Buku Model Pembelajaran Sejarah Islam Berbasis Kebhinekaan (PSI-BK) Sebagai Daya Tangkal Radikalisme di Perguruan Tinggi

Screenshot 2024-02-06 140101

Categories



Published

July 19, 2021

HOW TO CITE

Heri Effendi

Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Siti Aisyah

Muspardi

Muslim

Keywords:

Buku Model Pembelajaran, Agama Islam , Perguruan Tinggi

Synopsis

Buku Model Pembelajaran Sejarah Islam Berbasis Kebhinnekaan (PSI-BK) Sebagai Daya Tangkal Radikalisme di Perguruan Tinggi. Buku Model PSI-BK ini dilandasi oleh teori konstruktivisme dan teori karakter Thomas Lickona. Berdasarkan kajian teori dihubungkan dengan tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan model ini maka diperoleh karakteristik model pembelajaran PSI-BK yaitu materi integratif, metode interaktif, media inovatif dan evaluasi komprehensif. Unsur model PSI BK terdiri dari syntax, prinsip reaksi, sistem sosial, dan sistem pendukung yang diharapkan memiliki dampak langsung dan dampak pengiring sebagai daya tangkal radikalisme diperguruan tinggi. Syntaxs atau langkah-langkah pembelajaran ada 6 langkah sebagai berikut : (1) Pengantar Perkuliahan (2) Mengorganisasikan Mahasiswa Berbagi Inspirasi (3) Mengorganisasikan Kelompok Heterogen (4) Presentasi dan Diskusi Kelompok (5) Refleksi Diskusi (6) Latihan atau Kuis. Prinsip reaksi terdiri dari Berpusat Pada Mahasiswa, Keteladanan, Fokus Pada Proses dan Hasil Pembelajaran, Dosen sebagai Mitra, Fasilitator, Motivator dan Mediator. Selanjutnya sistem sosial yang dibagun dalam penerapan model PSI-BK ialah Toleransi terhadap Keberagaman, Kolaborasi, Kompetisi , Demokratis dan Fleksibelitas (Luar atau dalam Kelas). Berikutnya sistem pendukung dalam model ini memuat Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Satuan Acara Perkuliahan (SAP), Buku Ajar, Instrumen Penilaian, Komputer/ Laptop, Infocus, Speaker, Voice Recorder, dan Hp Android dilengkapi paket data. Selanjutnya pengembangan model pembelajaran ini diharapkan menghasilkan dampak langsung yang spesifik mencakup aspek sikap keterampilan dan pengetahuan yaitu sikap toleransi yang baik, keterampilan berkolaborasi, komunikasi yang santun dan pemahaman yang baik terhadap materi sejarah Isalam berbasis kebhinnekaan. Sementara dampak pengiring ialah melahirkan sikap religious, kreatif, cinta tanah air, empati, disiplin dan tanggung jawab. Hasil uji validitas oleh ahli model ini valid sebagai daya tangkal radikalisme di perguruan tinggi.

Kehadiran Model (PSI-BK) memiliki visi dan misi untuk menampilkan prilaku pemeluk agama pada sisi yang lebih santun, dialogis, apresiatif terhadap pluralitas dan peduli terhadap persoalan hidup yang komunal transformative. Akhir kata, penulis mengucapkan terima kasih kepada terutama kepada Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan dan pihak-pihak yang turut membantu penyelesaian buku model PSI-BK ini. terakhir Buku Model PSI-BK ini dapat menjadi pedoman dosen dalam melaksanakan proses pembelajaran baik pembelajaran Sejarah Islam, PAI, Hukum Islam, Ekonomi Islam  serta materi perkulihan lainnya yang relevan dengan topik pembelajaran di Perguruan Tinggi. Penulis juga mengharapkan saran dari pembaca untuk perbaikan buku model ini di masa yang akan datang.

References

ADDIE, Braxton, S,. 2006. InstructionalDesignModelfrom General Instructional Design Phases.

Anwar, C. (2018). Islam Dan Kebhinekaan di Indonesia: Peran Agama Dalam Merawat Perbedaan. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 4(2), 1-18.

Bloom, B. S., Krathwohl, D. R., & Masia, B. B. (1956). Bloom taxonomy of educational objectives. In Allyn and Bacon. Pearson Education.

Diana, P. Z., Sulistiyono, R., & Pradan, R. A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jurnal Bahasa: Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya, 1(1), 60-70.

Fahmi, M. (2018, April). Pura di Tanah Wali (Kontribusi Riil Toleransi Islam Indonesia Bagi Peradaban Dunia). In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (No. Series 1, pp. 287-297).

Hanifah. (2016). Buku Model APOA Inovasi pada Pembelajaran Matematika. Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP Universitas` Bengkulu Kampus Universitas Bengkulu.

Sailah, Illah, dkk. 2014. Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta : DIKTI.

Joyce dan Weil. 1992. Models of Teaching 4th ed.Boston: Allyn & Bacon.

Joyce dkk. 2009 Models of Teaching ( Model-Model Pengajaran –Edisi ke 8. Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza:Terjemahan).. Boston: Allyn & Bacon.

Kisworo, B. (2017). The Implementation of Islam as Rahmah Li Al-‘Alamin in Indonesia: Contributions, Challenges and Opportunities. AJIS: Academic Journal of Islamic Studies, 2(2), 105-120.

Lickona, T. (2012). Mendidik Untuk Membentuk Karakter : Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Tanggung Jawab. Jakarta : Bumi Aksara.

Maunah, H. B. (2019). Peranan Dosen Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Sosiologi Pendidikan (Studi Multi Kasus di IAIN Tulungagung dan IAIN Kediri) Peranan Dosen Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Sosiologi Pendidikan (Studi Multi Kasus di IAIN Tulungagung dan IAIN Kediri). Penebar Media Pustaka, 1.

Muhammad, N. E. (2018). Hukum Islam Dan Multikulturalis Pluralitas dI Indonesia. ALHURRIYAH: Jurnal Hukum Islam (ALHURRIYAH JOURNAL OF ISLAMIC LAW), 14(2), 63-82.

Munip, A. (2012). Menangkal radikalisme agama di sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 159-181.

Mursyid, S. (2018). Konsep Toleransi (al-Samahah) Antar Umat Beragama Perspektif Islam. Aqlam: Journal of Islam and Plurality, 1(2).

Muspardi, M., & Radhya, Y. (2018, October). Pengembangan Rubrik Penilaian Sikap Berbasis KKNI dan SN-Dikti. In Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Pendidikan tinggi ke-III Universitas Andalas (pp. 27-55). Universitas Andalas.

Nurdiansya, N & Fahyuni, E.F, (2016)“INOVASI MODEL PEMBELAJARAN SESUAI KURIKULUM 2013”. Surabaya : Nizamial Learning Center

Permenristekdikti No. 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional pendidikan.

Yusri, R., Muspardi, M., Kemal, E., & Rahmat, W. (2019, February). Effectiveness of national qualification framework Indonesia based curriculum and higher education national standard behaviour assesment rubric. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1157, No. 4, p. 042129). IOP Publishing.

Rahmanika, K., Pratiwi, D. W., Santoso, A. P., HS, N. B., Susilowati, E., & Yunarta, F. (2018). Toleransi Antar Umat Beragama Di Kecamatan Prambanan. Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya, 3(1), 119-142.

Rahyubi, Heri. 2012. Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung : Nusa Media.

Salman, A. M. B. (2018). MENJAGA KEBERSAMAAN DI TENGAH KEBERAGAMAN (Telaah Konsep Toleransi dalam Al-Qur’an). Jurnal Syahadah, 5(2).

Subakti, Y. R. (2010). Paradigma Pembelajaran Sejarah Berbasis Konstruktivisme. Jurnal SPPS, 24(1), 31-53.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-undang RepublikIndonesiaNomor14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi

Scroll to Top
×