Cendana dan Gaharu Terakhir

Screenshot 2024-01-29 132733

Categories



Published

December 22, 2022

HOW TO CITE

Tethy Ezokanzo

Forum Penulis Bacaan Anak

Wawan Kungkang

DOI: https://doi.org/10.55981/brin.620

Keywords:

rempah, cendana, gaharu, cergam, anak, rempah-rempah, tanaman

Synopsis

Orlin Ara Atanau, si murid baru dari Sumba mengajak teman-temannya mencari Cendana dan Gaharu yang sudah langka. Mereka menjelajah tanah di bawah angin, mengikuti jalur rempah yang pada berabad-abad lalu dilakukan oleh para pelaut. Akankah mereka menemukan rajanya parfum ini?

ethy Ezokanzo, Forum Penulis Bacaan Anak

Tethy Ezokanzo adalah penulis buku anak dari Bandung. Memulai debut menulis sejak tahun 2005 ketika sedang tinggal di Jepang. Hingga sekarang buku-bukunya terus terbit. Lebih dari 250 buku telah dihasilkannya, diantaranya “Aku Bisa Dakwah” (Qanza Gramedia – 2022), “Seri Komik El Pesantren” (4 buku – Al Kautsar 2021). Bukubuku karya Tethy Ezokanzo sering berada di jajaran rak best seller. Sehingga pada tahun 2014, ia mendapat anugerah sebagai “Penulis Best Seller Kategori Fiksi tahun 2014” dari Bhuana Ilmu Populer. Beberapa kali juga berhasil menjuarai lomba menulis dan menjadi mentor kepenulisan. Di sela-sela kesibukannya menulis, Tethy juga mengelola perpustakaan mandiri untuk anak-anak yang diberi nama “Kanzo Library”. Ia juga mengelola sekolah gratis Rumah Al Qur’an, owner toko buku Rainbow Castle Store, dan restoran Kebuli Nyiru. Kecintaannya kepada buku, dibuktikan dengan terus membaca dan membuat resensi buku yang rutin dilakukannya. Sinopsis buku dan karya-karya dapat dilihat di FB Tethy Ezokanzo.

Wawan Kungkang

Wawan Kungkang adalah ilustrator dari Jakarta. Sudah ratusan buku yang diilustrasinya, terutama buku-buku komik anak. Di antara karyanya adalah “Apa Kata Rasulullah SAW, “Islam Itu Ramah, Mudah, Indah”, dan “Komik Halal dan Haram” , yang ditulis oleh kak Tethy Ezokanzo juga. Selain berprofesi sebagai ilustrator, Wawan Kungkang juga mengajar komputer dan menggambar untuk anak. Wawan Kungkang bisa dihubungi lewat email: kuncistang@gmail.com

References

Amal, M Adnan. (2010). Kepulauan Rempah-rempah. Kepustakaan Populer Gramedia.

Redaksi Trubus. (2019). Kiat Sukses Budidaya Cendana. Trubus Swadaya.

Redaksi Trubus. (2019). Pohon Selamat Gaharu Didapat. Trubus Swadaya.

Setyaningrum, Hesti Dwi dan Cahyo Saparinto. (2014). Panduan Lengkap Gaharu. Penebar Swadaya.

Sunyoto, Marleen, dkk. (2019). Rempah Yang Mendunia. Bitread Publishing.

Taswaya, Jaka Ir. (2008). Budi Daya Gaharu. Citra Aji Parama.

Scroll to Top
×