: Hasil survei di 34 provinsi. http://literasidigital.id/sdm_downloads/status-literasi-digital-indonesia-2020-hasil-survei-di-34-provinsi/

Kompas Klasika (2018, Februari 10). 4 inovasi dari para guru yang menginspirasi. Kompas.id. https://adv.kompas.id/baca/inovasi-dari-para-guru/

Kompetensi guru di wilayah terpencil masih rendah. (2018, Agustus 14). JPNN. https://www.jpnn.com/news/kompetensi-guru-di-wilayah-terpencil-masih-rendah

Korkeamaki, R. L., & Dreher, M. J. (2011). Early literacy practices and the Finnish national core curriculum. Journal of Curriculum Studies, 43(1), 109–137. https://doi.org/10.1080/00220271003801959

KPAI. (2020). Sejumlah kasus bullying sudah warnai catatan masalah anak di awal 2020, begini kata komisioner KPAI. Jakarta. https://www.kpai.go.id/publikasi/sejumlah-kasus-bullying-sudah-warnai-catatan-masalah-anak-di-awal-2020-begini-kata-komisioner-kpai

Krissandi, A. D. S., & Rusmawan, R. (2015). Kendala guru sekolah dasar dalam implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(3).

Kruglinski, J. (2019, Desember 16). PAUD di Papua: Kecil namun berarti. UNICEF Indonesia. https://www.unicef.org/indonesia/id/stories/paud-di-papua-kecil-namun-berarti

Kupiainen, R. (2011). Finnish media literacy policies and research tendencies within a European Union context. International Journal of Media & Cultural Politics, 6(3), 335–341. https://doi.org/10.1386/mcp.6.3.335_3

La ode Onde, M., Aswat, H., Fitriani, B., & Sari, E. R. (2020). Integrasi penguatan pendidikan karakter (PPK) era 4.0 pada pembelajaran berbasis tematik integratif di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 268–279.

Larasati, C. (2020, Juni 30). Kemendikbud rancang kurikulum baru untuk SMK. Medcom. https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/0KvXjW9b-kemendikbud-rancang-kurikulum-baru-untuk-smk

Larson, J., Mattu, S., Kirchner, L. & Angwin, J., (2016). How we analyzed COMPAS recidivism algorithm. Pro Publica. https://www.propublica.org/article/how-we-analyzed-the-compas-recidivism-algorithm

Lau, E. Y. H., & Lee, K. (2020). Parents’ views on young children’s distance learning and screen time during COVID-19 class suspension in Hong Kong. Early Education and Develop , 1–18. https://doi.org/10.1080/10409289.2020.1843925

Lavonen, J., & Laaksonen, S. (2009). Context of teaching and learning school science in Finland: Reflections on PISA 2006 results. Journal of Research in Science Teaching: The Official Journal of the National Association for Research in Science Teaching, 46(8), 922–944.

Lickona, T. (1996). Eleven principles of effective character education. Journal of Moral Education, 25(1), 93–100. https://doi.org/10.1080/0305724960250110

Lickona, T. (1999). Character education: Seven crucial issues. Action in Teacher Education, 20(4), 77–84. https://doi.org/10.1080/01626620.1999.10462937

Lindsley, O. R. (1990). Precision teaching: By teachers for children. TEACHING Exceptional Children, 22(3), 10–15. https://doi.org/10.1177/004005999002200302

Livingstone, S., Stoilova, M., & Rishita Nandagiri. (2021). Data and privacy literacy: the role of the school in educating children in a datafied society. Dalam J. Wasko & K. Wilkins (Eds.), The handbook of media education research (1st ed., pp. 413–425). New Jersey: Wiley. https://doi.org/10.1002/9781119166900.ch38

Lokadata (2019). Jumlah SMK Swasta dan Negeri di Indonesia 2019. https://lokadata.beritagar.id/chart/preview/jumlah-smk-negeri-dan-swasta-di-indonesia-2018-1563945848

Lombardi, A., Murray, C., & Kowitt, J. (2016). Social support and academic success for college students with disabilities: Do relationship types matter? Journal of Vocational Rehabilitation, 44(1), 1–13. https://doi.org/10.3233/JVR-150776

Lukitasari, S. W., Sulasmono, B. S., & Iriani, A. (2017). Evaluasi implementasi kebijakan pendidikan inklusi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 121-134. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p121-134

Mahpudin, M. (2020). Hak warga negara yang terampas: Polemik kebijakan sistem zonasi dalam pendidikan Indonesia. Jurnal Transformative, 6(2), 148–175.

Malak, M. S. (2013). Inclusive education reform in Bangladesh: Pre-service teachers’ responses to include students with special educational needs in regular classrooms. International Journal of Instruction, 6(1), 195-214.

Martens, K., & Niemann, D. (2013). When do numbers count? The differential impact of the PISA rating and ranking on education policy in Germany and the US. German Politics, 22(3), 314–332.

Maskur. (2016). Pembenahan “MGMP guru di daerah 3T” salah satu cara meningkatkan kualitas pendidikan di daerah 3T. Simposium GTK Kemendikbud. http://simposium.gtk.kemdikbud.go.id/karya/files/dikmen_2/,ST.,M.Sc_15112016151401.pdf

Masruroh, F. (2021) Dibuka, pendaftaran pelatihan dan sertifikasi komputer bidang TIK berbasis SKKNI online tahun 2020 gelombang 1. BPPTIK KOMINFO. https://bpptik.kominfo.go.id/2021/01/08/8514/dibuka-pendaftaran-pelatihan-dan-sertifikasi-kompetensi-bidang-tik-berbasis-skkni-online-tahun-2021-gelombang-ke-1/

Maukar, D. M. (2016). Penerapan kebijakan pendidikan melalui program Sarjana Mendidik daerah terdepan, terluar, tertinggal (SM-3T) dan program Pendidikan Profesi Guru (PPPG) Di Kab. Kutai Barat dan Mahulu. Universitas Merdeka Malang.

Maulipaksi, D. (2016, Januari 4). 7 provinsi raih nilai terbaik uji kompetensi guru 2015. Kemendikbud. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/01/7-provinsi-raih-nilai-terbaik-uji-kompetensi-guru-2015

Maxwell, K. L., & Clifford, R. M. (2004). School readiness assessment. Young Children, 59(1), 42–46.

McAllister, K., & MaGuire, B. (2012). A design model: the autism spectrum disorder classroom design kit. British Journal of Special Education, 39(4), 201-208. https://doi.org/10.1111/1467-8578.12006

McCrimmon, A. W. (2015). Inclusive education in Canada: Issues in teacher preparation. Intervention in School and Clinic, 50(4), 234-237https://doi.org/10.1177/1053451214546402

McLuhan, M. (1962). The Gutenberg galaxy: The making of typographic man. University of Toronto Press.

McLuhan, M. (1962). Understanding media: The extensions of man. McGraw Hill Education.

Meri, D. (2020). Persepsi guru-guru sejarah SMA N 2 Kota Payakumbuh terhadap implementasi kurikulum 2013. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial-Humaniora, 3(1), 1–10.

Michael, D. (2020). Penyelenggaraan pendidikan tinggi bagi penyandang disabilitas di Universitas Brawijaya. Jurnal HAM. 11(2), 201–217. http://dx.doi.org/10.30641/ham.2020.11.201-217

Michel, A. (2017). The contribution of PISA to the convergence of education policies in Europe. European Journal of Education, 52(2), 206–216.

Migotti, M., & Wyatt, N. (2017). On the very idea of sex with robots. Dalam John Danaher & Neil McArthur, Robot Sex. MIT Press.

Mincu, M. E. (2015). Teacher quality and school improvement: what is the role of research? Oxford Review of Education, 41(2), 253–269.

Moorhouse, B. L. (2020). Adaptations to a face-to-face initial teacher education course ‘forced’ online due to the COVID-19 pandemi. Journal of Education for Teaching, 0(0), 1–3. https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1755205

Moswela, E., & Mukhopadhyay, S. (2011). Asking for too much? The voices of students with disabilities in Botswana. Disability and Society, 26:3, 307-319https://doi.org/10.1080/09687599.2011.560414

Muhamad, R.W. (2019, November 14). Penjelasan Jokowi soal fondasi Indonesia Emas 2045. Republika. https://republika.co.id/berita/q0yoah216/penjelasan-jokowi-soal-fondasi-indonesia-emas-2045

Mulyani, F. (2009). Konsep kompetensi guru dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (kajian ilmu pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan UNIGA 3(1). https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/download/16/16

National Center for Education Statistics, (2020). The condition of education – Preprimary, elementary, and secondary education – Elementary and secondary enrollment – students with disabilities. https://nces.ed.gov/programs/coe/indicator_cgg.asp.

National Literacy Trust. (2018). Fake news and critical literacy resources. https://literacytrust.org.uk/resources/fake-news-and-critical-literacy-resources/

National Numeracy. (2018). What is numeracy. https://www.nationalnumeracy.org.uk/about/what-numeracy.

Neel, M. L. M., Stark, A. R., & Maitre, N. L. (2018). Parenting style impacts cognitive and behavioural outcomes of former preterm infants: A systematic review. Child: Care, Health and Development. Wiley, 44(4), 507–515. https://doi:10.1111/cch.12561

Newman, L. A., Madaus, J. W., Lalor, A. R., & Javitz, H. S. (2019). Support receipt: Effect on postsecondary success of students with learning disabilities. Career Development and Transition for Exceptional Individuals, 42(1), 6–16. https://doi.org/10.1177/2165143418811288

Nida Pangaribuan, E., & Hariyati, N. (2019). Implementasi kebijakan sistem zonasi penerimaan peserta didik baru jenjang SMP di Kabupaten Gresik. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(1).

Niemi, H., & Multisilta, J. (2016). Digital storytelling promoting twenty-first century skills and student engagement. Technology, Pedagogy and Education, 25(4), 451–468. https://doi.org/10.1080/1475939X.2015.1074610

Ningsih, E. (2018). Memaksimalkan partisipasi masyarakat dan akademisi dalam upaya meningkatkan standar layanan PAUD. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/download/1891/1685

Norwich, B., & Nash, T. (2011). Preparing teachers to teach children with special educational needs and disabilities: the significance of a national PGCE development and evaluation project for inclusive teacher education. Journal of Research in Special Educational Needs, 11(1), 2–11. https://doi.org/10.1111/j.1471-3802.2010.01175.x

Nouwens, S., Groen, M. A., Kleemans, T., & Verhoeven, L. (2021). How executive functions contribute to reading comprehension. British Journal of Educational Psychology, 91, hal 169–192. https://doi.org/10.1111/bjep.12355.

NPD Kemendikbud. (2019). Neraca pendidikan daerah-Kualifikasi guru. https://npd.kemdikbud.go.id/?appid=kualifikasi.

Nurcahyadi, G. (2019, Agustus 15). Seabad TK ABA, Revolusi pendidikan usia dini di Indonesia. Media Indonesia. Diakses pada 29 Januari 2021 dari https://mediaindonesia.com/humaniora/253537/seabad-tk-aba-revolusi-pendidikan-usia-dini-di-indonesia

Oakhill, J., Cain, K., & Elbro, C. (2014). Understanding and teaching reading comprehension: A handbook. Routledge.

Oebaidillah, S. (2018, Mei 11). Ini penyebab tingginya pengangguran SMK. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/160233/ini-penyebab-tingginya-pengangguran-smk

OECD. (2015). Students, computers and learning: Making the connection. Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264239555-en

OECD. (2018). Germany – Country Note – PISA 2018 Results. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_DEU.pdf

OECD. (2018). Indonesia – Country Note – PISA 2018 Results. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf

OECD. (2018). PISA 2018 results in focus. Programme For International Student Assessment. https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm.

OECD. (2018). United States – Country Note – PISA 2018 Results. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_USA.pdf

OECD. (2019). PISA 2018 results (Volume III): What school life means for students’ lives. OECD Publishing.

Oemar, H. (2007). Psikologi belajar & mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). (2018). PISA 2018 Results: Combined Executives Summaries Volume I, II & III. OECD Publishing.

Osman, M. E. (2020). Global impact of COVID-19 on education systems: the emergency remote teaching at Sultan Qaboos University. Journal of Education for Teaching, 46(4), 463–471. https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1802583

Osman, S., Yang, C. N. A. C., Abu, M. S., Ismail, N., Jambari, H., & Kumar, J. A. (2018). Enhancing students’ mathematical problem-solving skills through bar model visualisation technique. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3), 273–279.

Pamungkas, E. K. (2011). Peran serta dan keterlibatan masyarakat dalam penyelenggaraan pos pelayanan terpadu terintegrasi pendidikan anak usia dini di Kecamatan Kalasan (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta). UNY Campus Repository. http://eprints.uny.ac.id/22216/1/Erna%20Kurniawati%20Pamngkas.pdf

Pannen, P., Riyanti, R. D., & Pramuki, B. E. (2007). HYLITE program: An ICT-based ODL for Indonesian teachers education 1. The 11th UNESCO APEID Conference on Revitalizing Higher Education, 1–14.

Patty, R.R. (2015, November 17). Hasil uji kompetensi guru di Maluku terendah, lalu?. Kompas.com. https://regional.kompas.com/read/2015/11/17/14212431/Hasil.Uji.Kompetensi.Guru.di.Maluku.Terendah.Lalu

Pemerintah Kabupaten OKU Selatan. (2020, September 24). Dinas Pendidikan Kabupaten OKU Selatan gelar sosialisasi PERBUP OKU Selatan nomor 43 tahun 2020 tentang penyelenggaraan program pendidikan anak usia dini minimal satu tahun pra sekolah dasar. https://okuselatankab.go.id/2020/09/24/dinas-pendidikan-kabupaten-oku-selatan-gelar-sosialisasi-perbup-oku-selatan-nomor-43-tahun-2020-tentang-penyelenggaraan-program-pendidikan-anak-usia-dini-minimal-satu-tahun-pra-sekolah-dasar/

Pemerintah Pusat. (2020). Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020–2024. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/131386/perpres-no-18-tahun-2020

Pemkab Tanah Bumbu. (2020, Oktober 28). Wujudkan PAUD Satu Tahun Pra-SD. Pro Kalimantan Selatan. https://kalsel.prokal.co/read/news/36742-wujudkan-paud-satu-tahun-pra-sd/6

Peraturan Menteri Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2017 tentang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus di Perguruan Tinggi. (2017).

https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/140968/permen-ristekdikti-no-46-tahun-2017Peraturan Presiden (Perpres) No. 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. (2017).

Peraturan Menteri Negara dan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. (2009). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/132929/permen-pan-rb-no-16-tahun-2009

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2012 tentang Uji Kompetensi Guru. (2012). http://www.kopertis12.or.id/wp-content/uploads/2012/08/PermendikbudNo57tahun2012-UjiKompetensiGuru.pdf

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. (2005). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/5364/pp-no-32-tahun-2013

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Pasal 26 ayat 3 tentang Standar Pendidikan Nasional. (2005). https://www.bphn.go.id/data/documents/15pp013.pdf

Peraturan Presiden (Perpres) No. 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. (2017) https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/72974/perpres-no-59-tahun-2017

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 131 Tahun 2015 tentang Penetapan Ddaerah Tertinggal Tahun 2015–2019. (2015). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/41885/perpres-no-131-tahun-2015.

Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020–2024. (2020) https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/131386/perpres-no-18-tahun-2020

Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres) Nomor 63 Tahun 2020 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2020–2024. (2020). https://jdih.setkab.go.id/PUUdoc/176108/Perpres_Nomor_63_Tahun_2020.pdf

Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. (2017) https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/72974/perpres-no-59-tahun-2017

Perdana, N. S. (2019). Implementasi PPDB zonasi dalam upaya pemerataan akses dan mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(1), 78–92.

Perianes-Rodriguez, A., Waltman, L., & Van Eck, N. J. (2016). Constructing bibliometric networks: A comparison between full and fractional counting. Journal of Informetrics, 10(4), 1178-1195.

Pinter, A. (2012). Teaching young learners. Dalam A. Burns dan J. C. Richards (Eds.), The Cambridge guide to pedagogy and practice in second language teaching (pp. 103–109). Cambridge University Press.

Platos, M., & Wojaczek, K. (2018). Broadening the scope of peer-mediated intervention for individuals with autism spectrum disorders. Journal of Autism and Developmental Disorders, 48(3), 747–750. https://doi.org/10.1007/s10803-017-3429-1

Peraturan Menteri Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 46 Tahun 2017 tentang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus di Perguruan Tinggi. (2017). . https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/140968/permen-ristekdikti-no-46-tahun-2017

PP Nomor 47 Tahun 2008 tentang Wajib Belajar. (2008). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/4861/pp-no-47-tahun-2008

Pranoto, I. (2019). Kasmaran berilmu pengetahuan. Kompas Penerbit Buku.

Pratiwi, I. (2020). Pengaruh PISA dalam perubahan kurikulum pendidikan Indonesia. Majalah Jendela Pendidikan dan kebudayaan. https://jendela.kemdikbud.go.id/v2/kajian/detail/pengaruh-pisa-dalam-perubahan-kurikulum-pendidikan-indonesia

Pusat Data dan Teknologi Informasi. (2019). Jumlah perpustakaan menurut kondisi tiap provinsi. http://statistik.data.kemdikbud.go.id/index.php.

Pusat Penilaian Pendidikan. (2019). Laporan hasil AKSI SMP 2019. https://aksi.puspendik.kemdikbud.go.id/laporan.

Putra, I. P. (2021, Januari 13). 3 masalah utama yang mengganjal kesejahteraan guru. Medcom.id. http://www.medcom.id/pendidikan/cerita-guru/1bV29wLb-3-masalah-utama-yang-mengganjal-kesejahteraan-guru.

Putra, P. H. (2018). Akselerasi E-learning dan online education di tanah air. Research News Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia. https://cs.ui.ac.id/2018/07/24/akselerasi-e-learning-dan-online-education-di-tanah-air/

Putri, A. D. K., & dan Imaniyati, N. (2017). Pengembangan profesi guru dalam meningkatkan kinerja guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 2(2), 202–211. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/download/8109/5132.

Putsanra, D. V. (2020, Agustus 28). Panduan kurikulum darurat COVID-19 buat guru untuk belajar daring. Tirto.id. https://tirto.id/panduan-kurikulum-darurat-covid-19-buat-guru-untuk-belajar-daring-f1Vw

Queensland Government, D. of E. (2019). Every student with a disability succeeding. https://education.qld.gov.au/student/Documents/disability-review-response-plan-1.pdf

Ralmugiz, U. (2020). Kemampuan siswa SMP Kota Kupang dalam menyelesaikan masalah HOTS matematika. Jurnal Gammath, 5(1).

Raphael, J., & Allard, A. C. (2013). Positioning people with intellectual disabilities as the experts: Enhancing pre-service teachers’ competencies in teaching for diversity. International Journal of Inclusive Education, 17(2), 205-221. https://doi.org/10.1080/13603116.2011.639811

Raver, C. C., & Knitzer, J. (2002). Ready to enter: What research tells policy makers about strategies to promote social and emotional school readiness among three- and four-year-old children. National Center for Children in Poverty.

Reggio Emilia Approach. (2012). Timeline. https://www.reggiochildren.it/en/reggio-emilia-approach/timeline-en/

Remillard, J. (1999). Curriculum materials in mathematics education reform: a framework for examining teachers’ curriculum development. Curriculum Inquiry, 29, 315–342.

Remillard, J. T., & Heck, D. J. (2014). Conceptualizing the curriculum enactment process in mathematics education. Zdm, 46(5), 705–718. https://doi.org/10.1007/s11858-014-0600-4

Robinson, P. (1998). Literacy, numeracy and economic performance. New Political Economy, 3(1), 143–149.

Rohanim, Gunarhad, Wahyuni, S. T., Anam, K., Tanua, H., Assagaf, N., Yuda, G. A., Miftahussururi, Ramdhan, R. M., & Dwiyani. (2018). Praktik baik PPK jenjang sekolah menengah pertama. Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan.

Rokhman, T., Hum, M., Syaifudin, A., & Yuliati, Y, (2014). Character education for golden generation 2045 (national character building for Indonesian golden years). Social and Behavioral Sciences, 141, 1161–1165. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.197

Rose, D., & Meyer, A. (2000). Universal design for learning. Journal of Special Education Technology, 15(1), 67–70.

Rosydi, R. & Dwi, D.S.E. (2020) Penyesuaian diri pada mahasiswa disabilitas self-adjustment in students with disabilities. PSIMPHONI, 1(1), 11–16.

Rott, B. (2019). The different mathematics performances in PISA 2012 and a curricula comparison: Enriching the comparison by an analysis of the role of problem solving in intended learning processes. Mathematics Education Research Journal, 31(2), 175–195.

Rousselle, J. (2011). Baltic rescue. Tucson, AZ: Learning A-Z.

Ruddock, P. M. (2005). Disability standards for education 2005. Federal Register, 31(March), 1–28. https://www.legislation.gov.au/Details/F2005L00767

Rupavath, R. (2016). Tribal education: A perspective from below. South Asia Research, Vol 36(2), 206–228. https://doi.org//10.1177/0262728016638718

Sakti, A. S. (2020). Implementasi pendidikan inklusif pada lembaga pendidikan anak usia dini di Indonesia. Jurnal Golden Age, 4(02), 238–249. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2019

Saputra, A. (2016). Kebijakan pemerintah terhadap pendidikan inklusif. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(3).

Saputri, E. L., Yani, A. A., & Haning, M. T. (2019). Analisis aksesibilitas layanan pendidikan bagi penyandang disabilitas pada perguruan tinggi: Studi kasus kota Makassar. Journal of Humanity and Social Justice (JHSJ), 1(2), 185–204.

Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights and interpretations. OECD Publishing.

Setu, F. (2020). Hasil survei indeks literasi digital nasional 2020, akses internet makin terjangkau. Kementerian Komunikasi dan Informatika. https://kominfo.go.id/content/detail/30928/siaran-pers-no-149hmkominfo112020-tentang-hasil-survei-indeks-literasi-digital-nasional-2020-akses-internet-makin-terjangkau/0/siaran_pers

Shawer, S. F. (2010). Classroom-level curriculum development: EFL teachers as curriculum-developers, curriculum-makers and curriculum-transmitters. Teaching and teacher education, 26(2), 173–184. https://doi.org/10.1016/j.tate.2009.03.015

Siahaan, Y. E., & Fauziah, P. (2020). Pola asuh otoriter sebagai pembentuk perilaku agresif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 141–149.

Skinner, B. F. (1953). Science and human behaviors. New York: Free Press.

Snyder, J., Bolin, F., & Zumwalt, K. (1992). Curriculum implementation. Dalam P.W. Jackson (Ed.), Handbook of research on curriculum (pp. 402–435). UK: Macmillan.

Sobeck, E. E., Robertson, R., &Smith, J. (2020). The effects of didactic instruction and performance feedback on paraeducator implementation of behavior support strategies in inclusive settings. Journal of Special Education, 53(4),245-255. https://doi.org/10.1177/0022466919858989

Soebari, T. & Aldridge, J. M. (2016). Investigating the differential effectiveness of a teacher professional development programme for rural and urban classrooms in Indonesia. Teacher Development An International Journal of Teachers’ Professional Development 20(5), 701–722. https://doi.org/10.1080/13664530.2016.1185031.

Sofiana, S. (2019, Juni 12). PENS gelar pelatihan teknologi informasi dan komputer untuk lulusan SMK, ini syaratnya. Tribunnews. https://surabaya.tribunnews.com/2019/06/12/pens-gelar-pelatihan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-untuk-lulusan-smk-ini-syaratnya

Soleh, A. (2014). Kebijakan Perguruan Tinggi Negeri Yogyakarta terhadap penyandang disabilitas. Jurnal Pendidikan Islam, IIII(1). https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.1-30

Soomro, A. F. (2018). Evaluating the significance of exploratory practice as an approach to teacher development. Reflective Practice, 19(4), 461–473. https://doi.org/10.1080/14623943.2018.1519487

Spassiani, N. A., Ó Murchadha, N., Clince, M., Biddulph, K., Conradie, P., Costello, F., Cox, L., Daly, E., Daly, O., Middleton, C., McCabe, K., Pjilips, M., Soraghan, S., & Tully, K. (2017). Likes, dislikes, supports and barriers: the experience of students with disabilities in university in Ireland. Disability & Society, 32(6), 892–912. https://doi.org/10.1080/09687599.2017.1320272

Steiner, L. M. (2014). A family literacy intervention to support parents in children’s early literacy learning. Reading Psychology, 35(8), 703–735.

Strogilos, V., Tragoulia, E., Avramidis, E., Voulagka, A., & Papanikolaou, V. (2017). Understanding the development of differentiated instruction for students with and without disabilities in co-taught classrooms. Disability & Society, 32(8), 1216–1238. https://doi.org/10.1080/09687599.2017.1352488

Subarkah. (2016). Analisis program sarjana mengajar di daerah terluar, terdepan, tertinggal (SM3T) dalam pemerataan pendidik di Indonesia. Artikel Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta. http://repository.upy.ac.id/1776/1/Artikel.pdf.

Sukmana, Y. (2019, Januari 15). Lulusan banyak yang menganggur, apa salah SMK kita? Kompas. https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/15/060600226/lulusan-banyak-yang-menganggur-apa-salah-smk-kita?page=all

Sunarto & Zulfikar. (2021). Pelaksanaan cluster learning system di masa pandemi Covid-19 di sekolah 3T. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 36–41. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v21i1.1028.

Supa, M., Št’astná, L., & Jirák, J. (2020). Media education policy developments in times of “fake news”: The case of the Czech Republic. Dalam J. Wasko & K. Wilkins (Eds.), The handbook of media education research (1st ed., Issue 2018, 373–379). New Jersey: Wiley. https://doi.org/10.1002/9781119166900.ch35

Suparman, A., Zuhairi, A., & Zubaidah, I. (2004). Distance education for sustainable development: lessons learned from Indonesia. 2004 UT-SEAMOLEC International Seminar on “Open and Distance Learning for Sustainable Development,” 1–11.

Supriadi. (2002). Sejarah pendidikan teknik dan kejuruan di indonesia, membangun manusia produktif. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan.

Syafaruddin. (2015). Kepemimpinan pendidikan kontemporer. Cita Pustaka.

Syafii, A. (2018). Perluasan dan pemerataan akses pendidikan daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal). Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 4(2), 53. http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/dirasat/article/view/1535/893.

Syafii, A. (2018). Perluasan dan pemerataan akses pendidikan daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal). Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 04(02), 153–171. https://doi.org/10.26594/dirasat.v4i2.1535

Syamsurrijal, A. (2019). Pendidikan inklusif di indonesia: alternatif penguatan model sistem pendidikan. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 2(September). http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/alhikmah/article/view/3435

Taba, H. (1962). Curriculum development. Theory and practice. Foundations, process, design, and strategy for planning both primary and secondary curriculum. New York: Harcourt, Brace and World.

Tanner, D., & Tanner, L. (1975). Curriculum development: theory into practice. UK: Macmillan.

Tanudjaya, C. P., & Doorman, M. (2020). Examining higher order thinking in Indonesian lower secondary mathematics classrooms. Journal on Mathematics Education, 11(2), 277–300.

Teale, W. H., & Sulzby, E. (1986). Emergent literacy: Writing and reading. Ablex.

Toh, T. L., Chan, C. M. E., Tay, E. G., Leong, Y. H., Quek, K. S., Toh, P. C., … & Dong, F. (2019). Problem solving in the Singapore school mathematics curriculum. Dalam Tin Lam Toh, Berinderjeet Kaur, Eng Guan Tay (Eds.), Mathematics education in Singapore (pp. 141–164). Springer.

Tomlinson, C. A., & ProQuest, E. (2014). The differentiated classroom: Responding to the needs of all learners (2nd ed.). Alexandria: ASCD.

Tsani, I. (2018, November 22). Program 1 Desa 1 PAUD. https://anggunpaud.kemdikbud.go.id/index.php/berita/index/20181122110006/Program-1-Desa-1-PAUD

Tsatsou, P., Pruulmann-Vengerfeldt, P., & Murru, M. F. (2009). Digital divides. Dalam S. Livingstone & L. Haddon (Eds.), Kids online. opportunities and risks for children. Bristol: The Policy Press, 107–19.

Undang-Undang No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003) https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (2005). http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. (2016). Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. https://pug-pupr.pu.go.id/_uploads/PP/UU. No. 8 Th. 2016.pdf

UNESCO (1994). The UNESCO salamanca statement and framework for action on special needs education.

UNESCO (2015). Education 2030: Incheon declaration and framework for Action (p. 83). UNESCO. http://unesdoc.unesco.org/images/0024/002456/245656E.pdf

UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization). (2003). UN decade of education for sustainable development 2004–2005.

UNESCO. (2010). Interview with the UNESCO-IBE Directr. Clementina Acedo. The International Bureau of Education. http://www.eenet.org.uk/what_is_ie.php

UNESCO. (2014). Holistic early childhood development index (HECDI) framework: A technical guide. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

UNICEF (2019). For every child, every right: The convention on the rights of the child at a crossroads. United Nations Children’s Fund.

UNICEF. (2012). School readiness: A conceptual framework. New York: United Nations Children’s Fund.

United Nations Department of Economic and Social Affairs. (2015). Transforming our world: the 2030 Agenda for Sustainable Development. Department of Economic and Social Affairs. In the United Nations General Assembly. https://sdgs.un.org/2030agenda

United Nations. (2015). Transforming our world: The 2030 agenda for sustainable development. https://sustainabledevelopment.un.org/post2015/transformingourworld/publication.

United Nations. (n.d.). Department of Economic and Social Affairs: Sustainable Development Goals. https://sdgs.un.org/goals/goal4

Victoria, A. (2020, Mei 5). Tingkat pengangguran lulusan SMK paling tinggi. Katadata. https://katadata.co.id/agustiyanti/finansial/5eb12802ca798/tingkat-pengangguran-lulusan-smk-paling-tinggi

Waltman, L., Van Eck, N. J., & Noyons, E. C. (2010). A unified approach to mapping and clustering of bibliometric networks. Journal of informetrics, 4(4), 629-635.

Wang, Q., & Zhang, H. (2014). Promoting teacher autonomy through university–school collaborative action research. Language Teaching Research, 18(2), 222–241. https://doi.org/10.1177/1362168813505942

Wheeler, D. K. (1967). Curriculum process. University of London Press Ltd.

Widodo, H. P. (2016). Engaging young learners of English in a genre-based digital storytelling project. Cambridge University Press Teacher Research Programme. http://www.englishprofile.org/images/pdf/2015-16_Widodo_CUP_TRP_final_report.pdf

Widodo, H. P. (2017, 18-19 Juli 2017). Pengembangan kurikulum program studi (PS) berbasis kompetensi dan keunggulan [PowerPoint slides]. Seminar dan Lokakarya: Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Bandung, Indonesia.

Wijanarti, W., Degeng, I. N. S., & Untari, S. (2019). Problematika pengintegrasian penguatan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(3), 393–398.

Wildova, R., & Kropackova, J. (2015). Early childhood pre-reading literacy development. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 191, 878–883.

Yildirim, M. K. (2009). PISA 2006 verilerine gore Turkiye de egitimin kalitesini belirleven temel faktorler. Tuurk Egitim Bilimleri Dergisi Bahar 2012, 10(2), 229–255

Yusutria. (2017). Profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia. Jurnal Curricula 2(1), 38–46. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=854633&val=13720&title=PROFESIONALISME%20GURU%20%20DALAM%20MENINGKATKAN%20KUALITAS%20SUMBER%20DAYA%20MANUSIA

Zein, S. (2016). Factors affecting the professional development of elementary English teachers. Professional Development in Education, 42(3), 423–440. https://doi.org/10.1080/19415257.2015.1005243

Scroll to Top
×